Better You

Mau Bawa Bekal ke Kantor? Ini Caranya Biar Tidak Ribet

  by: Hana A. Devarianti       5/4/2018
  •  

    Anda mungkin sudah pernah membacanya: membawa bekal makan siang ke kantor itu bisa membuat tubuh dan dompet jadi lebih sehat. Meskipun begitu, sering kali Anda mengurungkan niat membawa bekal ke kantor karena well... Siapa yang punya waktu untuk menyiapkannya setiap pagi sebelum berangkat ke kantor? Namun, ada lho caranya agar membawa makan siang tidak lagi ribet dan menyusahkan. Ladies, say hello to meal prepping.

     



    Apa itu meal prepping? Pada dasarnya, meal prepping adalah mempersiapkan makanan untuk seminggu. Anda tidak perlu memasak tiap hari kalau menggunakan metode meal prepping karena semua makanan yang akan dibawa dalam satu minggu akan dimasak secara bersamaan dalam satu hari saja. So, tinggal memanaskan  makanan di microwave tiap kali akan menyantapnya. Tentu, membuat kegiatan membawa bekal makan siang ke kantor jadi tidak ribet.

     

    Okay okay, memasak seluruh bekal makan siang untuk seminggu dalam satu hari saja memang terdengar intimidating. Maka dari itu Cosmo lewat Cosmopolitan US bertanya pada Emma Rose, ahli gizi juga meal prepping guru di Fresh Fitness Food soal cara meal prep agar tidak berakhir kelimpungan di dapur.

     

    1. Rencanakan dengan matang menu makanan yang ingin dibawa untuk jadi bekal.

    Langsung datang ke supermarket tanpa tahu mau memasak apa saja untuk bekal makan siang? Bad idea. Rencanakan terlebih dahulu semua menu makanan yang ingin dimasak sebelum berbelanja di supermarket. Jadi, Anda tidak perlu khawatir ada bahan makanan yang lupa dibeli atau malah yang lebih parah... Tidak tahu harus membeli apa saat sampai di sana!

     

    2. Pilih tempat bekal yang tepat

    Karena Anda memasak seluruh makanan untuk seminggu ke depan, Anda memerlukan tempat bekal yang aman digunakan saat memanaskan makanan di microwave. Tidak hanya itu, pilih tempat makan yang BPA-free karena bahan kimia berbahaya ini dapat berpindah ke makanan ketika makanan dipanaskan. Hal penting lainnya adalah memastikan kalau tempat bekal yang digunakan kedap udara supaya kesegaran makanan pun dapat terjaga. Kalau mau lebih praktis, beli saja beberapa tempat bekal agar bisa menggunakannya secara bergantian.

     

    3. Mulai dengan perlahan

    Kalau merasa menyiapkan makanan untuk seminggu terlalu berat, coba mulai untuk tiga atau empat hari terlebih dahulu. Ini dapat membantu Anda mengetahui "ritme" untuk melakukan meal prep. Kalau sudah terbiasa, baru deh mencoba meal prepping untuk satu pekan.



    Meal prepping sebenarnya bisa pula diterapkan untuk sarapan dan makan malam. Malah, ada beberapa yang melakukannya untuk tiga kali makan plus satu kali kudapan setiap harinya. Jika sudah lihai membawa bekal makan siang dengan meal prepping, tidak ada salahnya untuk menerapkannya pula untuk sarapan dan makan malam. Hitung-hitung pasti jadi lebih hemat.

     

    4. Buat menu makanannya beragam
    Meal prepping bukan berarti Anda harus memakan menu bekal makan siang yang sama setiap hari, lho. Riset saja terlebih dahulu resep makanan untuk meal prepping. Jangan takut untuk bereksperimen di dapur dengan memasukkan sebanyak mungkin variasi makanan. Hal sederhana seperti menukar protein dari ayam ke ikan atau menambahkan bumbu sudah membuat bekal Anda jadi terasa tidak membosankan kok.

     

    5. Kalau ingin membawa bekal salad...

    Salad adalah salah satu menu meal prep yang mudah. Jika ingin membawanya sebagai bekal, sebaiknya taruh di dalam jar supaya sayuran yang ada dalam salad tetap segar. Taruh dressing di bagian paling bawah, lalu bahan salad yang lebih padat seperti timun dan tomat di atasnya. Kalau sayuran daun taruh di paling atas agar tidak layu.

     

    6. Jangan lupakan nutrisinya

    Mengonsumsi makanan yang seimbang itu penting, termasuk ketika melakukan meal prepping. Jadi, pastikan menu makanan Anda bergizi dan terdiri dari ¼ protein, ¼ karbohidrat, dan ½ sayur-sayuran. Dengan menjadikan ikan sebagai protein utama paling tidak 2-3 kali per minggu untuk mendapatkan asam lemak yang penting buat tubuh, dan mengonsumsi pula daging merah atau makanan kaya zat besi.

     

    (Hana Devarianti / SW / Image: milkos©123RF.com)