Lifestyle

Fortnum & Mason, Supermarket Kaum Borjuis London

  by: RedaksiCosmopolitan       26/4/2017
  • Ini bukan sembarang supermarket. Masuk ke Fortnum & Mason di London, Inggris akan membuat pikiran Anda berubah 180 derajat mengenai konsep supermarket yang super premium ini.

     

    Supermarket Premium Kaum Elite London



    Saat traveling ke London akhir tahun 2016 lalu, Cosmo menyempatkan diri untuk berhenti sejenak di sebuah “toko” spesial. Sejak menginjakkan kaki di keramik bertuliskan Fortnum & Mason di pintu depan, Cosmo langsung terpana dengan konsep upmarket department store di Piccadilly, London ini – yang juga bisa ditemukan di Stasiun Kereta St Pancras, Bandara Heathrow, dan beberapa toko di Dubai. Apa sih yang membuat Fortnum & Mason begitu spesial?

     


    (Toko Fortnum's di Piccadilly, London)

     

    (Baca juga artikel: Tempat Belanja Barang Vintage di London Timur, Inggris)

     

    Toko ini pertama kali didirikan oleh William Fortnum dan Hugh Mason tahun 1707. Toko yang awalnya hanya grocery store biasa ini makin terkenal karena selalu menyuplai makanan berkualitas di era Victorian. Berkembang pesat menjadi sebuah departement store, toko yang sering disingkat dengan Fortnum's ini terus fokus menyediakan berbagai kebutuhan sehari-hari kaum borjuis yang eksotis, spesifik, premium, dan berkualitas yang bahkan diakui keluarga kerajaan Inggris.

     

    Meraih Sukses di Era Perang

    William Fortnum sendiri dulunya hanya seorang footman (baca: pesuruh) di istana Inggris saat pemerintahan Ratu Anne. Keluarga Kerajaan yang mengharuskan lilin baru untuk dipasang setiap malam memberi celah bagi William untuk memproduksi sendiri lilin-lilin ini dan memasarkannya. Ia bahkan berhasil meyakinkan tuan tanahnya, Hugh Mason, untuk menjadi rekan bisnis yang lalu mendirikan toko Fortnum & Mason pertama di St James's Market tahun 1707.

    (William Fortnum dan Hugh Mason)

    (Baca juga artikel: 16 Tempat Hipster di London yang Harus Dikunjungi)

     

    Ia lalu mengembangkan bisnisnya dengan menyuplai beberapa bahan makanan yang kualitasnya selalu dijaga, bunga, dan barang-barang kebutuhan sehari-hari lainnya. Masa jaya Fortnum's makin meningkat saat era Victorian hingga Perang Napoleon. Bahkan Ratu Victoria mengirim persediaan daging yang sudah diawetkan dari Fortnum's ke Rumah Sakit Florence Nightingale saat Perang Krimea.

     



    Tahun 2007, toko cantik ini mengalami renovasi besar-besaran yang menghabiskan dana hingga GBP24 juta! Desainnya yang sejak dulu sudah cantik dan menarik perhatian, makin terlihat pop up dengan pilihan warna pastel sambil tetap tidak melepaskan identitas Victoriannya.

     

    Fortnum's Must Do!

    Yang membuat Cosmo makin betah berlama-lama di sana (selain karena desain Victoriannya yang grande) adalah karena toko ini juga tak hanya menjual makanan. Ada juga departemen lain yang menarik untuk dilirik dalam satu area besar, seperti Gentlemen's department di lantai tiga, ada beberapa restoran, tea shop, dan wine area yang sayang untuk dilewatkan.

    (Wadah teh Fortnum's untuk dikoleksi)

     

    Satu hal yang harus Anda lakukan ketika mengunjungi tempat ini selama di London, Inggris adalah menikmati afternoon tea layaknya para kaum bangsawan. Selain itu, kemasan teh mereka yang cantik hingga tea set premium sangat pas untuk dijadikan oleh-oleh atau koleksi pribadi.

     

    Hampers Mewah untuk Dikoleksi

    Tak hanya teh, Fortnum & Mason juga terkenal dengan hampers pikniknya yang sangat mewah. Hampers luks ini pertama kali didistribusikan kepada Victorian High Society untuk beberapa acara kerajaan seperti Henley Regatta dan Ascot Races. Seberapa mewah hampers ini? Okay, sekarang bayangkan, bungkusan luxury ini terdiri dari beberapa barang premium seperti keju Stilton, sampanye, quails' eggs dan smoked salmon yang harganya berkisar GBP55 hingga GBP1,000 (dan bisa lebih mahal saat Natal).

    (Hampers piknik mewah ala Fortnum's)

     

    (Baca juga artikel: 11 Lokasi Penting The Beatles di Liverpool)

     

    Nah, jika Anda ingin merasakan langsung sensasi belanja hingga minum teh di Fortnum & Mason, langsung pesan tiket saja ke London menggunakan maskapai kebanggaan Garuda Indonesia. Kalau malas transit saat penerbangan jauh kembali ke Tanah Air, tenang, Garuda Indonesia punya rute non-stop London Heathrow – Jakarta, tanpa transit! Dengan frekuensi terbang tiga kali per minggu (Selasa, Sabtu, dan Minggu), Anda akan mendapatkan kenyamanan khas Garuda di atas awan, tanpa perlu repot transit di negara lain. London is calling, ladies! (Vidi Prima / SW / Image: doc. Cosmopolitan, Instagram @fortnums, flickr, wikimedia commons)