Lifestyle

10 Wanita Powerful Berkumpul di Buku Perempuan Pemimpin

  by: Sky Drupadi       7/4/2017
  • Tidak berbeda dengan pria, para wanita memiliki potensi yang sangat besar untuk sukses dalam menjalankan sebuah bisnis atau perusahaan. Itulah yang ingin disampaikan oleh Betti Alisjahbana, founder dari QB Leadership Center dan penulis buku Perempuan Pemimpin: Inspirasi 10 CEO Membangun Keluarga, Bisnis, dan Masyarakat.

     

    Dalam buku tersebut, Betti mengajak 10 wanita sukses untuk berbagi pengalaman mereka dalam menyelaraskan karier, rumah tangga, dan berperan sebagai masyarakat sosial yang bertanggung jawab. Beberapa CEO tersebut yang ikut serta dalam peluncurkan buku pada tanggal 5 April 2017 lalu adalah Atiek Nur Wahyuni (CEO Trans Media Group), Ligwina Poerwo-Hananto (founder dan CEO QM Financial), Nurhayati Subakat (Wardah Cosmetics), dan Shinta Dhanuwardoyo (founder dan CEO PT Bubu Kreasi Perdana)



     

    (BACA JUGA: Empat Buku yang Harus Dibaca Wanita Cosmo!)

     

    Diadakan di Restoran Meradelima, Jakarta, Betti menjelaskan salah satu background dari penulisan buku tersebut. "Wanita memiliki karakteristik yang unik dan berbeda," tuturnya. "Mereka mampu memahami bahasa non verbal, multitasking, melihat jangka panjang, dan bersifat partisipatif dalam mengambil keputusan."

     

    Betti menyayangkan bahwa dari semua potensi tersebut, hanya sebanyak 3% CEO di Indonesia yang tercatat sebagai wanita.

     



    "Penghalangnya banyak," ujar Atiek. "Bisa lingkungan, keluarga, dan juga diri sendiri."

     

    (BACA JUGA: Manfaat Lebih dari Membaca Buku)

     

    Ligwina pun ikut menambahkan, "wanita harus berhenti menggunakan alasan 'karena saya wanita.' Feminisme adalah kebebasan wanita dalam menentukan pilihan mereka sendiri. Namun setiap pilihan tidak bebas dari konsekuensinya. Menghadapi menstruasi dan kehamilan merupakan contoh dari konsekuensi tersebut."

     

    Acara ditutup oleh sang penulis, yang mengingatkan bahwa buku Perempuan Pemimpin ini bukan hanya untuk para wanita yang butuh motivasi, tetapi juga pria. "Untuk menjalankan perusahaan yang ramah wanita, dan melihat keuntungan dalam mempekerjakan wanita, para pria juga dapat mengambil manfaat dari buku ini."

     

    Yes, #womenpower!  (Sky Drupadi / SW / Image: Doc. Cosmopolitan Indonesia)