Better You

5 Tips Untuk Meningkatkan Kualitas Tidur Anda

  by: Redaksi       29/4/2017
  • Banyak cara simple sebenarnya yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan tidur nyenyak yang berkualitas. Ini lima tips paling gampang yang Cosmo bagikan. Selamat membaca dan tidur kemudian. Zzzzz

     

    Matikan Perangkat Elektronik Minimal 30-40 Menit Sebelum Tidur



    Layar pada perangkat komunikasi akan membuat sel sensitif penangkap cahaya pada mata kebingungan. Hal ini bisa menghentikan tubuh Anda untuk memproduksi melatonin, hormon yang memerintah tubuh untuk tidur. Karenanya, matikan semua perangkat elektronik (termasuk smartphone, tablet, hingga lampu kamar) 30-40 menit sebelum Anda tidur.

     

    (Baca juga artikel: 5 Jenis Gangguan Tidur)

     

    Tulis To-Do List

    Jangan sampai Anda terbangun ketakutan akan apa yang dihadapi esok hari. Tulis apa saja hal yang ingin dan harus Anda lakukan besok dan tidur pun akan terasa lebih tenang karena segala sesuatu sudah direncanakan untuk hari berikutnya.

     

    Tetaplah Berada di Tempat Tidur

    Jangan tergoda untuk beranjak dari tempat tidur saat Anda tiba-tiba terbangun. Anda mungkin akan terbangun beberapa kali di tengah malam sebagai bentuk transisi tubuh ketika mengalami siklus tidur. Relaks saja dan nikmati nyamannya tempat tidur Anda.



     

    (Baca juga artikel: Berapa Persen Orang yang Suka Tidur Telanjang? Uhmm...)

     

    Jangan Berolahraga Terlalu Malam

    Tetap aktif adalah cara yang baik untuk menghasilkan kualitas tidur, tapi perhatikan juga waktunya. Jika Anda berolahraga terlalu larut, Anda bisa jadi akan mengalami over-stimulated dan kesulitan untuk meredakan keadaan ini.

     

    Jaga Jam Tidur Tubuh Anda Tepat Waktu

    Coba untuk menetapkan jam tidur yang rutin, dan patuhi jadwal itu. Jika Anda tidur di jam yang sama setiap hari, hubungan antara malam hari dan waktu tidur Anda akan semakin kuat. (Vidi Prima / Image: doc. Outnow.ch/SleepingBeauty)