Beauty

Lindungi Kulit Anda Dengan Produk Perawatan Antipolusi!

  by: Alexander Kusumapradja       5/4/2018
  • Tinggal di kota besar dengan tingkat polusi yang tinggi, kita selalu butuh usaha ekstra untuk melindungi kulit. Because why? Dull and dehydrated skin is never a good look, ladies.

    Membersihkan wajah setiap pagi dan malam adalah rutinitas yang tak perlu ditanya lagi, begitupun memakai sunblock. Namun apakah cukup? Begitu melangkah keluar rumah, ancaman tak hanya datang dari asap kendaraan saja lho dear, tapi juga dari paparan sinar UV, ozon, asap rokok, dan bahkan radiasi dari layar ponsel Anda. Paparan partikel yang lebih kecil dari pori-pori kulit tersebut bisa mengendap masuk ke lapisan dalam kulit dan merusak kolagen, yang akhirnya menyebabkan banyak masalah kulit seperti warna kulit tidak merata, dehidrasi, kekeringan, noda gelap, penuaan dini, keriput, kulit kendor, hingga kanker kulit. 

    Menanggapi permasalahan tersebut, beberapa tahun ini label-label kecantikan dan perawatan tubuh berlomba merilis produk-produk perawatan antipolusi yang didesain khusus untuk melindungi kulit dari efek polusi dan mendapat respons positif dari pasar beauty, terutama di kawasan Asia-Pasifik. Di tahun 2016 tercatat sepertiga produk antipolusi diluncurkan di kawasan ini dan kategori produk berlabel antipolusi naik 30 persen di semester awal 2017. Berikut ini adalah beberapa produk yang bisa masuk ke bucket list Anda berikutnya:



     

     

    Laneige All Day Anti-Pollution Defensor

    Selain dikenal karena produk-produk anti UV, label asal Korea ini juga memiliki rangkaian produk yang didedikasi khusus untuk melawan polusi. Anti-Pollution Defensor adalah kombinasi tabir surya SPF 30++ dan serum pemutih dengan formula Dust Block yang melindungi kulit dari debu halus untuk membuat wajah terlihat lebih bersih dan kenyal. Tak hanya menghalau debu, produk ini juga menangkis paparan UV yang bisa mempercepat proses penuaan kulit.

     

     

    Shu Uemura Anti/oxi+ Pollutant & Dullness Clarifying Cleansing Oil 

    Minyak pembersih dari label asal Jepang ini membantu mengikis kotoran yang menempel di kulit agar kulit Anda tetap bersih dan bersinar, khususnya dari serangan PM2.5 (partikel debu berdiameter 2,5 mm yang bisa mengendap di jaringan kulit). Formulanya terdiri dari tiga bahan utama, yaitu ekstrak pepaya untuk mengangkat noda protein akibat lingkungan, ekstrak moringa untuk melawan polutan, dan ekstrak teh hijau yang mengandung banyak zat antioksidan.

     

     

    Tony Moly Dust and the City Face Locking Cream 

    Dari namanya saja, produk asal label Korea ini memang ditujukan untuk para konsumen di kota besar yang butuh perlindungan lebih untuk menangkal debu, polusi, dan asap. Diformulasikan dengan phytoclear sebagai antioksidan dan ekstrak beras untuk menyelimuti kulit dari partikel bebas, krim ini sekaligus berfungsi sebagai pelembap kulit.

     

     

    Kiehl's Cilantro & Orange Extract Pollutant Defending Masque 

    Mendapat review positif dari banyak orang, masker antipolusi dengan ekstrak ketumbar dan jeruk ini membersihkan pori-pori dari kotoran serta menutrisi kulit agar tetap sehat bersinar dengan tekstur gel yang mendinginkan kulit.

     

     



    Elizabeth Arden Prevage City Smart SPF50 Hydrating Shield 

    Kulit berminyak bisa membuat kotoran jadi lebih mudah menempel. Produk ini bisa menjadi salah satu solusi berkat kandungan tabir surya SPF 50, vitamin antioksidan, dan khasiat yang melembapkan kulit sekaligus memberikan matte look. Dengan formula tersebut, produk ini bisa menangkal sinar UV, emisi kendaraan, dan minyak berlebih. Selain serum, seri produk ini juga memiliki masker dengan khasiat yang sama.

     

     

    Chanel La Solution 10

    Dengan formula utama ekstrak silver needle tea yang tangguh melawan radikal bebas, produk ini telah melewati eksperimen uji coba di kondisi polusi kota Beijing. Hasilnya? Para penggunanya mengaku produk ini mampu mendinginkan dan melindungi kulit mereka dari paparan polusi. Kenapa ada angka 10 di namanya? Selain silver needle tea, produk ini juga terdiri dari 9 bahan pokok lainnya yang meliputi ekstrak shea butter, glycerin, vegetal squalane, dan tentu saja air.

     

     

    Estee Lauder DayWear Advanced Multi-Protection Anti-Oxidant & UV Defense SPF50

    Moisturizer multi fungsi ini dapat menjadi senjata ampuh karena kandungan antioksidan dan SPF di dalamnya. Walaupun mengandung SPF 50, kandungan produk ini tetap terasa ringan, tidak menyumbat pori-pori atau membuat kulit Anda terlihat chalky.

     

     

     

    Terlepas dari produk apapun yang Anda pakai, tentu tak ada hasil instan yang bisa melindungi kulit Anda dengan seketika. Yang tetap Anda harus lakukan adalah tiga E, yaitu Eating, Exercising, dan Exfoliating. Moisturizer secanggih apapun tak ada efeknya bila Anda tak menjaga hidrasi tubuh dengan banyak minum air putih dan mengonsumsi makanan bebas kimia. Berkeringat karena olahraga pun adalah detoks alami yang lebih mujarab dibanding hanya mencuci wajah. Plus, rutin memakai exfoliating brush dapat meningkatkan sirkulasi darah yang membuat permukaan kulit lebih bercahaya.

    Terakhir, produk perawatan apapun bisa menjadi senjata makan tuan jika Anda tak membersihkannya dengan benar. Kandungan SPF dalam produk memang memiliki manfaat besar, namun jangan lupa untuk cuci muka dan memakainya lagi setiap Anda pergi ke luar dan membersihkannya dengan benar sebelum tidur. Begitu pun untuk makeup, krim, dan lip balm. Yang paling penting adalah menjaga kulit tetap bersih, baik di permukaan maupun lapisan yang lebih dalam.

     

    (Image: subbotina©123RF.com)