Lifestyle

Girls! Ini Panduan Cosmo untuk Proses Mencoblos Pemilu 2019

  by: Givania Diwiya Citta       10/4/2019
  • A week to go to vote, girls! Pesta demokrasi tanah air yang akan digelar pada 17 April mendatang, menjadi penanda bahwa bangsa kita akan melangkah ke masa depan yang baru. Selain menikmati euforia demokrasi yang tengah berlangsung, pastikan kamu sudah membekali informasi serta pengetahuan untuk merayakan Pemilu 2019 ini secara tepat dan benar. Jangan lewatkan juga untuk membaca tentang pentingnya politik bagi perempuan yang Cosmo rangkum, and how to keep up with our nation politics here. Lalu lanjutkan untuk menyimak panduan Cosmo berikut untuk mensukseskan proses voting kamu!


    Apa saja yang kita pilih dalam Pemilu 2019?




    Perlu dicatat bahwa Pemilu 2019 merupakan pemilu serentak yang melibatkan lima proses mencoblos. Dan di dalam TPS nanti, kita akan diberikan lima lembar Kertas Suara untuk dicoblos. Apa saja?



    1. Kertas Suara warna hijau untuk memilih DPRD Kabupaten/Kota


    2. Kertas Suara warna biru untuk memilih DPRD Provinsi


    3. Kertas Suara warna kuning untuk memilih DPR RI


    4. Kertas Suara warna merah untuk memilih DPD RI


    5. Kertas Suara warna abu-abu untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden


    Pemahaman warna Kertas Suara nyatanya penting, girls, karena selanjutnya kita akan memasukkan kelima Kertas Suara tersebut ke lima kotak suara yang berbeda. Lalu yang perlu diperhatikan lagi, seperti apa wujud masing-masing Kertas Suara tersebut?



    Kertas Suara untuk memilih DPR RI (warna kuning), DPRD Provinsi (warna biru), DPRD Kabupaten/Kota (warna hijau), hanya akan mencantumkan nama para calon legislatif, sesuai nomor urut pencalonannya sekaligus nomor urut partai politik yang menaunginya. Cara mencoblosnya? Cukup coblos satu kali pada nomor, atau gambar partai politik, atau nama calon anggota legislatif.


     

    Sementara itu, Kertas Suara untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden (warna abu-abu) dan DPD RI (warna merah), akan memuat lengkap dengan foto para calon. Jadi, cara mencoblosnya, cukup coblos satu kali pada nomor urut, nama, foto calon, atau gambar partai politik. Praktis, bukan?




    #KenaliCalonmu


    Yes, yes, Cosmo tahu bahwa pertanyaan selanjutnya akan mengarah pada, “Bagaimana saya mengenali seluruh calon-calon tersebut untuk memantapkan pilihan hati saya?” Tentunya untuk Pilpres, Cosmo yakin pilihan masing-masing sudah ada dalam genggaman, apalagi setelah mengikuti debat Pilpres yang telah selesai dilangsungkan lima kali beberapa waktu silam. Namun untuk para calon legislatif, jangan khawatir dan ragu duluan, karena beberapa situs berikut memuat informasi lengkap mengenai identitas para calon wakil rakyat tanah air kita. Seperti kampanye KPU tentang #KenaliCalonmu, surf these out.


    1. Aplikasi KPU RI Pemilu 2019 yang bisa diunduh dari Play Store


    Pilih menu ‘Cek Calon’, lalu browse satu per satu seluruh daftar calon legislatif yang harus kita pilih. Bahkan menu yang disediakan cukup mendetail dan spesifik, lho! Kamu bisa melihat para calon legislatif sesuai partai politiknya, bahkan hingga daerah pemilihannya. Lebih mendetail lagi, kamu bisa klik profil sang calon legislatif, dan membaca lengkap biodata serta visi misi mereka masing-masing. Bukan pengguna ponsel pintar Android? Tuju situs infopemilu.kpu.go.id untuk bekal berselancar informasi yang sama. Wicked!


    2. Situs pintarmemilih.id


    Situs ini juga menampilkan fitur yang hampir sama seperti situs KPU. Jadi, tak ada alasan untuk berlama-lama diam di bilik suara lagi, ya, girls!


    3. Situs calegpedia.id


    Seperti situs lainnya di atas, kamu juga bisa lihat daftar calon legislatif sesuai daerah pemilihan kamu masing-masing. 


    4. Facebook


    Yes, kamu tidak salah baca. Karena Facebook Indonesia merilis fitur Candidate Info untuk memfasilitasi para audiens dalam mengenali para kandidat yang mencalonkan diri pada Pemilu 2019. Langsung di halaman Home, kamu bisa mendapati video berdurasi singkat yang dikemas oleh para kandidat, yang memperkenalkan identitas diri serta visi misi mereka.


    Are you ready to vote now, girls?


    (Image: Element5 Digital on Unsplash, Dok. KPU, Dok. Facebook Indonesia)