Fashion

Highlight Indonesia Fashion Week 2018!

  by: Nina Natasya       12/4/2018
  • Untuk ke-7 kalinya, perhelatan mode Indonesia Fashion Week kembali digelar pada tanggal 28 Maret – 1 April 2018 lalu di Jakarta Convention Centre. Jika Anda tak sempat menghadirinya, mari simak liputan Cosmo!

    Acara yang dipelopori oleh APPMI (Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia) ini kembali mengangkat kebudayaan Indonesia untuk menjadi tema tahunan. Kali ini, tiga tempat wisata di Indonesia dipilih menjadi tema kebudayaan, yaitu Danau Toba di Tanah Batak, Borobudur di Jawa Tengah dan Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur. Acara ini berkolaborasi dengan 200 desainer dan 460 peserta pameran merek fashion dan tekstil. 



    Ada yang berbeda dari perhelatan IFW tahun ini, yaitut IFW lebih mendukung sistem penjualan berbasis digital. IFW pun menggandeng Tokopedia sebagai market place untuk pergerakan industri kreatif lewat platform digital. Bahkan, koleksi yang tampil di beberapa show IFW, langsung dapat dibeli melalui market place Tokopedia!

    Di hari kedua, desainer Anne Avantie menampilkan karya teranyar lewat show “Sekar Ayu Sriwedari”. Pergeleran ini sangat spesial, karena merupakan langkah 29 tahun Anne Avantie berkarya sebagai desainer kebaya. Dari Sophia Latjuba, Krisdayanti, Vanesha Prescilla hingga Ibu Susi Pudjiastuti turut berjalan dalam balutan busana kebaya milik Anne Avantie.

    Lalu di hari keempat, Cosmo menghadiri show “Kulturtama” yang dipersembahkan oleh Tokopedia. Show ini menampilkan koleksi milik Amanda Rahardjo, HATTACO by Rani Hatta, Arkamaya by Danny Satriadi, JAJAKA x Ivan Gunawan, X – P Label by Rudy Chandra, Nita Seno Adji, Yulia Fandy, Abee X Ariy Arka. Kesan youthful, urban, modern namun tetap dengan sentuhan budaya Indonesia langsung terasa saat melihat koleksi dari 8 desainer tersebut.





    Setelahnya ada show “Sinar dan Pijar” persembahan dari Wardah. Show ini menampilkan karya dari 8 desainer beberapa diantaranya adalah Ria Miranda, Etu by Restu Anggraini, Rani Hatta, Norma Hauri dan Barli Asmara. Selain menampilkan special performance, para brand ambassador, Wardah juga menampilkan tren makeup terbarunya lewat para model yang berjalan di show ini.

    Tak hanya pergelaran mode yang menarik, namun IFW tetap menyajikan pameran merek fashion dan tekstil (tradisional maupun modern) yang memanjakan mata para pengunjung. Di tahun ke-7 perhelatannya, IFW tetap membuktikan konsistensi sebagai salah satu perhelatan mode yang sukses mengangkat kebudayaan Indonesia menjadi lebih dikenal di mata nasional serta internasional. Well done!



    Photo: Dok. Indonesia Fashion Week