Lifestyle

5 Pantai Terbaik di Asia Tenggara untuk Liburan Musim Panas

  by: Givania Diwiya Citta       22/4/2019
  • Musim panas hampir tiba, dan itu artinya liburan menanti! Jika wisata laut menjadi travel wish list kamu untuk liburan tahun ini, maka coba simak lima daftar pantai terbaik yang tersebar di Asia Tenggara ini. Yes, kamu tidak perlu pergi ke ujung dunia untuk menikmati keindahan laut, karena Asia Tenggara juga memiliki sederet surga dunia. Plan it, and go for it!


    Siargao Island, Filipina




    Bukan rahasia jika negara kepulauan Filipina menyimpan berbagai pantai panoramic. Tapi coba tuju Siargao Island yang didaulat sebagai ibukota berselancar di Filipina ini, untuk menemukan pantai berpasir putih, ditambah gua tersembunyi, terumbu karang dan kehidupan laut yang kaya, hingga hutan mangrove yang lestari. Selain bisa berselancar, kamu juga bisa island hopping ke tiga pulau terbaik di sekitarnya. Yaitu Naked Island, Daku Island, dan Guyam Island. Tapi rekomendasi Cosmo, bersantailah lebih lama di Guyam Island, dan nikmati panorama dari pasir putih dan pohon kelapa yang mengelilingi pulau ini layaknya sebuah miniatur nirwana.


    Koh Ta Kiev, Kamboja


    Sebagai salah satu pulau yang tak berjarak jauh dari ibukota Sihanoukville, serta dari Ream National Park, Koh Ta Kiev menjadi pulau resort yang menyimpan surga dunia. Selama di sini, coba pilih menginap di bungalow yang akan menyuguhkan pengalaman stay ala tropical life secara otentik. Mulai dari kamar tidur kayu dengan ranjang berjaring (dan yang lebih exciting) dan akses terbatas pada dunia digital, karena perhatian kamu akan tersita pada alamnya yang siap untuk dieksplorasi. Coba saja untuk berenang di pantai berwarna coral, menjelajah hutan dalam pulau, hingga cliff jumping! Saran Cosmo, spend five days here, ‘cause three days won’t do!


    Thomas Beach, Indonesia


    Berlokasi di Bali, kamu akan menemukan pantai tersembunyi ini di antara pantai Padang Padang dan Uluwatu. Pantai yang dinamai karena berada satu area dengan Thomas Homestay ini, nyatanya menjadi pantai under the radar yang digemari pelancong asing. Bagaimana tidak, dengan atmosfer yang serene, surga tersembunyi ini menjadi destinasi tepat untuk berjemur, berselancar tanpa crowd yang sesak, dan snorkeling. Atau jika kamu terlalu terpukau oleh panoramanya dan hanya ingin bersantai di pasir lengkap dengan payung pantai yang Insta-genic, we won't judge you. Malahan jangan sampai kamu melewatkan sesi matahari terbenam. Don’t be surprise if you can feel at peace in this most touristy island of Indonesia.




    Perhentian Islands, Malaysia


    Pulau yang terdiri dari pulau Perhentian Besar dan pulau Perhentian Kecil di Besut District, Terengganu, ini menyimpan keindahan alam yang magis. Kehidupannya terdiri dari pulau Perhentian Besar yang berpenghuni (dan menjadi destinasi beach party bagi para warga Kuala Lumpur), namun menyuguhkan kehidupan secluded di pulau Perhentian Kecil yang tidak berpenghuni. Coba jelajahi Perhentian Kecil dan mulai snorkeling untuk menemukan berbagai ‘taman’ terumbu karang, hingga (jika kamu beruntung) reef sharks. Lalu lanjutkan diving, kayaking, atau berdiam menikmati rentangan pasir putihnya yang menghipnotis.


    Atauro Island, Timor Leste


    Saatnya menjelajah ujung tenggara dari Asia Tenggara, yang nyatanya didaulat memiliki biodiversitas kehidupan marina terkaya berkat studi yang dilakukan oleh Conservation International. Yes, lokasinya yang berada di coral triangle ini tak perlu diragukan lagi untuk melakukan aktivitas snorkeling dan menyelam. Saran Cosmo, pergilah ke laut sepagi mungkin, seperti pukul tujuh selayaknya jadwal yang disusun oleh tur paket yang dikelola warga lokal. Karena saat itulah laut sedang tenang-tenangnya, dan pandangan dalam laut sedang jernih-jernihnya. Jika sudah kenyang melihat harta karun laut yang dimilikinya, kini coba trekking ke bukit untuk melihat kota Dili (yang berlokasi tak jauh), dan melihat skena alam Timor Leste nan khas. Bet you’d scream for more!


    (Image: Elizeu Dias on Unsplash)