Better You

Arti Warna Makanan dan Manfaatnya Bagi Tubuh

  by: Silvya Winny       2/4/2017
  • Ternyata makanan atau buah dengan warna tertentu memiliki arti dan manfaat tersendiri bagi tubuh kita lho, ladies. Simak penjelasan Cosmo berikut ini!

     

    The Beige Diet Tidak Menyediakan Phytonutrient



    Mayoritas wanita zaman sekarang cenderung konsisten mengikuti pola “the beige diet”, yaitu diet yang terdiri dari makanan yang diproses seperti sereal, kue, potato chips, dan gorengan. Hmm, memang sih lebih nikmat menyantap sesuatu yang instan dan dalam kemasan. Benar apa kata Susan Bowerman, pengarang What Color is Your Diet, “Kita menyukai suatu makanan pasti lebih karena rasanya, harga, serta kemudahan. Para produsennya jelas sukses menciptakan makanan yang mudah untuk dimakan, tidak mahal, dan sarat gula, lemak, dan garam.”

     

    (Baca juga artikel: Konsumsi 7 Makanan Ini Saat Haid)

     

    Apakah Anda tahu, satu kandungan utama yang TIDAK akan temukan dalam beige diet adalah phytonutrient? Phytonutrient adalah antioksidan alami yang menyuplai nutrisi pada tubuh untuk membantu melindungi Anda dari potensi kanker - dan itu bisa dilihat dari warna alami yang ada dalam sebuah makanan atau buah. Nah, kalau begitu, jangan isi lemari Anda saja yang diberi warna. Sekarang, add some colors into your food! 

     

    Arti Warna Alami dalam Makanan

     

     

    • Biru/Ungu

    Jelas source yang jadi andalan adalah blueberry. Dan bila warnanya semakin gelap maka kadar antioksidannya justru lebih tinggi. Buah warna biru/ungu mengandung antioksidan bernama anthocyanin yang sangat bagus untuk kesehatan jantung.

     



    • Hijau

    Eat your salad, ladies. Karena, “Green foods sarat isothiocyanates yang akan memproduksi enzim pada liver untuk membantu membuang racun pada tubuh,” ungkap  Bowerman. “Plus buah dan sayuran hijau—seperti brokoli, bayam, dan alpukat—mengandung vitamin K, folic acid, potasium, serta omega-3 fatty acids.”

     

    (Baca juga artikel: Jangan Simpan Buah dan Sayuran Ini di Dalam Kulkas)

     

     

    • Merah

    This color may look good on your lips, but it’ll look even better on your plate! Buah dan sayuran berwarna merah sarat antioksidan lycopene, yang dapat membantu mencegah serangan beberapa jenis kanker dan melindungi dari serangan jantung. The good news is: Anda pun bisa mengonsumsi lycopene dari saus tomat!

     

     

    • Kuning/Oranye

    There’s nothing more refreshing than a cold orange juice on a hot day. Bila ini adalah minuman/buah favorit Anda, well, berarti konsumsi vitamin C dan A Anda sudah mencukupi. “Makanan berwarna kuning atau oranye dianggap sebagai ‘eyesight foods’ karena sarat vitamin A,” imbuh Bowerman. Other refreshing and superhealthy options: wortel, mangga, sweet potatoes, dan apricot. (Sahiri Loing / Vidi Prima / SW / Image: Monticello / iStock / Thinkstock, Instagram @alphafoodie @forksoverknives @gooddecisionshealthyrecipes @bellacintura)