Celebrity

Anak Ke-3 Will dan Kate Ubah Sejarah Kerajaan Inggris

  by: Hana A. Devarianti       24/4/2018
  • The royal baby has arrived!


    Lewat akun Twitter, Istana Kensington mengumumkan bahwa Kate Middleton, istri dari Pangeran William, telah melahirkan bayi laki-laki pada Senin, 23 April 2018 lalu pukul 11 pagi waktu setempat di St. Mary's Hospital, London, Inggris. Ini adalah anak ketiga dari pasangan Pangeran William dan Kate Middleton, adik dari George yang telah berusia 4 tahun dan Charlotte yang berusia 2 tahun. Serta, cicit keenam untuk Ratu Elizabeth II.





    Tujuh jam setelah melahirkan, sekitar pukul 6 sore waktu setempat, Kate ditemani Pangeran William telah memperkenalkan bayi laki-laki mereka ke publik juga media dunia. Peristiwa ini ternyata menorehkan sejarah baru lho di keluarga Kerajaan Inggris. Ya, untuk pertama kalinya dalam sejarah, urutan tahta Charlotte yang berjenis kelamin wanita tidak mundur setelah kelahiran anak laki-laki. Membuat jenis kelamin tidak lagi jadi syarat untuk menduduki tahta Kerajaan Inggris.



    Sebelumnya, Kerajaan Inggris memegang hukum male-preference primogeniture. Lewat hukum ini, tahta dari Kerajaan Inggris harus diteruskan ke anak sulung laki-laki dari keturunan langsung keluarga kerajaan. Male-preference primogeniture mengesampingkan wanita, sebab wanita baru boleh meneruskan tahta ketika tidak ada saudara laki-laki yang hidup dan saudara yang meninggal tidak memiliki keturunan laki-laki yang masih hidup. Kondisi inilah yang kemudian membuat Ratu Elizabeth II dapat memegang tahta Kerajaan Inggris setelah kematian ayahnya pada 6 Februari 1952.


    Namun, kini hukum male-preference primogeniture telah ditinggalkan keluarga Kerajaan Inggris. Lewat Undang-Undang Suksesi Mahkota 2013 (atau dalam bahasa Inggris, Succession to the Crown Act 2013) yang dikeluarkan tahun 2013, hukum male preference primogeniture digantikan dengan absolute primogeniture untuk orang-orang yang lahir dalam garis suksesi atau garis keturunan setelah 28 Oktober 2011. Ini artinya saat ini urutan penerus tahta Kerajaan Inggris didasarkan pada urutan kelahiran, bukan jenis kelamin.





    Yup, hal ini membuat urutan tahta Charlotte tidak bergeser meskipun telah lahir anak yang berjenis kelamin laki-laki. Charlotte tetap berada diurutan ke-4 di urutan tahta Kerajaan Inggris, setelah Pangeran Charless (sang kakek), Pangeran William (sang ayah), dan Pangeran George (sang kakak). Sedangkan, sang adik yang baru lahir akan berada di urutan ke-5.


    Lalu, bagaimana dengan Pangeran Harry? Nah, kelahiran anak ketiga dari Pangeran William dan Kate Middleton telah menggeser urutannya. Ini karena Pangeran Harry adalah anak bungsu, bukan anak sulung dari Pangeran Charless dan mendiang Putri Diana. Kini, Pangeran Harry berada di urutan ke-6. Urutannya akan kembali "turun" jika Pangeran William dan Kate Middleton memiliki anak lagi.



    Kelahiran dari anak ketiga ini tentu jadi kabar yang menggembirakan bagi keluarga Kerajaan Inggris. Selanjutnya, kerajaan yang paling terkenal di Eropa ini akan memiliki perayaan lainnya, yang mana tak lain tak bukan adalah pernikahan Pangeran Harry dengan aktris asal Amerika, Meghan Markle. Pst, catat tanggalnya: pernikahan tersebut akan diadakan pada 19 Mei mendatang di St George's Chapel di Windsor Castle, Inggris.


    (Image: DOK. Kensington Palace)