Beauty

Tetap Efektif Merawat Kulit untuk Si Pemalas

  by: Kissy Aprilia       2/4/2019
  • There so many skincare products yet so little time! Nyatanya, sepuluh langkah perawatan ala Korea yang sedang menjadi tren tidak selalu mudah untuk diterapkan. Selain minimnya waktu, sebagian perempuan juga lebih menginginkan cara simpel yang tetap efektif. Apakah kamu salah satunya? Cosmo memiliki panduan skip-care yang tepat untuk berbagai jenis kulit. Just read and learn!


    Kulit Kering

    via GIPHY



    Jika memiliki jenis kulit kering, gunakan produk skincare yang bekerja fokus meningkatkan hidrasi. Hindari produk yang mengandung bahan kimia keras dan alkohol, karena bisa membuat kulitmu semakin kering. Berikut produk skip-care yang wajib kamu punya:

    • Gentle Cleanser: Pilih creamy face wash yang bisa memberikan kelembapan. Hindari formula berbahan dasar sulfat karena pH nya tidak cocok untuk kulit kering.
    • Serum: Pastikan formulanya mengandung lactic acid karena bisa membantu memperbaiki kekuatan kulit yang rapuh akibat kekeringan.
    • Moisturizer: Selalu pilih produk pelembap yang memiliki kandungan terbaik untuk memberikan kelembapan kulit, seperti minyak wortel, minyak cranberry, minyak bunga matahari, minyak jojoba, dan minyak almond. 


    Kulit Berjerawat

    Hal terpenting yang harus kamu perhatikan adalah kandungan untuk membersihkan residu yang menempel dan menjadi penyebab jerawat. Selain itu, kamu juga harus tetap menjaga kelembapan kulit, agar jerawat tidak semakin bertambah. Berikut produk yang kamu butuhkan: 

    • Gel Cleanser: Sebagian produk acne cleanser terdiri dari bahan kimia keras, dan kamu harus menghindarinya! Pilih gel cleanser antseptik yang berfungsi membersihkan pori-pori kulit serta memiliki kandungan anti inflamasi.
    • Toner: Masih belum menggunakan toner? Produk ini sangat penting karena bekerja mengembalikan hidrasi kulit, yang artinya mempercepat regenerasi sel-sel kulit. Pastikan kamu memilih kandungan non-alkohol, ya!
    • Gel Moisturizer: Melewatkan pelembap berarti kamu memicu kelenjar sebum untuk memproduksi lebih banyak. Kamu bisa memilih produk pelembap berbahan dasar gel yang tidak meninggalkan kesan greasy di kulit.
    • Spot Treatment: Jangan lupa gunakan obat jerawat! Pilih formula yang bisa menangani masalah ini, mulai dari akarnya.


    Kulit Kombinasi

    via GIPHY



    Apakah bagian dahi dan hidungmu lebih berminyak dibandingkan area pipi? Tidak berarti kamu memerlukan dua jenis produk yang berbeda, girls! Atasi masalah kulit kombinasi dengan cara ini:

    • Cleansing Milk: Formula milky bekerja efektif mengangkat kotoran yang menempel bersifat menenangkan, dan bisa membantu mencerahkan wajah. Sempurna untuk jenis kulit wajah kombinasi!
    • Serum: Cosmo menyarankan kamu untuk memiliki produk serum yang memiliki manfaat eksfoliasi sekaligus soothing hydration. Kandungan tersebut bisa membantu membersihkan kulit dengan maksimal, namun tetap menjaga tingkat hidrasi kulit.
    • Brightening Mask: Gunakan masker pencerah wajah tiap satu minggu sekali, karena di dalamnya mengandung antioksidan tinggi yang bisa membantu mengembalikan vitalitas kulit. Pastikan kamu telah membersihkan wajah dengan optimal, agar manfaat maskernya menyerap efektif. 


    Kulit Sensitif

    Jenis kulit sensitif membutuhkan penanganan yang spesial. Jika kulitmu mudah mengalami iritasi, kemerahan, dan mudah mengalami dehidrasi, coba langkah skip-care ini: 

    • Moisture Cleanser: Pastikan produk pembersih wajahmu tidak membuat kulit terasa kering, kencang, atau terlihat kemerahan usai pemakaian. 
    • Calming Serum: Produk serum yang diciptakan khusus untuk kulit sensitif biasanya memiliki komponen anti inflamasi yang bersifa menenangkan kulit. Pastikan terdapat kandungan chamomile, sea whip, azulene, dan white tea untuk jika menginginkan bahan alami.
    • Balm Anti Inflamasi: Jika kulitmu sangat sensitif, gunakan pelembap bertekstur balm yang bisa menutrisi, menstimulasi lapisan minyak alami di kulit, serta memperkuat perlindungannya. 


    (Image: Photo by Joshua Rawson-Harris on Unsplash)