Better You

Cara Mudah Hidup Sehat dalam Waktu 10 Menit

  by: Hana A. Devarianti       1/4/2018
  • Ah... Hidup sehat. Mudah diucapkan, tapi sulit sekali dilakukan. Eits, tapi ternyata ada lho cara mudahnya. Kabar baiknya lagi, itu semua bisa dilakukan hanya dalam waktu 10 menit saja setiap hari. Ya, Anda tidak salah baca: 10 menit! Penasaran apa saja cara mudah jadi lebih sehat dalam waktu 10 menit? Baca terus, darling.  


    Konsumsi Sarapan yang Bergizi



    Pasti sudah tahu kan kalau makanan yang dikonsumsi punya pengaruh besar pada kesehatan tubuh. Tak terkecuali makanan pertama Anda tiap hari: sarapan. Hanya saja, waktu makan yang satu ini sering kali tidak diperhatikan malah terlewatkan begitu saja. Padahal, sarapan itu penting lho. Setiap hari, ia jadi yang pertama kali memasok nutrisi penting bagi tubuh, memberikan energi yang dibutuhkan untuk menjalani aktivitas sehari-hari, plus dipercaya dapat membantu menjaga berat badan karena Anda jadinya tidak "kalap" saat makan siang dan makan malam. 

    Percaya deh, cukup waktu 10 menit untuk sarapan tiap hari. Cukup pastikan kalau sarapan yang Anda buat memiliki kandungan karbohidrat, protein, dan lemak yang seimbang. Dan, Anda siap menjalani hari dengan lebih sehat!

    Berikut ini bisa jadi menu sarapan yang sehat dan lezat buat Anda:

    1. Roti gandum dengan telur rebus, tomat, dan alpukat.
    2. Coffee smoothie berisi kopi, pisang beku atau susu almond, dan protein shake rasa cokelat.
    3. Greek yogurt dengan potongan buah segar dan kacang-kacangan.
    4. Oatmeal dengan telur mata sapi dan alpukat ditambah saus salsa. Fresh and yummy!


    Olahraga HIIT

    Jangan pesimis dulu, ladies. Memang buat sebagian dari Anda pagi hari jadi waktu yang paling hectic (terlebih setelah "gagal" langsung bangun dari tempat tidur begitu alarm berbunyi). Namun, Cosmo sarankan untuk menyempatkan diri berolahraga setiap pagi. Melakukan gerakan fisik sangat penting untuk kesehatan tubuh, lebih dari sekadar mendapatkan body goals. Olahraga dapat menjaga kinerja organ tubuh, memperbaiki mood, hingga membuat Anda lebih mudah fokus dan berkonsentrasi.

    Anda bukan tipe yang "olahraga banget"? Kalau begitu, lakukan saja olahraga High Intensity Interval Training yang membutuhkan waktu 7 menit saja. See... Bahkan, kurang dari 10 menit lho. Yang membuatnya makin simpel, Anda hanya butuh ruang gerak yang cukup serta kursi untuk melakukannya. Jadi tidak perlu pergi ke gym, deh. Cukup lakukan 12 rangkaian gerakan di bawah ini selama 30 detik untuk setiap gerakan lalu beristirahat selama 10 detik tiap kali akan melakukan gerakan berikutnya, and that's it!

    1. Jumping jacks
    2. Wall sit
    3. Push-up
    4. Abdominal crunch
    5. Step-up onto chair
    6. Squat
    7. Triceps dip on chair
    8. Plank
    9. High knee running in place
    10. Lunge
    11. Push-up and rotation
    12. Side plank


    Stretching

    Merasa olahraga HIIT tidak cocok dengan Anda? Tidak usah khawatir, masih ada cara lain untuk lebih sehat dalam waktu 10 menit. Kali ini, dengan melakukan stretching. Stretching ternyata punya berbagai manfaat yang baik untuk tubuh lho, mulai dari membantu memperlancar peredaran darah, menjaga kelenturan dan kekuatan otot serta sendi, hingga mencegah cedera saat berolahraga. 

    Hal yang paling menyenangkan dari stretching adalah Anda bisa melakukannya di atas tempat tidur saat baru bangun tidur. Karena, stretching di pagi hari dapat meningkatkan aliran darah ke otot sehingga Anda merasa lebih segar dan bersemangat. Yup, satu lagi alasan untuk menghabiskan 10 menit lebih lama di atas tempat tidur.



    Coba saja gerakan stretching yang ada di bawah ini:

    1. Soft Side Stretch
    2. Side Sweep
    3. Forward Crawl and Side Sway
    4. Hip Lift
    5. 
Opposite Toe Reach and Roll
    6. Bedside Hip Lift


    Power Nap a.k.a Tidur Siang

    No kidding, tidur siang bisa membuat tubuh lebih sehat. Faktanya, manusia akan merasa lelah setelah delapan jam terjaga jadi tak heran kalau rasa capek dan kantuk menyerang Anda setelah jam makan siang. Dan, solusi untuk masalah tersebut adalah power nap. Power nap malah dianggap lebih ampuh dibandingkan dengan kopi untuk urusan melawan rasa lelah. Namun, jangan terlau lama melakukannya. Durasi power nap sebaiknya kurang dari 30 menit karena kalau lebih, Anda akan terbangun dengan kepala terasa pening. Namun, sebuah penelitian di Australia terhadap 24 orang dewasa muda yang kurang tidur menemukan kalau power nap selama 10 menit lebih efektif untuk meningkatkan kewaspadaan, kinerja kognitif, dan mengurangi rasa lelah jika dibandingkan dengan "tidur siang" selama 20 atau 30 menit.

    Agar power nap Anda nyenyak lakukan beberapa tips ini:

    1. Buatlah jadwal dan ikutilah jadwal tersebut secara konsisten tiap hari. Waktu terbaik untuk melakukannya adalah antara jam 1 siang hingga 3 sore.
    2. Jangan terlalu lama melakukannya. Kalau perlu, siapkan alarm untuk memastikan agar Anda bangun. 
    3. Sebisa mungkin lakukan di tempat yang gelap. Jika tidak ada tempat yang gelap untuk tidur gunakan saja penutup mata.
    4. Pakai selimut atau jaket, karena suhu tubuh akan turun ketika tidur dan merasa kedinginan saat power nap hanya akan membuat waktu "tidur siang" Anda jadi tidak nyenyak. 


    Have a "Quickie"

    Ladies, cara yang paling seru (juga hot) untuk jadi lebih sehat dalam waktu 10 menit adalah quickie sex. Oh yasss, manfaat dari seks ternyata bukan cuma membuat hubungan Anda dan si dia makin mesra dan bergairah tetapi juga bikin tubuh makin sehat. Seks disebut-sebut dapat meredakan stres, memperkuat sistem imun tubuh, meredakan rasa sakit saat menstruasi, dan khusus untuk si dia: mengurangi risiko terkena kanker prostat. Ini belum ditambah dengan manfaat lainnya seperti meningkatkan intimasi dengan pasangan, menambah rasa percaya diri, dan membuat Anda terlihat lebih muda.

    Really, menjaga kesehatan tubuh tidak pernah penuh dengan "tantangan" yang menyenangkan seperti ini. Jadi, Cosmo sarankan untuk tidak melewatkan menikmati bercinta dengan si dia. Hmmm, kalau yang satu ini mau lebih dari 10 menit rasanya Anda juga tidak akan keberatan.


    (Hana Devarianti / SW/ Image: arthurhidden©123RF.com)