Better You

Mengapa Wanita Juga Harus Angkat Beban?

  by: Kezia Calesta       25/4/2017
  • Mungkin Anda pernah mendengar bahwa mengangkat beban ketika workout akan merusak sendi atau membuat tubuh berotot besar. Salah! Sebetulnya, yoga dan berlari di treadmill tidak cukup – inilah alasan mengapa Anda harus mempertimbangkan weight-lifting.

     



     

    1. Pembakaran Lemak Lebih Efektif

    Latihan beban akan membuat tubuh Anda membakar lemak dengan lebih cepat sebelum dan sesudah olahraga. Sebuah studi yang diterbitkan di Obesity membuktikan bahwa strength training lebih efektif membakar lemak dibanding kegiatan cardio seperti berlari atau bersepeda.

     

    2. Tulang Tubuh Semakin Kuat

    Seiringnya bertambah usia, kepadatan tulang dan otot Anda akan menurun. Wanita yang mendekati menopause memiliki risiko osteoporosis yang lebih besar – dan melatih ketahanan tubuh akan mengurangi risiko tersebut.

     

    3. Kesehatan Mental Membaik

    “Melatih kekuatan dapat memberi dampak ke banyak aspek kehidupan Anda, dalam gym dan di luar sekalipun,” ungkap pelatih Olimpik Jen Sinkler. Dengan menantang diri Anda, kepercayaan diri pun akan meningkat. Weight-lifting empowers you.

     



     

    4. Lekukan Tubuh Semakin Terbentuk

    Ketika otot Anda sering bekerja, tubuh Anda pun akan membentuk dengan indah. Tidak seperti olahraga kardio yang membakar lemak dan otot, latihan beban hanya membakar lemak – dan muscle pun semakin terbentuk.

     

    5. Nyeri Sendi Akan Berkurang

    Squat low! Solusi untuk nyeri sendi adalah strength training, karena otot kuat akan menahan posisi sendi Anda dengan baik.

     

    6. Jantung Semakin Sehat

    Sebuah riset oleh Appalachian State University membuktikan bahwa peserta yang sering mengangkat beban akan menurunkan tekanan darah sebanyak 20%. Healthy means happy!

     

    (Kezia Calesta / VP / Image: Adriana Lima for @victoriasport)