Fashion

14 Cara Mengatasi Kesialan Yang Melanda Sepatu Anda

  by: Silvya Winny       3/4/2018
  • Sebentar lagi musim panas tiba. Ini artinya, alas kaki andalan di musim panas seperti flip flop, sandal, hingga strappy heels, kembali unjuk gigi dan beraksi. Tidak semua alas kaki ini nyaman dipakai lho, kadang ia mendatangkan malapetaka pada kondisi kaki Anda. Hmm, sebelum situasi menyedihkan terjadi simak cara mengatasi masalah sepatu sehari-hari yang pasti berguna ini. Oh ya, jangan lupa bookmark artikel ini jika sewaktu-waktu ingin mengakali kesialan yang menimpa sepatu Anda.

    Ketika mengenakan sepatu tertutup untuk bekerja… seringkali kaki Anda terasa panas dan berkeringat yang menyebabkan bau tak sedap. Supaya sepatu Anda tidak menjadi bau di keesokan harinya, masukan sepatu ke dalam dry bag dan simpan di dalam freezer (ya, freezer!). Cara ini efektif membunuh bakteri seperti infeksi jamur, ujar Heidi Meckler MSc, HCPC terdaftar Podiatrist untuk Strive Footwear.

    Pilih wedges daripada stiletto jika memungkinkan, karena ia tidak begitu membebani kaki Anda.

    Jika Anda harus pakai sepatu hak tinggi... semprotkan deodorant atau oleskan petroleum jelly dan lotion di area tumit supaya tidak membuat kaki Anda berakhir kapalan atau terjadi pengerasan kulit di kaki.

    Pelajari cara berjalan dengan BENAR dengan sepatu hak tinggi… maksudnya bukan berlatih supaya tidak terjatuh. No, Cosmo yakin Anda bisa berjalan cepat dengan heels selangit itu. Salah satu alasan utama sepatu heels terasa sakit di bagian telapak kaki adalah karena Anda cenderung bertumpu pada persendian di area jari kaki. Coba ubah cara Anda jalan dengan berdiri tegak dan konsentrasi menempatkan beban tubuh di bagian tumit untuk mengurangi beban di telapak kaki Anda.

    Jika kaki Anda lecet... plester tidak hanya berguna untuk luka saja, ia juga bisa digunakan untuk melindungi pergelangan kaki dari gesekan sepatu yang menyebabkan lecet.

    Pilih sandal dengan bantalan yang lebih tebal daripada sandal jepit. Sandal jepit memiliki dampak buruk pada kaki, postur, juga tubuh Anda. Memang nyaman sih, tapi untuk menghindari cedera jangka panjang, lebih baik ganti dengan yang memiliki bantalan tebal.



    Tapi jika Anda sangat fanatik dengan sandal jepit kesayangan, pilih yang memiliki busa tebal di bagian solnya dan yang disertai tali tebal untuk menjaga tumit pada tempatnya.





    Tahukah Anda?  Hairspray dapat membantu flip flop Anda supaya tidak licin. Ia tidak sepenuhnya “menjanjikan” untuk tidak cepat licin setelah seharian dipakai, ia dapat membantu memberi efek kesat selama beberapa waktu.

    Gunakan sikat gigi yang lama untuk membersihkan dasar dan area sudut di sepatu ... bakteri dan keringat dapat menumpuk di dasar sepatu dan menyebabkan bau, lho. Campur air dan alkohol lalu sikat bagian kotor dalam sepatu dengan sikat gigi. Voila!

    Kalau kaki Anda saat berkeringat mudah berbau, kaos kaki dan sepatu atau sendal sedang IN kok sekarang. Di satu sisi, Anda bisa tampil gaya!




    Lindungi espadrilles Anda. Secantik apa pun espadrilles kesayangan Anda, sayangnya sepatu kanvas dan cuaca musim panas saling bermusuhan. Air dan kaki lembap dapat menyebabkan infeksi di telapak kaki plus bau tak sedap.

    Jika sandal Anda lembap... taburi ia dengan bedak tabur bayi dan diamkan selama beberapa waktu sampai perlahan mengering.

    Jika kulit stiletto Anda berkerut dan mengelupas... coba gosok dengan petroleum jelly atau semir sepatu dua kali seminggu. Kemudian sumpal dengan kaos kaki untuk menyerap minyak dari petroleum jelly.

    Sepatu Anda masih baru? Gunakan sol tambalan untuk memberi penyangga yang lebih baik di kaki.

    (Image: Kaspars Grinvalds©123RF.com)