Lifestyle

7 Tokoh Perempuan yang Menginspirasi dari Serial Drama Korea

  by: Alvin Yoga       1/4/2019
  • Ada banyak alasan yang bisa membuat kita jatuh cinta dengan sebuah drama Korea, beberapa di antaranya seperti: A) jalan ceritanya yang menarik, B) pemain utamanya yang tampan, serta C) chemistry antar pemainnya yang bikin iri. Nah, terkadang ada beberapa drama Korea yang memiliki semua faktor di atas, PLUS karakter utama perempuan yang badass yang buat kita terinspirasi. Untuk kamu yang penasaran, berikut ini adalah tujuh drama Korea pilihan Cosmo, dengan pemeran utama perempuan yang bisa menginspirasimu IRL. Check 'em out!


    1. Kang Mo-yeon dari serial drama Descendants Of The Sun (diperankan oleh Song Hye-kyo)

    Dengan seluruh tingkah lakunya yang menarik serta momen-momen yang relatable, Dr. Kang merupakan sosok yang cukup menginspirasi. Ia adalah perempuan yang rajin bekerja, dan seringkali berhadapan dengan isu-isu yang juga pernah kita alami - seperti lelah dengan karier yang sedang dijalani, drama politik yang terjadi di kantor, kencan-kencan yang berakhir buruk (yang kita harap bisa kita ulang kembali supaya hasilnya berbeda), dan lainnya.



    Yang membuat dirinya inspiratif? Caranya dalam menghadapi masalah-masalah tersebut - seperti bagaimana ia berani mengambil pekerjaan baru yang sebenarnya tidak pernah ia pikirkan. Begitu juga dengan pria. Ia mungkin mencintai Kapten Yoo (well, siapa sih yang tidak?), tapi ia menolak untuk mengorbankan prinsip hidupnya atau menurunkan standarnya hanya demi mendapatkan pria tersebut. Bahkan setelah berpasangan dengan Kapten Yoo Si-jin pun, ia tetap memegang kontrol sepenuhnya atas pilihan-pilihan hidupnya.


    2. Kim Mi-so dari serial drama What's Wrong with Secretary Kim? (diperankan oleh Park Min-young)

    Sekretaris Kim adalah sosok yang cerdas, cantik, dan bisa diandalkan di kantor. Dari sisi luar, ia adalah figur sekretaris yang sempurna - hasil pekerjaannya selalu memuaskan, belum lagi ia juga acap kali tampil menawan di setiap kesempatan. Namun di balik itu, ia ternyata tak jauh berbeda dengan kita yang sedang menghadapi quarter-life issues. Di beberapa kesempatan, ia harus mengorbankan beberapa hal dalam hidupnya demi membantu orang-orang terdekatnya. Dan dari sinilah ia belajar untuk memupuk keberanian, dan berhenti melakukan hal yang tidak ia sukai demi mengejar apa yang memang membuatnya bahagia. Mi-so berhasil menunjukkan pada kita bahwa tidak ada kata terlambat untuk memulai suatu hal yang memang kamu inginkan.


    3. Kim Bok-joo dari serial drama Weightlifting Fairy Kim Bok Joo (diperankan oleh Lee Sung-kyung)

    Bisa dikatakan Bok-joo merupakan sebuah karakter baru yang benar-benar berbeda dari tipikal pemeran utama yang biasa kita temui di serial drama Korea. Mengapa? Pertama, dia sama sekali tidak feminin, dan kedua, ia mengejar karier di bidang yang didominasi oleh para pria. Meskipun begitu, Bok-joo tetap mampu mencuri hati kita dengan caranya menghadapi "drama-drama" yang mungkin seringkali kita alami juga di kehidupan nyata.

    Hey, siapa sih yang tak mau dirinya terlihat extra-menawan di hadapan sang gebetan? Dan siapa yang tak ingin mengambil rehat sejenak dari pekerjaan kantor yang kadang begitu melelahkan? Bok-joo adalah karakter yang begitu mirip dengan keseharian kita - plus, ia adalah bukti nyata bahwa sah-sah saja kalau kamu tak melulu tampil fashionable namun tetap memiliki pacar yang uber-cute!


    4. Choi Ae-ra dari serial drama Fight for My Way (diperankan oleh Kim Ji-won)



    Kim Ji-won kembali memikat hati para penggemar drama Korea setelah perannya dalam Descendants of the Sun. Kali ini, ia bermain sebagai Choi Ae-ra, seorang karyawan biasa yang bekerja di sebuah department store, yang bermimpi menjadi seorang penyiar televisi. Dengan karakternya tersebut, Ae-ra seakan-akan menyuarakan hati setiap orang yang pernah merasa gagal dalam mengejar mimpinya, dan berakhir mengambil pekerjaan hanya demi bertahan hidup dengan gaji yang tidak seberapa besar. Meski begitu, Ae-ra tak pernah berhenti berusaha untuk mengambil setiap kesempatan yang ada, meski risikonya ia harus dicemooh dan kembali dikecewakan.


    5. Do Bong-soon dari serial drama Strong Woman Do Bong Soon (diperankan oleh Park Bo-young)

    Do Bong-soon memang sering disepelekan - dengan tubuhnya yang kecil dan pilihan pakaiannya yang cute - namun ia adalah definisi sesungguhnya dari kata KUAT. Yang menarik dari karakter ini adalah bagaimana Bong-soon menginterpretasikan arti dari kekuatan super. Bong-soon selalu menggunakan kekuatannya demi kebaikan orang lain, dan tak pernah terpikir olehnya untuk mengambil keuntungan dari kelebihannya tersebut dengan menyakiti sesama manusia. Cerita dalam drama ini juga menyajikan sisi yang berbeda, dengan mengubah dinamika hubungan antara sang pria utama dengan sang perempuan utama - Park Hyung-sik dengan karakternya, Ahn Min-hyuk, justru harus mundur dari stereotip "seorang kesatria", dan membiarkan Bong-soon yang mengambil peran itu sebagai penyelamat hidupnya.


    6. Ji Hae-soo dari serial drama It's Okay, That's Love (diperankan oleh Gong Hyo-jin)

    Plot dari serial drama ini terbilang unik, karena dibandingkan dengan serial drama Korea lainnya, yang satu ini justru berbicara mengenai penyakit mental, isu yang tak sering diangkat ke layar kaca. Ji Hae-soo, seorang psikiater, merupakan inspirasi bagi para perempuan yang memiliki trauma emosional setelah sesuatu yang buruk terjadi pada mereka di masa lalu. Hae-soo tak membiarkan anxiety issue dan ketakutannya untuk berkomitmen mengambil alih dirinya, terutama ketika sosok pria yang ia tunggu-tunggu akhirnya masuk dalam hidupnya. Ia menyadari bahwa di samping traumanya tersebut, ia juga pantas untuk merasa bahagia dan sehat secara emosional.


    7. Yoo Hye Jung dari serial drama Doctors (diperankan oleh Park Shin-hye)

    Dengan attitude-nya yang berpendirian kuat serta berani mengambil risiko, Hye-jung tampil dengan karakter perempuan yang badass. Ia tidak takut jika harus beradu argumen dengan orang lain, dan tak pernah membiarkan siapa pun mengalahkannya. Namun seiring berjalannya cerita, karakternya semakin berkembang. Meski tetap terlihat berapi-api, namun semakin lama ia semakin peduli dan empati pada orang-orang di sekitarnya. Ia juga mulai semakin sering menunjukkan sisi lembutnya yang selama ini ia sembunyikan. Moral of the story: You don't always need to literally kick ass to be strong. It's about accepting your softer side, too.


    (Artikel ini disadur dari cosmo.ph. Perubahan telah dilakukan oleh editor. Alih bahasa: Alvin Yoga / FT. Image: Dok. JTBC, KBS)