Better You

7 Cara Agar Berat Badan Naik Secara Alami

  by: Nadhifa Arundati       12/4/2019
  • Hmm.... Masalah kekurangan berat badan memang sering dialami oleh beberapa perempuan – banyak yang mengasumsikan dengan memakan junk foods, maka berat badan kamu akan bertambah secara instan. No, ini sama sekali bukan solusi! Tak semua hal yang berkaitan dengan ‘penaikan berat badan’ menyinggung makanan-makanan yang tak sehat – justru, menaikkan berat badan secara sehat atau alami itu lebih susah, enggak seperti yang kamu duga. So without any fuss, daripada kamu penasaran langsung saja simak: 7 cara agar berat badan naik secara alami. Cusss!


    via GIPHY




    Perbanyak konsumsi karbohidrat

    Yess, sangat bertentangan dengan para perempuan yang sedang dilema ingin turun berat badan – malah kamu harus melakukan sebaliknya. Mengonsumsi makanan yang memiliki jumlah karbohirat tinggi, contohnya: nasi. Siapa sih yang enggak suka nasi? No one! Jadi, manfaatkan-lah hal ini dengan sebaik-baiknya, ladies. Namun bukan berarti kamu mengonsumsi karbohidrat secara berlebihan  – seperti menghidangkan nasi dicampur dengan mie, don’t you ever! Ada baiknya kamu mengonsumsi nasi dengan sayur-sayuran atau makanan yang lebih proper (bukan semacam sosis atau kornet).


    Jangan minum sebelum makan

    Kebiasaan seperti ini bakal bikin nafsu makan kamu semakin berkurang alias cepat merasa kenyang. Kalau sebelum makan kamu sudah banyak mengonsumsi cairan, maka semakin dikit kalori yang masuk ke dalam tubuh.


    Ubah waktu makan menjadi lebih sering

    Jadwal makan kamu selalu tak beraturan – perkara banyak pekerjaan, kamu jadi selalu makan hanya di saat lapar saja, padahal ini sama sekali bukan pilihan yang tepat (baik untuk menambah berat badan atau perihal kesehatan). So ladies, makan sehari lima kali itu bukan sesuatu yang dosa kok untuk diakukan, asal porsinya cukup, enggak berlebihan. Dibanding kamu harus makan sehari tiga kali tetapi dalam jumlah porsi yang tak beraturan. Ingat, tak semua orang punya kesempatan ‘makan banyak’ again and again, pergunakan-lah dengan baik!


    Minum susu setiap hari!

    Waktu masih kecil kamu dituntut untuk minum susu setiap hari – bahkan secara dipaksa! Turns out, itu semua demi kebaikan kamu. Sebenarnya enggak hanya sejak kecil, saat ini kamu juga perlu mengonsumsi susu setiap hari (tetapi dengan formula yang berbeda, ya!). Minum susu secara rutin bakal memperkaya protein dan kalori dalam tubuh, yang pastinya sangat membantu untuk menaikkan berat badan.




    Pilih jenis olahraga untuk menambah massa otot

    Olahraga tak cuma untuk membakar lemak dan bikin badan kamu lebih slim, bahkan ada banyak jenis olahraga yang bisa bikin berat badan kamu naik a.k.a menambah massa otot (bukan lemak). Umm.... Squat bisa jadi pilihan yang tepat – apalagi kalau kamu punya impian memiliki peach butt, well gurl Squat is your thing.


    Konsumsi daging kaya protein

    Buat kamu si meatlovers, ini adalah GOOD NEWS! No, kamu enggak salah baca – daging adalah makanan paling terpenting untuk menambah berat badan. Alasannya adalah: daging memiliki sumber protein bermutu tinggi dan mengandung vitamin B12 dan B6 serta kandungan zat besi – tak hanya itu, daging dapat memenuhi kebutuhan asam amino dalam tubuh, khususnya untuk pertumbuhan otot. Well oh well, selamat berpesta daging! For self-reminder: jangan konsumsi terlalu berlebihan, ya – semua hal (termasuk makanan) tetap ada batasnya.


    Jauhi masalah yang memuci stres

    And this is it – ‘musuh’ yang paling susah dilawan. Stres bisa datang kapan saja dan tak semua orang bisa menanganinya dengan baik – bahkan hal ini perlahan bikin berat badan kamu semakin menyusut tanpa disadari, oh nooooo. So, saatnya keluar dari ‘lingkaran’ yang bikin stres berkepanjangan – coba lakukan aktivitas yang menghibur seperti menonton film, konser, meditasi, atau memanjakan diri dengan skin care yang baru saja kamu beli di online shop, yes you need it right now.


    Yuk, langsung coba 7 cara ini mulai dari besok!


    (Image: Doc. Freepik by Nensuria)