Better You

Efek Minum Soda Pada Tubuh Yang Perlu Kamu Tahu

  by: Hana A. Devarianti       11/4/2018
  • Kamu mungkin sudah tahu kalau minuman soda tidak baik buat tubuh. Namun, apa sih efek yang ditimbulkan pada tubuh sampai-sampai ada yang mengklaim kalau soda dapat menyebabkan berbagai penyakit mematikan, mulai dari gagal ginjal hingga kanker?

     

    Untuk menjawab rasa ingin tahu, seorang apoteker dan penulis blog Renegade Pharmacist, Njiaj, mengungkapkan hal-hal yang sebenarnya terjadi pada tubuh ketika minum soda. Menurut Njiaj, jumlah gula yang ada di satu kaleng soda seharusnya membuat kamu muntah. Akan tetapi, kandungan asam fosfat yang ada pada soda "memotong" efek tersebut dan mencegah Anda muntah. Yikes!



     

    Dan, ternyata begini efek minum soda pada tubuh.

     

    10 menit pertama: soda mengandung 10 sendok teh gula (yang mana adalah jumlah maksimal konsumsi gula dalam satu hari!) dan seluruh gula ini langsung masuk ke dalam sistem tubuh. Harusnya rasa manis yang luar biasa ini langsung bikin kamu ingin muntah, tapi asam fosfat "menghalangi" rasa tersebut.

     

    Setelah 20 menit: terjadi lonjakan pada gula darah, sehingga insulin tubuh meningkat. Lever kamu merespons kondisi ini dengan mengubah gula jadi lemak. Dan, bisa ditebak jumlah lemak yang dihasilkan tidaklah sedikit.

     

    Setelah 40 menit: seluruh kandungan kafein yang ada pada soda telah berhasil diserap seutuhnya oleh tubuh. Efeknya pupil mata membesar, tekanan darah meningkat. Lever kemudian memompa gula ke aliran darah. Pada kondisi ini, reseptor andenosin yang ada di otak telah diblokir sehingga kamu tidak merasa ngantuk.

     

    Setelah 45 menit: produksi dopamin tubuh meningkat dan ini merangsang pusat rasa senang di otak. By the way, efek ini juga terjadi ketika mengonsumsi obat-obatan terlarang. What?!



     

    Setelah 60 menit: asam fosfat mengikat kalsium, magnesium, dan zinc pada usus, hal ini membuat metabolisme tubuh meningkat. Kondisi ini kemudian diperparah dengan tingginya dosis gula dan pemanis buatan yang membuat tubuh jadi membuang kalsium lewat urin.

     

    Lebih dari 60 menit: efek diuretik dari kafein mulai terasa. Kondisi ini bikin kamu ingin buang air kecil. Akibatnya, kalsium, magnesium, dan zinc tidak sempat terserap ke tulang kamu. Begitu pula dengan sodium, elektrolit, dan air.

     

    Lebih dari 60 menit: setelah segala "kehebohan" yang ditimbulkan oleh soda mereda, kamu mulai mengalami sugar crash. Jadi, kemungkinan kamu merasa lemas dan mudah marah. Pada kondisi ini, tubuh juga telah mengeluarkan seluruh air yang terkandung pada soda sebelum sempat menyerap nutrisinya ke tubuh. Akibatnya, kamu kehilangan manfaat air yang sebenarnya bisa digunakan untuk melembapkan sistem tubuh atau membuat tulang dan gigi jadi lebih kuat.

     

    Well, ladies kira-kira setelah mengetahui hal ini kamu bakal mengurangi konsumsi soda atau tidak?

     

    (Artikel disadur dari: cosmopolitan.com/uk. Alih bahasa: Hana Devarianti. Image: Vadim Guzhva©123RF.com. Perubahan telah dilakukan oleh editor)