Better You

Oh No! Ini Bahaya Dari Sering Ngemil Di Malam Hari

  by: Alvin Yoga       17/4/2018
  • Ngemil di malam hari memang nikmat, namun ada beberapa alasan yang membuat kebiasaan ini harus dijauhi. Ingin tahu apa saja? Baca!


    Menambah Berat Badan



    Seperti yang kamu tahu, makan kudapan sebelum tidur (jelas) bisa menambah berat badan. Hal ini juga berlaku ketika kamu makan terlalu larut, seperti menikmati makan malam sekitar pukul sembilan malam. Para ahli mengatakan bahwa kamu harus meluangkan waktu untuk membakar kalori yang berlebih sesudah menyantap makanan tersebut. Jika tidak, well, jangan mengeluh jika berat badan semakin bertambah. Jenna Hope, seorang ahli gizi asal London, mengatakan bahwa makanan yang dikonsumsi saat larut malam berhubungan langsung dengan penambahan lemak tubuh yang tinggi. Asupan kalori yang berlebih disertai dengan aktivitas yang minim ketika tidur membuat tubuh akhirnya menyimpan kelebihan kalori tersebut sebagai cadangan makanan atau lemak.


    Rentan Penyakit

    Salah satu efek samping yang paling mengkhawatirkan dari seringnya menikmati kudapan ketika larut malam adalah gangguan respons hormon. Menurut banyak penelitian, makan ketika larut malam ternyata membuat tubuh kekurangan kemampuan dalam mengolah insulin. Hal ini membuat tubuh sulit memisahkan glukosa dari darah, yang berujung pada rentannya tubuh terhadap penyakit. Parahnya, jika berlangsung selama jangka waktu yang cukup panjang, hal ini meningkatkan risiko terkena diabetes. Ups!


    Baca Juga: Stop Kebiasaan Ngemil Sekarang!


    Gangguan tidur

    Menikmati kudapan sebelum tidur ternyata berdampak negatif terhadap kualitas dan waktu tidur, lho. Menurut Jenna Hope, terdapat hubungan yang tinggi antara asupan tinggi makanan manis, kafein di malam hari, serta konsumsi alkohol di malam hari terhadap kualitas tidur. Penelitian yang dilakukan oleh Jenna membuktikan bahwa mengonsumsi hal-hal tersebut dapat menyebabkan kualitas tidur kamu tidak maksimal serta meningkatkan kemungkinan kantuk pada hari berikutnya.




    Menimbulkan stres

    Penelitian juga membuktikan bahwa makan di malam hari ternyata meningkatkan kadar hormon kortisol atau hormon stres yang tinggi. Selain berbahaya bagi kesehatan, kadar kortisol yang tinggi ini juga ternyata meningkatkan risiko penumpukan lemak, terutama di area perut. Uh-oh! Parahnya lagi, semakin stres kamu, akan semakin besar keinginanmu untuk mengudap di malam hari. Nah, demi menghentikan "lingkaran" yang tanpa henti tersebut, ada baiknya kamu mengonsumsi menu makan malam dengan porsi yang seimbang. Pilih makanan dengan protein yang cukup tinggi atau umbi seperti ubi merah yang membantu mengatur kadar gula dalam darah, sehingga kamu bisa merasa kenyang lebih lama.


    Baca Juga: 5 Hal Mengejutkan yang Bikin Anda Ngemil


    Meningkatnya rasa lapar

    Faktanya: makan dalam porsi besar di malam hari ternyata tidak membuat kamu mengonsumsi makanan yang lebih sedikit di hari berikutnya. Makan di malam hari ternyata justru meningkatkan jumlah makanan yang dikonsumsi pada hari berikutnya. Kenapa? Karena respons insulin kamu terganggu di malam sebelumnya, dan hal ini membuat kontrol gula darahmu memburuk sehingga kamu lebih cepat merasa lapar. Hmm, mulai sekarang, kurangi camilan di malam hari deh.

    (Alvin Yoga / SW / Image: Iakov Filimonov©123RF.com)