Career

Cari Kerja? Coba Unduh 12 Aplikasi Lowongan Kerja Ini!

  by: Alexander Kusumapradja       30/4/2018
  • Ladies, kita tahu mencari pekerjaan bukan hal yang semudah membalik telapak tangan. Data Angkatan Kerja di bulan Agustus 2017 yang dirilis oleh Badan Pusat Statistik mengungkap bahwa ada sekitar 7 juta lebih orang yang menganggur dari total 128 juta jiwa angkatan kerja yang ada di Indonesia saat ini. Salah satu penyebabnya adalah kekurangan informasi mengenai lowongan pekerjaan yang tersedia di luar sana. Padahal, sekarang ini telah banyak sekali situs dan aplikasi penyedia lowongan kerja yang bisa diunduh dan diakses dari mana saja. 

    Tidak perlu lagi titip CV dengan cara mendatangi perusahaan satu per satu, kini kita bisa mencari kerja sambil duduk manis membuka smartphone. Lewat aplikasi pencari kerja yang ada, umumnya kita bisa langsung memasukkan CV (Curriculum Vitae) dan mencari kata kunci pekerjaan yang kita inginkan. Beberapa aplikasi pun tak hanya menawarkan job listing saja, tapi juga membangun koneksi dengan para profesional dan perusahaan agar kamu tetap up to date. Setiap aplikasi tentu punya kelebihan masing-masing, kira-kira kamu paling cocok dengan aplikasi yang mana ya? Yuk simak satu per satu.




    1. JobStreet

    Berawal dari portal pencari kerja yang muncul sejak tahun 1997, JobStreet yang berasal dari Malaysia kini dikenal sebagai salah satu platform rekrutmen terbesar di kawasan Asia Pasifik. Begitupun untuk versi aplikasi mobile-nya, dengan lebih dari 230 ribu lowongan pekerjaan yang tersedia, JobStreet termasuk aplikasi yang paling banyak dipakai di antara para pencari kerja yang tak hanya menyediakan lowongan dari dalam negeri saja, tapi juga negara-negara sekitar seperti Malaysia, Singapura, Vietnam, dan Filipina. Dengan fitur mobile notification, JobStreet akan mengirim notifikasi lowongan kerja terbaru melalui email dan kamu pun bisa langsung mengirim lamaran melalui smartphone


    2. JobsDB Job Search

    Tak lama setelah JobStreet muncul, hadir pula JobsDB yang berasal dari Hong Kong dan kini menjadi salah satu portal lowongan kerja yang paling umum digunakan di Asia Tenggara dan Cina. Di aplikasi ini kita akan diminta mengunggah CV/resume sesuai bidang yang kita minati dan nantinya kita akan mendapat rekomendasi pekerjaan berdasarkan lokasi, minat, dan skill yang kita punya. Salah satu keunggulan JobsDB adalah mereka tak hanya memberikan informasi lowongan pekerjaan dari swasta saja, tapi juga yang terkait dengan Pegawai Negeri Sipil (PNS).


    Baca juga: 4 Soft Skills Zaman Sekarang Yang Paling Dicari


    3. LinkedIn Job Search

    Menggabungkan konsep situs pencari kerja dengan jaringan media sosial, LinkedIn yang berdiri sejak tahun 2002 di Amerika Serikat sukses menjadi salah satu platform yang paling banyak diakses oleh para profesional dan perusahaan dunia. Saat ini, layanan LinkedIn tak hanya tersedia dalam Bahasa Inggris saja, tapi juga 20 lebih bahasa lainnya, termasuk Indonesia. LinkedIn banyak disukai karena kita bisa mengisi data diri kita dengan lengkap, mulai dari biodata, riwayat pekerjaan, pencapaian karier dan daftar skill yang kita kuasai. Semua informasi tersebut tentu memudahkan orang lain atau perusahaan yang sedang membutuhkan skill yang kita miliki. 


    4. Kalibrr Job Search

    Berasal dari Filipina, Kalibrr termasuk startup pencari kerja yang telah mendapat banyak dukungan dana dari berbagai investor dunia. Kini kita pun bisa menggunakannya untuk mencari kerja di Indonesia. Salah satu kelebihannya adalah fitur “Saved” di mana kita bisa menyimpan informasi tentang sebuah lowongan pekerjaan dengan mudah dan bisa dilihat lagi sewaktu-waktu. Bila ada pekerjaan yang tidak kamu minati, kamu tinggal menggeser layar ke kiri untuk menghapusnya dari daftarmu. Untuk yang mencari kerja dalam waktu singkat, cari perusahaan yang memiliki ikon petir yang artinya perusahaan itu dinilai responsif dan cepat dalam menanggapi para pelamar.   


    Baca juga: Profesi Yang Paling Dicari di Indonesia Saat Ini


    5. Freelancer

    Sesuai namanya, aplikasi ini adalah aplikasi yang tepat kalau kamu ingin menjadi pekerja lepas atau sambilan. Dari jasa pembuat website, editor, desain, hukum, penerjemah, hingga admin dan sales tersedia di sini. Setelah membuat profil dan mengisi kolom skill yang kita kuasai, kita pun bisa menentukan harga jasa yang kita tawarkan berdasarkan durasi maupun per proyek. Aplikasi ini bersifat jaringan internasional, jadi kita pun bisa menemukan pekerjaan dan bersaing dengan para freelancer dari seluruh dunia. 


    6. Jora Job Search

    Startup asal Australia ini hadir dengan konsep agregator lowongan kerja yang fungsinya mirip seperti Google search engine di mana kamu tinggal memasukkan kata kunci pekerjaan yang kamu cari, maka Jora akan memberikan informasi pekerjaan tersebut dari berbagai portal lowongan kerja yang ada di Indonesia, termasuk JobStreet dan JobsDB Indonesia.  




    7. Karir.com

    Bila aplikasi lain umumnya berasal dari luar negeri, maka Karir.com adalah asli buatan dalam negeri yang diklaim sebagai platform penyedia lowongan kerja pertama di Indonesia sejak tahun 1999. Dengan kantor yang berlokasi di Jakarta, baik versi website maupun mobile-nya menawarkan banyak lowongan kerja dan kerja sama eksklusif dengan berbagai perusahaan besar dan universitas terkenal. 


    Baca juga: Jangan Lakukan Hal Ini Saat Mencari Kerja


    8. Indeed Job Search

    Berbasis di Amerika Serikat, Indeed adalah aplikasi pencari kerja yang cocok untuk mencari kerja baik yang lokasinya jauh maupun dekat. Menawarkan 200 juta pekerjaan baru di 60 negara dan 28 bahasa berbeda, aplikasi ini mungkin bisa membuat kariermu jadi go international. Untuk yang ingin mencari pekerjaan yang dekat, aplikasi ini pun bisa mencari pekerjaan di sekitar kita dengan menggunakan fitur GPS. Tak cuma untuk yang mencari pekerjaan full time, tapi juga internship untuk mahasiswa magang.  


    9. Kerjabilitas

    Mengusung hak kesetaraan kerja bagi para penyandang disabilitas, wirausaha sosial Saujana yang berbasis di Jogja meluncurkan Kerjabilitas, sebuah platform pencarian kerja pertama di Indonesia yang ditujukan bagi para penyandang disabilitas seperti tuna netra, tuna rungu, tuna daksa, dan sebagainya. Tak hanya mencari kerja, di Kerjabilitas, para penyandang disabilitas pun bisa menyuarakan opini di forum komunikasi serta mengakses konten visual dan audio tentang pengembangan diri dan life skill


    10. Rob’s Jobs

    Berbeda dengan aplikasi pencari kerja pada umumnya yang hanya berupa daftar, Rob’s Jobs yang baru saja diluncurkan tahun ini punya tampilan yang lebih interaktif dan mengingatkan kita pada aplikasi kencan Tinder. Setelah mengisi profil, algoritma akan memberikan pilihan lowongan yang tersedia. Bila berminat, kamu cukup menggeser layar ke kanan untuk mengajukan lamaran atau geser ke kiri untuk melihat lowongan lainnya. Bila match, kamu bisa melanjutkan pembicaraan dengan calon perusahaan lewat fitur chat. Saat ini Rob’s Jobs mengklaim telah digunakan oleh satu juta orang di seluruh Indonesia. 


    Baca juga: 5 Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Pekerjaan


    11. Karirpad

    Salah satu aplikasi yang terbilang paling baru, Karirpad mengusung slogan “Cari kerja jauh lebih mudah” dengan proses pendaftaran yang simpel dan dapat langsung terkait dengan akun medsos kamu. Saat ini, Karirpad mengklaim memiliki lebih dari 4000 perusahaan di seluruh Indonesia yang membuka lowongan via aplikasinya dan Karirpad pun berkomitmen untuk selalu memverifikasi semua lowongan yang ada untuk melindungi penggunanya dari risiko penipuan atau lowongan fiktif. 


    12. LINE Jobs

    Bagi para pengguna LINE, tidak hanya chatting atau membaca berita terbaru di LINE Today, sekarang mencari kerja pun bisa dilakukan di aplikasi asal Jepang tersebut. Bekerjasama dengan portal kerja Jobs.id dan HiredToday, LINE meluncurkan kanal khusus LINE Jobs di mana kita bisa melihat informasi mengenai lowongan kerja terbaru maupun tentang job fair yang sedang atau akan berlangsung. Sesuai dengan pengguna LINE yang mayoritas adalah kaum millennial, sekitar 60% info lowongan yang ada di LINE Jobs ditujukan untuk level awal. 


    (Image: Olena Kachmar©123RF.com)