Fashion

Ini Cara Membersihkan Sepatu Sesuai Bahannya!

  by: Nina Natasya       19/4/2018
  • Punya koleksi sepatu banyak di rumah? Psst, ladies.. Jangan lupa untuk membersihkannya secara berkala, lho. Sayang kan kalau koleksi sepatu kamu jadi cepat rusak karena tak dibersihkan? Nah, berikut Cosmo berikan tip membersihkan sepatu sesuai dengan jenisnya. Jadi, tak ada alasan lagi untuk malas membersihkan sepatu kamu!

    1. Leather (Kulit)



    Bersihkan kotoran pada sepatu kulit dengan campuran air dan cuka (pastikan kadarnya seimbang). Celupkan lap ke campuran tersebut lalu bersihkan perlahan di sepatu. Lalu keringkan dengan menggosok perlahan menggunakan kaus katun yang sudah tidak dipakai. Warnanya mulai pudar atau ada goresan? Jangan lupa semir menggunakan shoe polish atau lotion khusus sepatu kulit, menggunakan kaus katun.

    BACA JUGA: 14 Cara Mengatasi Kesialan Yang Melanda Sepatu Anda



    2. Patent Leather (Kulit dengan lapisan mengilap)


    Jika sepatu berbahan patent leather memiliki kotoran, bersihkan dengan petroleum jelly dan cotton bud atau lap. Jika kamu ingin sepatu tersebut lebih terlihat shiny, semprotkan sedikit glass cleaner atau cairan pembersih kaca.

    3. Sneakers


    Bersihkan sneakers yang kotor menggunakan sikat gigi. Lalu, kamu bisa membersihkan bagian kotor yang membandel menggunakan campuran air dan satu sendok teh deterjen. Gosok perlahan dengan kaus bekas ataupun lap yang telah dicelupkan ke cairan tersebut. Biarkan kering dengan sendirinya.

    BACA JUGA:  10 Cara Membersihkan Sneakers Putih!


    4. Suede (Beludru)


    Menggunakan nailbrush ataupun scrub brush, sikat searah untuk membersihkan kotoran. Jika masih ada kotoran yang sulit hilang kamu bisa menggunakan penghapus putih ataupun nail file untuk membersihkannya. Atau, celupkan lap ke white vinegar atau cuka putih lalu bersihkan perlahan di bagian yang kotor.


    5. Canvas


    Mulai dengan membersihkan sepatu berbahan canvas menggunakan sikat gigi. Lalu dengan campuran air dan baking soda, sikat bagian yang kotor dengan sikat gigi. Kamu juga bisa menaruhnya di mesin cuci, dengan kecepatan rendah dan air dingin. Berikan sedikit deterjen. Lalu biarkan mengering sendirinya. Jangan menggunakan dryer ataupun pengering lainnya karena dapat merusak sepatu.



    BACA JUGA: Inspirasi Tampil Stylish Menggunakan Sneakers ke Kantor


    6. Flip Flops


    Baru pulang dari pantai dan flip flops kamu kotor? Rendam dengan air hangat dan baking soda, lalu diamkan selama 5 menit. Setelah itu, sikat menggunakan toothbrush untuk membersihkan kotoran.

    BACA JUGA: 11 Tips Memilih Sepatu Yang Tepat Untuk Interview Kerja


    7. Rope Wedges (Wedges dengan hak dari tali)


    Kenakan sikat gigi untuk membersihkan kotoran di hak menggunakan pembersih karpet. Pastikan kamu menyikatnya kearah sama untuk mencegah kerusakan.


    (Image: dok. Cosmo)