Celebrity

Ini Pekerjaan Rihanna dan 8 Artis Lain Sebelum Terkenal

  by: Alexander Kusumapradja       9/4/2018
  • Sebelum meraih ketenaran dan menjadi bintang terkenal, tak sedikit sosok penyanyi perempuan yang memulai kariernya dengan cara sederhana. Walaupun sulit dipercaya saat melihat kehidupan mereka yang super glamour, deretan penyanyi perempuan hits berikut ini pun pernah menjadi orang biasa dan melakukan pekerjaan orang-orang biasa. Apa saja ya? 




    BACA JUGA: 5 Tips Sukses Yang Bisa Kita Petik Dari Rihanna 


    Rihanna 

    Bernama lengkap Robyn Rihanna Fenty, penyanyi asal Barbados ini sempat mengalami masa kecil yang tidak ideal dengan ayah seorang pecandu alkohol dan kokain. Saat beranjak remaja, Rihanna membantu ayahnya berjualan baju di sebuah toko pinggir jalan sebelum menjadi kadet di sebuah program pelatihan militer di kota asalnya. Uniknya, saat itu Rihanna dilatih oleh Shontelle, yang kemudian juga menjadi penyanyi perempuan terkenal asal Barbados. Setelah melewati jerih payah tersebut, kini Rihanna menjadi salah satu bintang musik terbesar saat ini. Lucky her!


    BACA JUGA: Ini 8 Fakta Unik Tentang Penyanyi Dua Lipa


    Dua Lipa

    Sebelum sukses dengan single “New Rules”, penyanyi berdarah Albania ini sempat melakoni beberapa pekerjaan di kota kelahirannya, London. Di usia 16 dan 17 tahun, ia sempat menjadi model katalog untuk ASOS, menjadi waitress di restoran Meksiko di daerah Soho, dan juga menjadi penjaga pintu di sebuah klub malam di Mayfair. “Itu pekerjaan yang sama sekali tidak enak, karena saya harus bersikap dingin dan melarang orang masuk. Ketika saya harus mengusir teman-teman sendiri karena mereka tidak mematuhi dresscode, saya tahu itu bukan pekerjaan yang ingin saya lakukan,” ungkapnya dalam sebuah interview.


    BACA JUGA: Sebut Virus Corona "Pemerataan yang Hebat", Madonna Dikritik


    Madonna

    Demi mengejar passion-nya sebagai performer, di tahun 1978 Madonna yang masih berumur 20 tahun memutuskan berhenti kuliah dan pindah ke New York City dengan hanya $35 di kantungnya. Selain mengambil beberapa kelas dansa dan menjadi penari latar untuk beberapa artis, ia pun mencari uang tambahan dengan bekerja sebagai waitress di Dunkin’ Donuts di area Times Square. Tapi hal itu tak bertahan lama, karena ia dipecat setelah sengaja menyemprotkan donut jelly ke pembeli yang menggodanya. That’s our queen!


    BACA JUGA: Lihat Aksi Nyentrik dari The Queen of Rap, Nicki Minaj!


    Nicki Minaj 

    Sambil berusaha mendobrak industri musik, Nicki Minaj ternyata juga pernah bekerja sebagai waitress dan pegawai kantor, yang dua-duanya berjalan kurang mulus. Saat bekerja sebagai waitress di sebuah restoran seafood, dia sempat bermasalah dengan pelanggan yang tidak sopan. Sementara saat bekerja di sebuah kantor sebagai manajer, dia harus berbagi ruangan sempit dengan rekan kerja yang menyebalkan. “Saya selalu pulang ke rumah dengan stress dan rasa nyeri di leher dan punggung. Saat itu, saya bilang ke ibu saya, ‘Ma, saya tidak mau kerja di tempat itu lagi…'” ceritanya dalam sebuah interview. Untungnya, dengan kesuksesan album debut Pink Friday di tahun 2010 lalu, Nicki rasanya memang lebih cocok sebagai selebriti!    


    BACA JUGA: Lady Gaga Dikabarkan Akan Kembali Membintangi Film Musikal!


    Lady Gaga

    Selain belajar musik dan akting serta tampil di beberapa acara open mic, Lady Gaga yang waktu remaja masih dikenal dengan nama aslinya, Stefani Germanotta, pernah bekerja sebagai waitress di kota asalnya, New York City. Namun, walaupun hanya menjadi seorang pramusaji, Lady Gaga sudah menunjukkan pesona bintangnya dengan selalu memakai heels saat bekerja dan gemar berbincang dengan para pelanggan. “Saya selalu gemar bercerita ke siapa saja, kalau kebetulan ada pelanggan yang sedang kencan, saya menceritakan hal-hal romantis, rasanya hampir seperti sedang perform,” ujarnya dalam sebuah interview.


    BACA JUGA: Ada Liam Hemsworth di Decade Video Miley Cyrus!




    Miley Cyrus

    Walaupun berasal dari keluarga mapan dengan ayah seorang penyanyi country terkenal dan banyak yang mengira pekerjaan pertama Miley Cyrus adalah perannya sebagai Hannah Montana, namun pekerjaan pertama yang pernah ia lakukan ternyata menjadi petugas cleaning service! Ia menceritakan hal itu saat diundang menjadi bintang tamu di Tyra Banks Show. “Saya pernah punya satu pekerjaan normal, dan saya sangat menyukainya. Saya pernah kerja di Sparkles Cleaning Service dan bertugas membersihkan rumah. Saat itu saya baru berumur 11 tahun dan sudah bisa membersihkan toilet!”


    BACA JUGA: Akhirnya! Cardi B Melahirkan Anak Pertamanya


    Cardi B

    Sebelum meraih kesuksesan sebagai pelantun “Bodak Yellow”, rapper asal Bronx yang bernama asli Belcalis Almanzar ini pernah bekerja di sebuah supermarket sebelum menjadi stripper di umur 19 tahun. Walaupun kerap dicibir, Cardi B tak merasa malu dengan masa lalunya tersebut karena ia menganggap menjadi stripper membantunya melarikan diri dari hubungan abusif dan memotivasinya untuk kembali ke bangku kuliah. Kabarnya, ia sempat merencanakan bekerja sebagai stripper sampai usia 25 tahun, namun untungnya ia pun pensiun lebih cepat ketika ia sukses menjadi selebriti di media sosial dan kini menjadi penyanyi terkenal.




    BACA JUGA: Fakta Sirtfood Diet, Rahasia Turun Berat Badan Adele


    Adele

    Nama Adele mencuat di dunia musik ketika ia berumur 19 tahun dan tak butuh waktu lama baginya untuk meraih berbagai penghargaan bergengsi, termasuk Grammy Awards. Musik memang menjadi passion utama perempuan asal London ini, maka tak heran bahwa ia pun pernah bekerja di Rough Trade, toko vinyl terkenal di daerah Notting Hill. Alasan utama ia bekerja di toko vinyl pun sebetulnya bukan untuk uang, tapi untuk tetap humble, merasakan lelahnya bekerja, sekaligus tetap update dengan perkembangan musik terbaru. Smart idea!



    BACA JUGA: Kolaborasi Unik Nike dengan FKA Twigs


    FKA twigs

    Menjadi satu-satunya murid mixed race di sekolah, penyanyi dan penari bernama asli Tahliah Debrett Barnett ini sempat mengalami masa-masa di-bully. Seni pun menjadi bentuk pelariannya dan ketika berumur 17 tahun, ia pindah ke London untuk menjadi penari. Selain menjadi penari latar untuk beberapa video, ia pun sempat berkarier sebagai penari cabaret di sebuah sirkus underground, hal yang membangun kepercayaan dirinya sebelum menjadi salah satu performer dengan aksi panggung paling atraktif sekarang ini.



    (Image: Dok. Instagram @badgalriri)