Lifestyle

Menyaksikan Cinta Terlarang di Gala Premiere "Ave Maryam"

  by: Shamira Priyanka Natanagara       7/4/2019
  • Pada hari Kamis, 4 April lalu, Epicentrum XXI, Jakarta Selatan ramai akan penonton dan tamu undangan yang menyambut gala premiere film Ave Maryam. Film yang disutradarai oleh Robby Ertanto ini menceritakan kisah cinta Suster Maryam (Maudy Koesnaedi) dan Romo Yosef (Chicco Jerikho) yang terlarang. Film ini juga dibintangi oleh sutradara ternama Joko Anwar, aktris senior Tutie Kirana, dan artis cilik Nathania Angela.

    Ave Maryam sekilas menunjukkan kehidupan Suster Maryam di sebuah biara di Semarang, Jawa Tengah. Menariknya, film yang diproduksi oleh Summerland Films ini tidak menyorot agama secara spesifik. Fokus utama Ave Maryam adalah perjuangan batin Maryam yang jatuh cinta pada Romo Yosef, seorang pastur yang baru bergabung dengan gereja yang dilayani Maryam. Karena biarawati dan pastur harus menaati sumpah mereka untuk tidak menikah, forbidden love Maryam dan Yosef diuji oleh kesetiaan terhadap kepercayaan yang mereka anut, serta kejujuran terhadap perasaan diri sendiri dan orang lain.




    Suasana gala premiere film Ave Maryam pada tanggal 4 April 2019 lalu


    "Film ini membahas tentang the language of love—tentang cinta—dan kita tidak berniat untuk mengangkat kontroversi apapun," ujar sutradara Robby Ertanto sebelum film dimulai. 

    Selain menyorot kisah cinta terlarang Maryam dan Yosef, film ini juga mengandung beberapa pesan moral yang menyentuh hati. Salah satu pesan yang cukup menonjol adalah toleransi antar agama. Karakter Dinda yang dimainkan oleh Nathania Angela menunjukkan seorang anak muslimah yang kerap membantu para biarawati, no matter their differences

    Cast film yang hadir berterima kasih kepada para penonton yang telah meramaikan gala premiere Ave Maryam



    "Saya cuma mau bilang terima kasih telah menjadi saksi cinta Maryam," kata Maudy Koesnaedi sebelum pamit meninggalkan panggung. 

    Sebelumnya, Ave Maryam juga sempat menjadi opening film di Plaza Indonesia Film Festival 2019 dan tayang di beberapa festival film internasional, diantaranya adalah Cape Town International Film Market & Festival 2018 dan Hong Kong Asian Film Festival 2018. Tutie Kirana yang berperan sebagai Suster Monic juga memenangkan Penghargaan Festival Film Tempo untuk kategori 'Aktris Pendukung' pada Desember 2018 lalu. 

    Girls, apakah kamu juga ingin menjadi saksi cinta Maryam? Ave Maryam mulai tayang pada tanggal 11 April 2019 di seluruh bioskop Indonesia. Be sure you don't miss it!


    (Shamira Natanagara / VA / Images: Dok. Cosmopolitan Indonesia)