Beauty

Girls! Ini Tata Cara Pemakaian Makeup yang Benar di MRT

  by: Shamira Priyanka Natanagara       3/4/2019
  • Pada tanggal 15 Maret, 2019 lalu, akun Instagram resmi MRT Jakarta mengunggah sebuah video yang menyinggung banyak penggemar makeup. Video tersebut berjudul ‘5 Panduan Perilaku di Transportasi Publik’ dan membahas etika yang benar saat menggunakan MRT Jakarta yang baru saja dibuka untuk umum pada akhir Maret lalu.





    Salah satu dari lima perilaku yang dibahas adalah tata cara memakai makeup di MRT. Pihak MRT Jakarta menghimbau para penumpang untuk “tidak memakai makeup secara berlebihan” dan menampilkan cuplikan seorang penumpang yang menepuk-nepuk makeup berlebih pada brush-nya ke penumpang lain. Contoh yang ditampilkan memang terlihat mengganggu, namun peraturan yang dibuat terkesan melarang orang-orang yang memakai makeup tebal dan menor untuk menggunakan MRT. Padahal, yang sebenarnya ingin disampaikan pihak MRT adalah untuk tidak mengaplikasikan makeup di gerbong MRT dengan cara yang mengganggu penumpang lain.

    Tenang, Cosmo tahu, kok, kalau para perempuan yang on-the-go terkadang terpaksa untuk dandan di transportasi publik. Tapi sebenarnya bagaimana, sih, tata cara pemakaian makeup yang benar di MRT? Simak artikel berikut ya, girls!


    1. Bawa Produk Makeup Secukupnya Saja

    Mengingat bahwa MRT adalah transportasi publik dan ruangnya pun tidak leluasa untuk dandan, bawalah produk kecantikan yang benar-benar dibutuhkan saja. Produk-produk yang telah dirancang untuk penggunaan praktis, seperti lipstik, maskara, dan compact powder, masih layak untuk digunakan di MRT karena memang dirancang untuk dibawa bepergian. Nah, kalau produk cair atau memiliki serbuk yang halus, seperti foundation, loose powder, dan eyeshadow palette jangan digunakan di MRT, ya! Selain ukurannya yang besar, produk-produk tersebut cenderung lebih mudah mengotori MRT. Tidak nyaman, kan, kalau di MRT ada serbuk eyeshadow beterbangan? Apalagi jika foundation kamu tumpah atau pecah, penumpang lain pasti akan terganggu dan MRT pun menjadi kotor.

    2. Gunakan Makeup Pouch yang Praktis



    Agar tidak berantakan, gunakanlah tas makeup yang menyediakan beberapa kompartemen agar lebih praktis. Tas makeup yang memiliki kompartemen dapat memudahkan kamu saat ingin mencari produk-produk tertentu. Jadi tidak perlu mengobrak-abrik tas, atau bahkan sampai mengeluarkan seisinya, karena dapat mengganggu penumpang lain.  



    3. Gunakan Produk Makeup yang Travel Size dan Multifungsi



    Walaupun hanya untuk bepergian menggunakan MRT, tidak salah, kan kalau menggunakan produk-produk travel size? Kan, masih termasuk traveling, hehehe… Membawa produk-produk travel size akan membuat tas menjadi lebih ringan dan pengaplikasian makeup pun menjadi lebih praktis. Namun tetap ingat, ya, jangan bawa produk cair dan yang memiliki serbuk halus.  

    Selain produk travel size, sebaiknya gunakan juga produk multifungsi seperti lipstik 3-in-1 yang juga bisa digunakan sebagai blush on dan eyeshadow. Menggunakan produk seperti ini akan memudahkan Anda bersiap-siap di MRT tanpa mengganggu penumpang lain dan mengotori MRT.

    4. Jangan Membuang Sisa Produk Ke Arah Penumpang Lain

    Seperti yang telah ditunjukkan dalam video peraturan MRT, pastikan kamu jangan membuang taburan makeup berlebih ke penumpang lain, ya! Jika perlu, tepuk-tepuk saja brush kamu ke dalam pan makeup agar tidak menggaggu. Akan lebih baik lagi jika kamu menggunakan sponge daripada brush agar taburan makeup tidak terbang kemana-mana.

    5. Jangan Gunakan Produk yang Berbau Kuat



    Berhubung indera penciuman setiap orang berbeda-beda, mungkin saja ada yang tidak suka dengan bau produk yang kamu gunakan. Maka saat kamu sedang di MRT, jangan gunakan produk yang baunya menyengat seperti parfum, cat kuku, deodoran, dan dry shampoo. Lebih baik produk-produk tersebut kamu gunakan di toilet umum yang tersedia di setiap stasiun MRT.