Lifestyle

6 Buku Biografi yang Bisa Menginspirasi Kamu

  by: Hana A. Devarianti       25/4/2018
  • Entah kamu sedang membutuhkan inspirasi karena lagi merasa tak bersemangat. Atau, sedang ingin membaca sesuatu yang bisa meningkatkan percaya diri kamu sebagai wanita fun dan fearless. Di bawah ini Cosmo sudah pilihkan buku yang menceritakan tentang sosok wanita-wanita hebat yang berani menjadi dirinya sendiri dan tak gentar menjalani rintangan hidup. Pastinya, enam buku biografi yang ada di bawah ini bisa menginspirasi kamu!


    Wild: From Lost to Found on the Pacific Crest Trail oleh  Cheryl Strayed




    Yup, ini adalah buku menjadi inspirasi untuk film Wild yang diperankan oleh Reese Witherspoon. Dalam buku ini, Cheryl bercerita tentang pengalaman gilanya mendaki di Pacific Crest Trail seorang diri pada usia 22 tahun. Dengan hanya bermodal tekad, Cheryl berhasil menaklukan perjalanan pendakian yang menegangkan. Namun, di satu sisi juga menaklukan dirinya sendiri. Yang pada kala itu, layaknya wanita muda lainnya, memiliki berbagai keraguan akan hidup. Sebuah kisah tentang seorang wanita muda melawan segala rintangan dan berakhir menjadi seseorang yang lebih kuat. (Periplus, Rp229.000,-)


    Panggil Aku Kartini Saja oleh Pramoedya Ananta Toer


    Kamu pasti sudah tahu kalau Kartini adalah seorang tokoh emansipasi wanita. Tapi, tak hanya itu, ia juga pemberontak atas nilai-nilai kebudayaan Jawa yang feodalistik. Buku ini mengungkap akan hal itu, juga tentang kisah lain dari hidup Kartini yang sering terlewatkan. Menjadikannya sebagai buku yang menyajikan kisah hidup Kartini selengkap-lengkapnya, dengan segala kelebihan dan kekurangannya sebagai manusia. Dengan Pram yang duduk di kursi penulis, rasanya kamu tak boleh melewatkan buku yang satu ini. (Gramedia, Rp55.000,-)


    Sokola Rimba oleh Butet Manurung


    Ketika mengajar Orang Rimba, suku nomaden yang tinggal di hutan wilayah Jambi, Butet menyadari betapa pentingnya pendidikan untuk suku tersebut demi menghadapi tekanan modernisasi yang kerap menekan hak-hak mereka. Buku ini adalah catatan harian dari Butet, seorang antroplog dan pecinta alam yang tak kenal lelah memperkenalkan baca dan tulis pada Orang Rimba. Soal suka, duka, juga pengalaman yang tak terlupakan seumur hidup. (Gramedia, Rp79.000,-)


    I Know Why the Caged Bird Sings oleh Maya Angelou




    Buku ini adalah seri pertama dari tujuh buku autobiografi dari Maya Angelou. Sebagai buku pertama, buku ini menceritakan tentang masa kecil dari penulis dan penyair ternama Amerika Serikat tersebut. Bagaimana di masa-masa awal hidupnya sebagai wanita African Americans di era 1930an, ia telah diperkenalkan dengan diskriminasi dan kemiskinan, tetapi di saat yang bersamaan ia juga menemukan sukacita dan kebahagiaan. Poetic and powerful, buku ini dapat menyentuh hati dan jiwa kamu yang membacanya. (Opentrolley.com, Rp141.000,-)


    I Am Malala: The Story of the Girl Who Stood Up for Education and Was Shot by the Taliban oleh Malala Yousafzai 


    Sebagai orang termuda yang pernah mendapatkan penghargaan Nobel, Malala memang telah menorehkan sejarah sendiri di dunia. Kala itu, saat berusia 15 tahun, Malala telah menjadi seorang aktivis terhadap pendidikan anak-anak, terutama anak-anak perempuan di Paskistan. Ia telah mengalami jatuh bangun dalam perjuangannya ini, ditembak oleh kelompok teroris Taliban adalah salah satunya. Namun, Malala tak mengenal kata menyerah. Ia terus berjuang dan tetap menjadi aktivis pendidikan, dan bahkan hingga kini. Dan, lewat buku ini kamu bakal menemukan kisah menakjubkan tersebut. (Periplus, Rp229.000,-)


    Jais Darga Namaku oleh Ahda Imran


    Nama Jais Darga tak asing di dunia seni internasional. Dia adalah art dearler yang telah mendunia, menjadi wanita pertama di Indonesia yang mampu melakukannya. Namun, buku ini tak hanya bercerita soal pengalaman Jais Darga menaklukan kubu-kubu seni di berbagai belahan dunia. Ini juga kisah seorang wanita Indonesia dengan segala ambisi dan kegundahannya. Tentang pergulatannya mempertahankan kedaulatan dirinya di dalam segala aspek hidup. (Gramedia, Rp160.000,-)


    (Image: DOK. Goodreads dan Gramedia)