Career

Untuk Sukses Berbicara Depan Umum, Lakukan Ini!

  by: Kezia Calesta       26/4/2017
  • Berbicara depan umum memang bukan suatu hal yang digemari banyak orang. Public speaking tidak hanya membutuhkan kepercayaan diri, tetapi juga efisiensi. Simak tips sederhana dari Cosmo.

     



    Keep it simple. Jika Anda mau para pendengar untuk menyimak, jangan berbicara dengan panjang lebar – cukup berterus terang dan hindari kalimat rumit.

     

    Ikut sertakan para hadirin. Libatkan mereka dengan bertanya soal opini mereka, atau minta bantuan seseorang untuk sebuah demonstrasi. Lakukan sebuah hal interaktif setiap 10 menit.

     

    Hindari teks berlebihan. Jika Anda menggunakan bantuan PowerPoint, hindari teks yang kecil dan padat di slideshow, dan jangan melebihi 3 poin dalam satu slide. Hal terpenting: jangan membaca saja!

     

    Perhatikan nada dan kecepatan Anda berbicara. Gunakan intonasi dengan benar dan hindari nada berceramah. Ingat – jika terburu-buru, Anda akan terkesan gugup.

     



    Gunakan bantuan visual. Dengan gambar, video atau benda, hal yang ingin Anda sampaikan akan lebih diilustrasikan.

     

    Bergeraklah. Gunakan gestur tangan dan berjalanlah sedikit. Hindari postur yang bungkuk dan lakukan kontak mata dengan para penonton.

     

    Gunakan contoh-contoh yang bisa dimengerti. Jika bisa, hubungkan topik presentasi dengan pengalaman Anda sendiri atau sesuatu yang sering terjadi di kehidupan semua orang.

     

    Ingat untuk tetap jujur. Untuk berbicara dengan efektif, Anda harus percaya dengan apa yang dibicarakan – jika tidak, kepercayaan para penonton akan hilang.

     

    (Kezia Calesta / VP / Image: Shutterstock / l i g h t p o e t )