Beauty

Flek Hitam? Berikut Cara Pencegahan dan Mengatasinya!

  by: Ainjia Phioltia Paat       5/4/2018
  • Inginnya kulit flawless ala para aktris Korea, tapi apa daya, kulit Cosmo seringnya tak mulus dan cantik. Sebabnya adalah bekas jerawat yang menggelap dan terekspos sinar matahari. Girls, flek hitam yang dibiarkan terlalu lama, akan meresap lebih dalam lagi di kulit dan makin sulit untuk dihilangkan. Ikuti tips di bawah ini untuk mengurangi tampilan flek hitam di wajah, serta mencegahnya untuk datang kembali!


    1. Hindari memencet jerawat!

    Cosmo akui, ini adalah salah satu kesalahan terbesar Cosmo. Siapa sih yang tak gemas untuk memencet jerawat yang sedang merekah? Namun begitu, Cosmo sebenarnya tahu apa yang akan terjadi setelahnya, yaitu noda merah di wajah yang pelan-pelan akan menggelap jadi coklat hingga coklat gelap. Huhu! Jadi, sebaiknya, tahan lah godaan tersebut dan gunakan jemari Anda bukan untuk memencet namun untuk mengolesi hydrocortisone cream 3-4 kali dalam sehari. Hydrocortisone bertugas untuk meredakan kemerahan dan bengkak, juga lebih lembut pada kulit dibanding salicylic acid atau benzoyl peroxide. Kedua bahan tersebut memang terkenal dapat mengeringkan jerawat, namun bisa buat kulit jadi kering, yang akan menambah iritasi dan malah menimbulkan flek hitam!




    2. Coba bersihkan wajah dengan skin cleansing brush tiap dua atau tiga hari sekali.

    Cleansing brush elektrik membantu mengangkat sel kulit mati dan membersihkan kulit lebih dalam dibanding ujung jemari Anda. Dengan terangkatnya kulit mati tersebut, kulit pun akan lebih mudah menyerap obat jerawat dan krim pencerah yang Anda aplikasikan. Oh ya, pastikan bulu brush Anda selalu bersih ya. Cuci tiap setelah digunakan dan ganti dengan yang baru tiap bulan!


    3. Rajin rawat wajah Anda dengan nightcare!

    Flek hitam akan bertahan di wajah Anda selama berminggu-minggu sebelum memudar. Jadi, agar Anda tak bekerja berkali-kali, pastikan Anda juga menggunakan produk topikal untuk mencegah jerawat datang lagi ya! Pilih produk dengan bahan yang tak hanya membantu mengenyahkan jerawat, namun juga mencerahkan seperti niacinamide. Mengapa malam hari? Karena, malam adalah saat dimana kulit bernapas dan beregenerasi. Jadi, bahan tersebut akan bekerja dengan lebih baik!




    4. Ingin lebih cepat lagi? Lirik yang namanya Retinoid!

    Jenis lain dari vitamin A ini memiliki khasiat mempercepat regenerasi sel kulit, yang tentunya akan membantu menghapus flek hitam dengan lebih cepat! Retinoid juga membantu kulit untuk menciptakan lebih banyak kolagen, yang buat kulit jadi lebih lembut dan mengurangi bentukan garis halus. Jenis retinoid yang paling ampuh adalah retinoic acid, yang cuma bisa Anda dapatkan dari dokter kulit Anda, karena efeknya sedikit mengiritasi dan mengelupas kulit. Tak ingin mencoba? Well, bisa beli retinol, jenis yang ada di berbagai skincare counter. Apa pun jenisnya, kenakan hanya sekali seminggu, perhatikan reaksi kulit Anda. Bila tak terjadi iritasi, kenakan dua kali seminggu, dan selingi dengan brightening cream di malam-malam lainnya.


    5. Pastikan Anda selalu mengenakan SPF minimal 30 tiap hari!

    Ladies, Cosmo tak akan letih mengingatkan Anda untuk selalu menggunakan SPF sebelum beraktivitas. Sinar UV adalah salah satu alasan mengapa flek hitam di wajah Anda tak kunjung pudar! Untuk merespon sinar UV, kulit mengeluarkan pigmen pelindung yang disebut juga dengan melanin untuk menjaga kulit agar tak terbakar. Di dalam lapisan kulit, kerusakan terjadi dan lama-lama akan timbul ke atas kulit, yang disebut juga dengan freckles atau flek hitam! Paham ya, jangan pernah lupa mengenakan sunscreen!