Love & Sex

Pst, Ini Cara Ampuh Menghilangkan Bekas Ciuman di Leher

  by: Hana A. Devarianti       20/4/2018
  • Ciuman di leher memang HOT, tapi bekas yang ditinggalkannya... Not so much. Kamu yang pernah mengalaminya pasti tahu betapa malunya punya bekas ciuman di leher. Rasanya orang-orang di sekitar langsung memberikan tatapan curiga, malah tak ragu untuk mencibir kamu. Ugh, malu deh! Yang bikin tambah kesal, bekas ciuman tersebut biasanya baru hilang setelah beberapa hari. Mengapa sih sesi ciuman di leher bisa menginggalkan bekas?


    Sebenarnya bekas tersebut adalah memar yang terjadi karena ada pembuluh darah yang pecah. Darah tersebut kemudian terjebak di jaringan bagian bawah kulit, meninggalkan bekas berwarna merah, biru, atau kehitaman. Meskipun tak berbahaya dan nantinya akan hilang, Cosmo paham kalau kamu ingin tahu bagaimana cara menghilangkan bekas ciuman tanpa harus menunggu berhari-hari.




    Nah, kalau kamu ingin bekas ciuman di leher cepat hilang, dermatologis Doris Day, M.D. sudah berbagi pada Cosmo cara ampuh menghilangkan bekas ciuman di leher. Pst, semuanya mudah dan bisa kamu lakukan di rumah, lho. Simak, ladies!


    1. Gunakan bagian belakang sendok untuk mengurangi pembengkakan

    Dinginkan sendok (yang berbahan besi atau alumunium, ya) di dalam lemari es selama 10 menit. Setelah itu, usapkan sendok secara lembut ke bekas ciuman yang ada di leher kamu. Tips yang satu ini akan lebih ampuh kalau bekas ciuman masih "segar".

    "Sensasi dinginnya akan meminimalisir kemungkinan darah keluar dari pembuluh darah ke kulit," kata Dr. Day. Lakukanlah ini selama beberapa kali dalam sehari untuk mengurangi pembengkakan.


    2. Oleskan aloe vera untuk mempercepat proses penyembuhan

    Aloe vera alias lidah buaya adalah pelembab alami yang dapat meremajakan dan menyembuhkan kulit kamu yang sedang sensitif. Untuk mengurangi efek yang timbul sehabis ciuman di leher, oleskan gel atau krim aloe vera ke area bekas ciuman sebanyak dua kali dalam sehari. Lalu, diamkan selama 10 menit. Hal ini dapat mempercepat proses penyembuhan, plus mengurangi rasa sakit. Oh ya, Cosmo tahu kok terkadang sesi ciuman dengan si dia begitu "panas" sampai menimbulkan rasa sakit. 


    Baca juga: 6 Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan 


    3. Gunakan bagian dalam kulit pisang supaya meredakan memar

    Cosmo tidak bercanda, dear. Kulit pisang benar-benar punya khasiat untuk menghilangkan bekas ciuman. Ini karena bagian dalam dari kulit pisang dapat memberikan efek dingin pada kulit sehingga memar pun dapat mereda. Caranya, tempelkan bagian dalam kulit pisang yang telah ranum pada area bekas ciuman selama 10 hingga 30 menit. Ulangi ini setidaknya dua sampai tiga kali dalam satu hari. Dan, voila! Bekas ciuman pun hilang. 




    4. Kompres dengan handuk hangat untuk mempelancar sirkulasi darah yang baru

    Kalau bekas ciuman di leher tidak hilang selama tiga sampai empat hari, coba deh kompres area tersebut dengan handuk yang hangat. Efek panas dari handuk tersebut akan "memecah" darah yang telah terjebak di jaringan bawah kulit dan menimbulkan bekas yang tak diinginkan. Tidak hanya itu, hal ini juga dapat melancarkan peredaran darah yang baru.

    Cukup basahi handuk dengan air hangat dan kompres di area bekas ciuman selama lima menit. Segera bahasai lagi kain dengan air hangat begitu sudah dingin. 


    Baca juga: Benarkah Diet Golongan Darah Bikin Anda Kurus?


    5. Konsumsi makanan yang kaya akan vitamin K

    Vitamin K, yang mana bisa kamu temukan di makanan seperti brokoli, kale, bayam, dan nasi cokelat, dapat membantu tubuh menyerap gumpalan darah yang terkumpul atau terjebak. Termasuk, yang menimbulkan bekas setelah mencium leher. So, konsumsilah makanan yang kaya akan vitamin K tersebut agar bekas ciuman lekas hilang. Pastikan kalau kamu mengonsumsinya tak kurang dari satu cup, atau 4 sampai 5 ons.


    6. Manfaatkan sikat gigi untuk menstimulasi peredaran darah

    Sikat gigi dengan bulu yang super lembut bisa lho kamu manfaatkan untuk menstimulasi peredaran darah di area bekas ciuman. Yang harus kamu lakukan hanya sikat area tersebut dengan tekanan yang lembut dan arah yang berlawanan selama 10 menit. 

    Namun, perlu diingat kalau metode ini memiliki hasil yang bervariasi tergantung dari seberapa gelap bekas ciuman di leher kamu.



    (Artikel disadur dari: cosmopolitan.com. Alih bahasa: Hana Devarianti. Image: ammentorp©123RF.com. Perubahan telah dilakukan oleh editor)