Love & Sex

Psst, Ini 7 Cara Terbaik Menghadapi Pria Cemburu!

  by: Giovani Untari       16/4/2019
  • Lika-liku perihal asmara memang menjadi salah satu hal yang tidak bisa dipisahkan dalam setiap romansa. Tak selamanya manis, terkadang hubungan pun mengalami beberapa problematika termasuk soal datangnya rasa cemburu. Pertanyaan Cosmo, apakah pasangan Anda termasuk tipikal pria pencemburu, girls? Jika jawabannya iya, maka memang butuh beberapa trik tertentu untuk meredakan rasa cemburunya. Seperti apa cara jitu menghadapi pria yang cemburu? Ini dia tips-nya:


    1. Ketahui dan Dengar Alasan Mengapa Ia Cemburu

    Keep calm, girls! Menghadapi pria yang cemburu memang membutuhkan sebuah teknik tersendiri. Tetapi yang terpenting kamu mengetahui dan mendengar alasan mengapa pasanganmu cemburu. Melalui cara ini kamu dapat memahami seperti apa perspektif rasa cemburu tersebut dari pasangan. Well, di sini kamu juga dapat melihat apakah alasan kecemburuannya adalah sesuatu yang masuk akal. Ingat jangan terburu-buru untuk marah apabila pasangan cemburu ya, girls!




    2. Komunikasikan dengan Baik



    Salah satu kunci dari dari keberhasilan sebuah hubungan adalah adanya komunikasi yang baik. Setiap masalah yang kamu hadapi bersama pasangan ada baiknya untuk dikomunikasikan dengan baik. Tanpa adanya komunikasi yang baik justru akan membuat masalah semakin rumit. Kamu tentu tidak ingin hal ini terjadi bukan? Sekalipun merasa kesal atas sifat cemburu pasanganmu, tak ada salahnya menjadi pihak yang lebih dulu mencoba berkomunikasi dengannya. 


    3. Berikan Ia Waktu Sendiri

    Setiap orang memerlukan waktu untuk menenangkan dirinya dari setiap asalah yang ada. Hal ini pun pastinya berlaku bagi kamu yang merasa cemburu ataupun sebaliknya. Memang ada baiknya jika setiap masalah dapat teratasi dengan cepat. Namun apabila pasanganmu bukan tipe pria yang senang menyelesaikan masalah dengan cepat, tidak ada salahnya kamu memberikan ia waktu sendiri terlebih dahulu. Berikan ia waktu untuk menenangkan dirinya dari rasa cemburu dan kemarahan. Tapi tetaplah mencoba untuk berkomunikasi dengan baik kepadanya. Berikan perhatian selayaknya yang biasa kamu lakukan. Dengan begitu ini bisa membuatnya merasa tidak sendirian dan meredakan rasa cemburunya.


    4. Tingkatkan Kepercayaan Dirinya



    Rasa cemburu memang muncul dari beberapa faktor. Bisa jadi rasa cemburu pasanganmu datang lantaran ia benar-benar menyayangimu atau karena ada beberapa hal yang tidak membuatnya merasa percaya diri. Buat pasangan merasa percaya diri dan menyayangi dirinya sendiri, girls! Dengan rasa percaya diri bisa jadi pasanganmu akan menemukan perspektif positif dalam hubungan dan meminimalisir rasa cemburunya terhadap dirimu. Good luck, girls!




    5. Tunjukkan Kamu Menyayanginya

    Ya satu hal terpenting dalam menghadapi pria yang cemburu adalah dengan memberinya perhatian. Apapun keadaannya, tetaptunjukkan perhatian untuk pasanganmu. Kamu bisa menunjukkannya dengan menanyakan kabar hingga mungkin mengirimkannya menu makan siang kesukaannya. Lewat afeksi darimu, maka para pria akan turut merasakan bahwa kamu memang 100% menyayanginya. Ini juga akan membuatnya merasakan sebuah rasa dukungan yang akan meningkatkan hubungan kalian.


    6. Tetapkan Relationship Rules di Antara Kalian



    Meski kamu sudah menunjukkan dukungan dan afeksi kepada pasanganmu yang sedang cemburu, bukan berarti kamu harus mengorbankan dirimu juga. Belajar dari kesalahpahaman yang ada, tidak ada salahnya kamu dan pasangan menetapkan sejumlah rules di antara kalian. Rules ini penting untuk menjadi guidelines untuk saling mengetahui apa yang penting bagi perasaan satu sama lain. Di sini kamu juga bisa mengungkapkan apa yang membuatmu nyaman atau sebaliknya dalam sebuah hubungan. Misalnya kamu merasa tak nyaman lantaran pasanganmu terlalu cemburu dan posesif tanpa ada alasan yang jelas. So yeah, we better to make the rules!


    7. Hindari “Bermain Games” Dengannya

    Banyak yang berpikir bahwa rasa cemburu dari pasangan menjadi momen yang tepat untuk menguji pasangan mereka. Meski pun terdengar menarik, tetapi saran Cosmo, don’t ever do that! Hal ini justru akan merusak hubunganmu bersama pasangan. Terlebih jika pasanganmu adalah tipikal pria yang mudah terserang rasa cemburu. Ada baiknya kamu menghindar dari hal-hal yang berpotensi membuatnya semakin posesif dan cemburu padamu.


    Images: Dok. Unsplash.com, Tenor.com.