Lifestyle

10 Fakta Unik Tentang Tokoh Superhero Shazam

  by: Kezia Calesta       7/4/2019
  • Woohoo! DC Comics telah merilis film superhero terbaru mereka, yaitu Shazam!. Film keluarga yang seru dan lucu ini membintangi Zachary Levi sebagai Shazam dan Asher Angel sebagai Billy Batson muda. Jika kamu sudah menyaksikan film ini di bioskop, baca 10 fakta unik tentang tokoh superhero Shazam yang menarik dan perlu kamu ketahui!


    1. Shazam merupakan Captain Marvel yang pertama




    Brie Larson bukanlah satu-satunya Captain Marvel yang muncul di layar lebar tahun ini! Sebelum dikenal sebagai Shazam, karakter ini memiliki nama Captain Marvel saat ia muncul di komik DC untuk pertama kalinya di tahun 1939. Namun saat karakter ini menghilang dari komik selama beberapa tahun, Marvel Comics menghadirkan karakter Captain Marvel sendiri, maka DC pun mengganti nama tokoh mereka menjadi Shazam.


    2. Arti di balik nama Shazam


    Meskipun namanya terdengar modern dan cukup kekanak-kanakan, arti di balik nama dan mantra "Shazam!" sebenarnya cukup serius. “Shazam” mewakilkan enam dewa yang memberikannya superpower: kebijaksanaan dari Raja Solomon, kekuatan dari Hercules, stamina seperti Atlas, kekuatan magis dari Zeus, keberanian dari Achilles, dan kecepatan dari Mercury. Maka dari itu, Billy Batson harus menyebutkan nama “Shazam” untuk berubah menjadi seorang superhero yang memiliki semua kekuatan mereka.


    3. Keluarga Shazam



    Sejak dulu, keluarga Shazam memang sudah ada di komik DC. Saat nama superhero Billy Batson masih dikenal sebagai Captain Marvel, ia memiliki keluarga super lainnya termasuk Mary Marvel (saudari kembar Billy), Captain Marvel Jr. (teman Billy, Freddy Freeman), dan lain-lain.


    4. Elvis Presley mengambil inspirasi dari Captain Marvel Jr.


    Siapa sangka bahwa salah satu sidekick Shazam, Captain Marvel Jr., merupakan karakter superhero favorit Elvis? Penyanyi legendaris tersebut mengambil inspirasi darinya untuk salah satu kostum ikonis miliknya, yaitu jumpsuit biru dengan lambang petir kuning di dada, lengkap dengan kerah tinggi dan mantel di punggung layaknya seorang superhero.


    5. Shazam bisa mengalahkan Superman


    Yes, really! Meskipun memiliki hubungan profesional yang baik dengan Superman dan member Justice League lainnya, Shazam dan Superman pernah berkelahi di komik saat Lex Luthor mengontrol pikiran Shazam untuk mengalahkan Superman. Padahal, wujud Billy Batson yang muda sangat mengagumi sosok Superman sebagai seorang idola dan mentor.


    6. Shazam merupakan superhero yang pertama tampil dalam film


    Pada tahun 1941, Shazam tampil sebagai Captain Marvel dalam film superhero pertama, The Adventures of Captain Marvel, yang diproduksi oleh Republic Pictures. Di film ini, Captain Marvel berkelahi dengan The Scorpion, seorang kriminal dengan sebuah mesin berbentuk kalajengking. Old school!




    7. Zachary Levi pernah tampil di film Marvel dan Disney



    Apakah kamu merasa pernah melihat wajah Zach sebelumnya? Yup, aktor berusia 38 tahun ini pernah membintangi Thor: The Dark World sebagai salah satu sahabat Thor, yaitu Fandral. Selain itu, Zach juga dikenal sebagai Chuck Bartowski dalam serial televisi Chuck dan pengisi suara Flynn Ryder, pasangan Rapunzel dalam film Tangled.


    8. Zachary Levi pernah mengikuti audisi untuk peran Star-Lord


    Ha, apakah kamu bisa membayangkan Zach sebagai Star-Lord di film Guardians of the Galaxy? The title belongs to Chris Pratt! Namun saat Zach mendapat peran besar sebagai Shazam pada tahun 2017, ia pun berlatih dengan keras dan rajin berolahraga untuk mendapat tubuh superhero yang ideal. Pada akhirnya, berat otot Zach naik sebanyak 9 kilogram. Impressive!


    9. Kisah Shazam akan berlanjut di layar lebar


    Film Shazam! yang pertama hanya sebuah permulaan. Kamu bisa menyaksikan film Shazam! yang kedua di tahun 2020, di mana Dwayne Johnson akan tampil sebagai Black Adam, yaitu musuh terbesar Shazam. Penasaran?


    10. Munculnya superhero sebagai cameo di akhir film


    Spoiler alert! Saat Superman muncul di adegan terakhir film Shazam!, apakah kamu berpikir bahwa sosok tersebut benar-benar dimainkan oleh Henry Cavill? Cosmo menebak bahwa aktor di balik seragam tersebut bukan Henry, karena wajahnya tidak diperlihatkan ke penonton. Nyatanya, Henry sebenarnya ingin tampil sebagai cameo, namun ia tidak bisa hadir akibat jadwal yang padat untuk film Mission Impossible: Fallout. Semoga Henry bisa tampil di film Shazam! tahun depan, ya.


    Selain film Shazam!, berikut adalah daftar film terbaru yang akan rilis di bioskop bulan April 2019.


    (Image: doc. DC Comics / CBR / outnow.ch)