Lifestyle

10 Cara Jitu untuk Tidur Nyenyak dalam Pesawat

  by: Kezia Calesta       5/4/2019
  • Long flight ahead? Traveling ke luar negri memang seru, namun menempuh perjalanan jauh dalam pesawat bukanlah sesuatu yang dinikmati banyak orang. Yup, tidak ada yang suka terjebak di tempat duduk selama 8 jam atau lebih - waktu tersebut lebih baik digunakan untuk bekerja atau beristirahat. Sayangnya, kursi pesawat bukanlah tempat yang ternyaman untuk beristirahat, maka berikut adalah 10 cara jitu dari Cosmo untuk membantumu tidur nyenyak di pesawat.


    1. Pilih tempat duduk yang tepat

    Pemilihan tempat duduk merupakan salah satu faktor penting untuk mendapat tidur yang nyenyak dalam pesawat. Lakukan early check-in agar kamu bisa memilih kursi di samping jendela pesawat, karena selain bisa bersender ke dinding dan menutup jendela, kamu tidak perlu bergerak saat para penumpang di sampingmu ingin ke kamar mandi.



    Aisle seat memang memudahkan kamu untuk beranjak ke kamar mandi, namun kemungkinan untuk terbangun juga lebih besar. Bayangkan saja puluhan penumpang dan pramugari yang bergerak melewati kamu dan tidak sengaja menyenggol lenganmu saat kamu sedang tidur. Uh, no thanks. Hindari juga posisi kursi yang dekat kamar mandi untuk menghindari suara flush dan… ehm, bau yang tidak sedap.


    2. Simpan tas di kompartemen atas

    Saat bepergian jauh, letakkan tas carry-on di overhead compartment agar area kaki tidak semakin sempit. Simpan barang-barang yang kamu perlukan sepanjang penerbangan seperti gadget, earset, toiletries, botol air, dan camilan dalam sebuah tas kecil yang bisa kamu letakkan di pangkuan atau di hadapanmu.


    3. Hindari kafein

    Jika ingin tidur nyenyak, tentu kafein tidak akan membantu. Hindari kopi, teh ataupun minuman berkarbonat sebelum dan sepanjang penerbangan, dan pilihlah air putih atau jus buah saja saat ditawarkan.


    4. … dan alkohol

    Perhatikan juga konsumsi alkohol: meskipun pada awalnya wine atau liquor dapat membuatmu ngantuk, dampak alkohol hanya berlangsung selama 3-4 jam. Setelah itu, kamu dapat mengalami kesulitan tidur, sakit kepala, dan perasaan haus yang berlebihan. Akibatnya, kamu akan meminum banyak air putih dan bolak-balik ke kamar mandi setelahnya.


    5. Bawa produk dengan wangi lavender

    Yes, kamu pasti sudah pernah mendengar bahwa wangi lavender dapat membantu tidur. Bawalah lavender essential oil yang bisa kamu teteskan ke masker mulut, atau gunakan lavender body lotion di pesawat agar tidurmu semakin nyenyak.




    6. Pastikan posisi duduk nyaman

    First things first, sandarkan kursi ke belakang setelah pesawat sudah take off. Kemudian, pastikan bahwa kamu tidak menyilangkan kaki, karena posisi ini dapat menghambat peredaran darah dan mengakibatkan punggung bawah yang pegal. Ingat, posisi yang optimal adalah meluruskan kaki dengan lutut yang sedikit tertekuk. 


    7. Jangan makan secara berlebihan.

    Jika memungkinkan, hindari makanan berat 2 jam sebelum jam tidurmu. Makan berlebihan atau makanan berlemak dapat membuatmu lebih susah tidur, karena jantung kamu perlu bekerja dengan lebih keras untuk memompa darah ke perut dan usus. Selain itu, makanan berlemak juga bisa melambatkan peredaran darah.


    8. Bawa bantal leher yang nyaman

    Meskipun agak besar dan sedikit merepotkan untuk dibawa sepanjang perjalanan, bantal leher dapat menyelamatkan kamu dari posisi tidur yang tak nyaman. Bila kamu merasa bahwa bantal tersebut kurang pas saat digunakan karena bagian belakangnya terlalu tebal, kamu bisa memutarnya ke depan - posisi bantal ini dapat menyangga leher dan dagu kamu agar saat tidur, kepala tidak bergerak kemana-mana. Oh ya, kamu juga bisa meminta selimut bersih ke pramugari agar tubuh tidak kedinginan. 


    9. Hindari cahaya terang

    Apakah kamu berhasil mendapatkan window seat? Untuk mendapat tidur yang nyenyak, kamu bisa menutup jendela dan mematikan layar televisi di depanmu, karena sinar dapat membuat pikiran lebih terjaga. If all else fails, gunakan eye mask untuk menutup mata. Lights out, please!


    10. Gunakan ear plug atau headphones

    Film baru yang tersedia di pesawat memang menggoda, namun jangan sampai film marathon membuatmu lupa waktu - percayalah, kekurangan tidur yang kamu rasakan saat meninggalkan pesawat akan membuatmu menyesal! Setelah menyaksikan 1-2 film, istirahatkan mata dan tubuh dengan mematikan layar televisi di hadapan kamu. Tukar film dengan playlist lagu yang menenangkan agar kamu bisa jatuh tertidur, atau gunakan ear plug jika kamu lebih bisa tidur tanpa lantunan musik. Sweet dreams!


    (Image: doc. jcomp / freepik.com)