Better You

6 Makanan Yang Baik Dikonsumsi Sebelum Olahraga

  by: Febrina       17/4/2017
  • Ladies, tahukah Anda kalau energi yang terkuras selama menjalani workout harus cepat diganti agar tidak mengakibatkan kejang otot, bahkan katabolisme (penyusutan) otot? Nah, untuk menghindari hal tersebut, sangat krusial untuk mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi yang tepat. Simak beberapa makanan yang baik dikonsumsi pasca workout berikut ini..

     

    Pisang



    Buah pisang kaya akan karbohidrat aktif yang memberikan Anda energi selagi berolahraga, dan kandungan potassium membantu menguatkan otot dan saraf. Pisang juga memiliki protein yang baik untuk pembentukan dan perbaikan otot.

     

    Dada Ayam

    100 gram dada ayam tanpa kulit dan tulang mengandung kurang lebih 29 gram protein yang berguna untuk membantu pemulihan dan perkembangan otot setelah latihan.

     

    (BACA JUGA: 9 Makanan Paling Sehat untuk Sarapan)

     

    Telur Ayam



    Telur memiliki kandungan protein yang cukup tinggi, terutama pada bagian putih telurnya. Kuning telur juga mengandung phosphatidylcholine yang berguna untuk mencegah menumpuknya lemak dan kolesterol di hati (liver). Kuning telur juga sarat choline yang dapat meningkatkan fungsi jantung, otak, dan kesehatan membran sel Anda. Nice!

     

    Sayuran dan Alpukat

    Siapa yang menyangka bahwa sayuran juga sangat baik untuk dikonsumsi setelah latihan? Kombinasi sayuran mengandung berbagai macam vitamin dan mineral penting yang berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh Anda. Sayuran seperti bayam sarat akan zat besi, yakni mineral penting untuk pembentukan otot. Must-try lainnya termasuk alpukat yang setidaknya mengandung 11 vitamin dan 14 mineral, plus protein, riboflavin (vitamin B2), niasin (vitamin B3), potasium (kalium), dan vitamin C yang diperlukan tubuh untuk proses pemulihan.

     

    (BACA JUGA: 10 Manfaat Ajaib Buah Avokad)

     

    Ikan

    Ikan seperti salmon dan tuna adalah yang paling baik dikonsumsi setelah workout. Salmon kaya akan protein dan asam lemak Omega-3, sehingga selain baik untuk pertumbuhan otot, daging ikan laut ini juga ampuh mengurangi kerusakan otot setelah workout. Sedangkan kalium dan lemak esensial yang terkandung pada ikan tuna membantu dalam mengontrol tekanan darah.

     

    (Edit by Kezia Calesta/Amanda Utari/SL/Image: iStockphoto/Thinkstock)