Career

Ingin Berhemat? Ikuti Cara Menabung Ini Dalam Seminggu

  by: Alvin Yoga       3/4/2018
  • Bosan tidak, melihat keadaan dompet Anda yang “kurus” setiap akhir bulan? Nah, mumpung baru gajian, yuk atur pengeluaran Anda dengan cermat. Cosmo sudah menyiapkan tujuh langkah praktis yang bisa Anda ikuti – cukup satu langkah sehari untuk mengatur kondisi keuangan Anda. Dijamin, tidak sulit, kok!


    DAY 1: ID Your Spending Habits



    Tanyakan pada diri Anda sendiri: Apakah saya termasuk orang yang “lapar mata” ketika belanja? Atau saya terlalu berani mengambil risiko ketika memulai sebuah bisnis sehingga uang saya cepat habis? “Begitu Anda mengetahui alasan di balik keadaan keuangan Anda yang tidak stabil, Anda bisa mulai mencari solusinya,” ujar Pamela Capalad, seorang financial planner serta founder dari BrunchAndBudget.com. Butuh bantuan untuk mencari tahu money personality Anda? Website seperti moneyharmony.com/moneyharmony-quiz memiliki kuis menarik yang bisa Anda ikuti.


    DAY 2: Assess Your Money Diet

    Dedikasikan beberapa jam untuk mencari tahu pengeluaran Anda selama sebulan terakhir. Eits, jangan dulu berpikir “Uh, malas, deh.” Tak perlu terlalu detail kok, yang penting Anda tahu kira-kira berapa dana yang perlu Anda siapkan setiap bulannya untuk biaya-biaya terbesar.

    Pertama, catat pengeluaran yang memang pasti Anda lakukan setiap bulannya, semisal biaya cicilan apartemen, kebutuhan wanita, dan asuransi. Setelah itu, masukkan jumlah rata-rata biaya transportasi dan makan siang Anda setiap bulannya. Setelah selesai, lanjutkan dengan mencatat biaya lain yang tanpa Anda sadari banyak mengurangi saldo rekening tiap bulannya: mulai dari membeli kosmetik yang sudah habis, pulsa dan internet, biaya langganan Spotify, member gym, serta perlengkapan mandi.

    Sudah selesai? Sekarang lihat berapa jumlah uang yang tersisa. Sisa uang inilah yang bisa Anda pakai untuk membeli sepatu baru, menonton film, hangout bersama the girls ketika akhir pekan, membeli camilan dan kopi favorit di hari kerja, serta biaya lainnya. Terlalu malas untuk mencatat semuanya? Unduh aplikasi seperti Money Lover atau My Finances yang bisa membantu menghitung pengeluaran Anda.


    DAY 3: Trim The Fat

    Sadarkah Anda, bahwa setiap bulannya Anda banyak mengeluarkan uang untuk hal-hal yang tidak benar-benar Anda butuhkan. Padahal, Anda bisa menabung dari hal-hal kecil tersebut. Semisal untuk kartu debit, jika kartu debit Anda memerlukan biaya bulanan yang besar, maka tanyakan pihak bank apakah Anda bisa menukarnya dengan biaya bulanan yang lebih kecil. Atau biaya untuk Netflix, jika Anda jarang menghabiskan waktu untuk menonton TV, hentikan biaya langganannya sesegera mungkin.

    Terakhir, cari daftar layanan internet dengan koneksi stabil di area tempat tinggal Anda, kemudian ambil layanan yang menawarkan harga termurah. Terkesan pelit, namun hal-hal ini bisa mengurangi beberapa ratus ribu dari pengeluaran Anda – yang mungkin bisa tabung untuk liburan akhir tahun nanti. Worth it, right?


    DAY 4: Refine Your Routine



    Nah, untuk hari ini, cukup cari tahu apa pengeluaran “favorit” Anda. Semisal, beberapa orang senang menghabiskan uang dengan pergi ke bar favorit tiap akhir pekan, sedangkan beberapa orang lainnya tak peduli jika harus membeli segelas kopi hangat setiap pagi di kafe favorit. Here's the problem: Anda tak sadar berapa banyak uang yang Anda habiskan untuk hal-hal tersebut.

    Bukannya tidak boleh, namun jika Anda memang ingin menabung, sebaiknya kurangi kebiasaan tersebut. Buat target yang spesifik setiap bulannya, supaya Anda tetap bisa mengeluarkan uang tanpa perlu FOMO. Semisal jika Anda dan the girls memang senang untuk mencoba kuliner tiap akhir pekan, maka cari kupon promo di website yang menjual kupon promo restoran. Senang berpesta? Ikuti promo ladies night. Anda suka dengan kopi dari toko kopi favorit? Tanyakan apakah Anda bisa membeli bubuk kopinya untuk Anda buat sendiri di rumah. Lebih hemat, kan?


    DAY 5: Set the Pace for Saving

    Menabung itu seperti lari maraton, garis finish-nya terlihat begitu jauh sampai-sampai terkadang Anda tergoda untuk berhenti di tengah jalan. Nah, jika Anda memang ingin menabung, cobalah untuk mencari tahu alasan apa yang biasanya membuat Anda gagal menabung, lalu cari cara supaya Anda tidak “keluar jalur”. Semisal, Anda seringkali lupa untuk mengirim uang ke rekening tabungan, maka buat saja tabungan berjangka dengan sistem auto debit. Pilih tanggal auto debit yang dekat dengan tanggal Anda menerima gaji sehingga Anda tak perlu kuatir soal dana tabungan.


    DAY 6: Push for Results

    Sama seperti diet, Anda tak bisa mengharapkan hasil tabungan yang mencolok dalam jangka waktu yang singkat. Terkadang Anda perlu melakukan pengorbanan lebih, seperti memotong pengeluaran untuk bersenang-senang. Sesekali, lupakan ide soal makan malam fancy, dan ajak si dia untuk memasak makan malam bersama di rumah. Selain itu, coba cari cara lain untuk menambah pundi-pundi Anda, semisal menjual gadget yang tidak Anda pakai di website jual beli, atau tawarkan the girls untuk membuat garage sale bersama. Menabung itu mudah, kok!\


    DAY 7: Reward Your Discipline

    Menabung bukan berarti Anda tak bisa bersenang-senang, lho. Sesekali membeli tiket konser atau membeli sepatu baru tak masalah, kok, selama uang yang Anda keluarkan masih ada dalam bujet. Memberikan reward pada diri sendiri juga penting, supaya Anda tetap terus termotivasi untuk menabung. Tidak realistis rasanya, jika menabung membuat Anda terkesan miserable dan justru tak bisa melakukan apa-apa. Ingin memberi reward yang agak mahal seperti liburan ke Jepang? Tak masalah, selama sisa tabungan Anda cukup, then indulge yourself. Selamat menabung, ladies!

    (Alvin Yoga / SW / Image: David Franklin©123RF.com)