Lifestyle

Festival Kuliner Seru di JW Marriott Hotel Singapura

  by: Silvya Winny       10/4/2018
  • JW Marriott Hotel mengajak Cosmo menikmati santapan minim koreksi selama dua hari di Singapura.

    Rasanya Cosmo menyebutnya tanpa koreksi untuk berbagai alasan dan tak dibuat-buat. Sebagai media terpilih dari Indonesia untuk merekam ekshibisi kuliner bertajuk “Taste The Moment” yang rutin diadakan chain hotel berbintang lima ini, semangat Cosmo selalu meluap. Hampir setiap hari selama 24-25 Maret lalu, Cosmo tak henti-hentinya mencicipi hidangan dengan cita rasa berkelas. Sebagai informasi, Taste The Moment merupakan event reguler JW Marriott, hotel yang kental dengan inovasi di hidangan kulinernya untuk mengajak para tamu menikmati hidangan dari para Chef inovatif di industri ini. Setelah lebih dulu diadakan di jaringan hotel JW Marriott di beberapa kota besar Asia, seperti Beijing, Hong Kong, Mumbai, Seoul dan Phuket, Singapura terpilih menjadi puncak rangkaian acara karena tersohor dengan lansekap kuliner yang variatif!

    "Singapura adalah destinasi yang tepat untuk menyelenggarakan event ini kuliner ini karena letaknya yang menjadikan negara ini menjadi lokasi persinggahan liburan di kawasan Asia Pasifik dan ya, Anda tak perlu mempertanyakan lagi variasi kuliner yang ada di sini," jelas Mitzi Gatkins, Vice President & Global Brand Leader JW Marriott, disela wawancara eksklusif bersama Cosmo.

    Sudah Cosmo katakan, trip selama dua hari ini akan sangat mengenyangkan. Saat sampai di JW Marriott Hotel South Beach, kami langsung disambut dengan dinner di restoran Akira Back yang letaknya di dalam komplek hotel ini dengan 12 menu dari appetizer hingga dessert yang lezat! Highlight-nya, AB tuna pizza, Atlantic black cod dan tochigi striploin pastinya!




    Tak hanya menikmati “hasil jadinya” saja, sejumlah workshop kuliner dari para koki pionir pun juga menghiasi jalannya acara, karena sejalan dengan misinya yakni ingin membekali peserta supaya semakin mengapresiasi kulinari dari berbagai sisi.

    Para tamu yang sudah mendaftar bisa memulai petualangan "makan-makan" enak dari dari area ekshibisi di lobby hotel. Sebuah tenda didirikan untuk bisa menikmati berbagai hidangan dari laksa khas Singapura, roti prata dari India, koleksi wine yang beraneka, hingga keju dari berbagai negara dan tentunya kopi!



    Sebagai peserta, Cosmo sangat menikmati aktivitas seru ini! Dimulai bersama Chef Stefano, Cosmo belajar mengolah truffle khas kampung halamannya menjadi hidangan truffle risotto yang luar biasa lezat.

    Chef Stefano mempraktikkan membuat truffle risotto

    Dilanjutkan dengan beragam curated workshop, salah satunya memahami bagaimana kombinasi suara dan pengalaman multi-indera dapat memengaruhi persepsi Anda akan rasa makanan yang didemontrasikan oleh seorang sound designer Sara Lenzi dalam kelas The Sound Bites.


    Sara Lenzi


    Di penghujung acara, seperti layaknya acara gala, peserta dan tamu hotel yang seluruhnya telah tampak sangat elegan diajak memasuki ballroom hotel yang telah disulap menjadi ruang makan megah.



     

     

    Cosmo berbaur dengan tamu JW Marriott lainnya dan memiliki kesempatan untuk menjelajahi serta menikmati petualangan multi-indera mencicipi lima kreasi menu para chef inovatif, di antaranya king crab dan double boiled fish maw soup di menu pembuka karya Chef Thomas Liang (JW Marriott Hangzhou), seared Hokkaido scallop dan wagyu sirloin bone marrow gratin karya Chef Pieter Fitz-Dreyer (JW Marriott Hong Kong), dan dessert yang masih sangat membekas, coconut tiramisu karya Chef Chotiphat Laisuwan (JW Marriott Bangkok). Disebut konsep multi-indera tentu dengan alasan. Karena selain bersantap, para tamu disuguhkan karya seni visual, suara, dan penciuman melalui live performances yang mengekspresikan inspirasi dan perjalanan kuliner pribadi dari setiap chef. Benar-benar hidangan dan pertunjukan yang sulit dilupakan!

    First Course: King Crab


    Hidangan pertama disajikan oleh Chef Thomas Liang dari JW Marriott Hangzhou yang terkenal wisata indahnya, West Lake. Salah satu kenangan paling berkesan Chef Thomas terjadi pada suatu hari musim panas yang panas, tiga puluh tahun yang lalu, ketika dia mencicipi sup ikan buatan ayahnya. Pengalaman ini menandai awal kecintaannya untuk mengolah bahan masakan musiman menjadi hidangan penuh citarasa.

    Second Course: Double boiled soup
    Memasak itu seperti membentuk komposisi lagu hingga mendapatkan harmoni yang sempurna di lidah Anda. Untuk memanjakan banyak indera, Chef berkolaborasi dengan sejumlah musisi. Dan jadilah Cosmo serta para tamu menikmati setiap suapan sup hangat ini sembari ditemani alunan musik khas negeri tirai bambu yang menjadikan pengalaman bersantap ini beda.

    Third Course: Scallop


    Hidangan ketiga dibuat oleh Chef Pieter Fitz-Dreyer dari JW Marriott Hong Kong, pribadi metropolis East meets West. Cintanya pada kuliner bermula saat ia mencari ketenangan di sebuah pantai dan memetik jamur yang lezat. Dari sana ia mulai mencari bahan makanan unik untuk diolah menjadi sebuah masakan yang lezat. Untuk presentasi ini, Cosmo tak menyangka bahwa tanaman merambat yang ada di atas meja ternyata bukan sekadar hiasan saja. Terdapat daun yang bisa dipetik sebagai pelengkap rasa hidangan scallop yang disajikan.

    Fourth Course: Beef


    Hubungan Chef Pieter dengan makanan dimulai ketika dia berusia 14 tahun, saat rutin mengawasi penjual daging dan meneliti bagaimana menghargai bahan makanan ini dari mulai hidung hingga ekornya. Saat memasak, Chef Pieter memberi penekanan ekstra soal body balance, yakni bagaimana setiap inci tubuh hewan dioleh menjadi hidangan yang lezat. Kreatif!

    Fifth Course: Coconut tiramisu

    Ini yang sangat membekas sampai hari ini. Chef Gee dari JW Marriott Bangkok mampu membuat banyak pengujung tersenyum disuapan pertama dessert buatannya ini. Ia sangat andal menyusun rasa dan tekstur yang kompleks sehingga menyempurnakan aroma unik santan dan rasa manis dari madu, sagu mangga serta asam pomelo dalam dessert unik ini.

    Setelah Singapura, rantai acara ini akan berlanjut ke Korea, China dan India di akhir 2018 dan awal 2019. So excited!