Career

5 Kalimat Yang Paling Anti Diucapkan Depan Bos Anda!

  by: Kezia Calesta       5/4/2018
  • Ingin menjaga hubungan yang baik dengan bos Anda di tempat kerja? Jaga jangan sampai 5 kalimat yang paling anti diucapkan depan bos keluar dari mulut Anda, supaya Anda tetap terlihat profesional di matanya.

     

    1. “Saya tidak tahu.”



    Bila sang bos melemparkan Anda sebuah pertanyaan, hindari jawaban yang tidak berguna seperti “ehm… saya tidak tahu.” Sebagai gantinya, katakan: “Akan saya cari tahu secepatnya.” Think smart!

     

    3. “Itu bukan kesalahan saya.”

    Jawaban tersebut akan membuat Anda terdengar seperti seorang anak kecil yang tidak mau disalahkan. It's time to step up! Seorang yang bersifat dewasa akan berinisiatif untuk mengambil tanggung jawab, memberikan solusi, atau memperbaiki masalah sebisa mungkin.

     

    3. “Saya benar-benar tidak menyukai Dea.”

    Tidak suka dengan perilaku seorang rekan kerja? Jangan mengadu ke sang bos, karena Anda seharusnya dapat menjaga profesionalitas dan tetap bekerjasama. Cobalah untuk menangani bad blood di antara Anda berdua sebelum memutuskan untuk membawa drama tersebut ke sang atasan. 



     

    4. “Saya sulit fokus hari ini.”

    Lalu? Itu bukan masalah sang bos jika Anda tidak mendapat cukup tidur atau sedang memikirkan masalah pribadi. Luangkan waktu sejenak untuk mengembalikan konsentrasi – take a walk, minumlah segelas kopi, atau dengarkan musik yang dapat membantu Anda fokus bekerja. Jangan sampai sang bos berpikir bahwa Anda tidak bisa membagi waktu dengan baik.

     

    5. “Itu bukan pekerjaan saya.”

    Tanggung jawab Anda bukan hanya sekedar job description. Bila Anda diminta untuk melakukan suatu hal baru, anggap pekerjaan tersebut sebuah tantangan yang akan menambahkan pengalaman. Bila Anda tidak tahu cara melaksanakannya, lakukan riset dan jangan malu untuk bertanya!

     

    (Image: doc. Outnow.ch)