Lifestyle

Ini Dia 5 Tokoh Kartini Indonesia di Masa Kini!

  by: Nadhifa Arundati       21/4/2019
  • Selamat hari Kartini, ladies! Saatnya untuk membuktikan kalau perempuan punya kekuatan untuk bersuara – meski budaya kita masih melekat pada patriarki, but we can still prove it right. Mungkin selama kita merayakan hari Kartini, kita masih belum membuat perubahan bagi perempuan di luar sana untuk bisa menjadi dirinya sendiri – namun seiring berjalannya waktu, ‘penerus’ R.A Kartini muncul kembali untuk mewakili hak para perempuan. Well, kira-kira siapa saja tokoh Kartini Indonesia di masa kini? Let’s find out!


    Sri Mulyani





    Membuat perekonomian Indonesia menjadi tetap stabil memang tidak mudah, tetapi hal ini bisa dilakukan oleh Sri Mulyani. Yes, meski sudah berusia 56 tahun, Sri Mulyani tak membatasi kemampuannya dalam memajukan perekonomian negara – meanwhile Cosmo masih sibuk mengurus perekonomian pribadi....  Tindakan heroik yang dilakukan oleh Sri Mulyani menjadikannya sebagai wanita paling berpengaruh di dunia ke-23 versi majalah Forbes. Tak hanya peran Sri Mulyani saja yang begitu mulia bagi negara, ia juga patut membangun kepercayaan perempuan lain untuk bisa bangkit – dengan menyeimbangi karier dan keluarga.

    Seperti yang dikatakan oleh Sri Mulyani dalam akun Instagramnya,

    “Perjuangan dan pemikiran Kartini adalah sumber inspirasi bagi kamu semua, yang hingga kini masih sangat relevan.”


    Susi Pudjiastuti



    Menteri yang satu ini dikenal dengan kalimat: “Saya tenggelamkan!” Meski terdengar menyeramkan, namun bukan kekejaman yang ia maksud, melainkan bentuk ketegasan yang ia tampilkan sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan. Yes, Susi Pudjiastuti memang bukan perempuan yang memiliki gelar pendidikan tinggi – walaupun hanya sebatas lulusan SMP, namun ia sudah mulai merintis bisnis sejak saat itu, mulai dari menjual bedcover, sampai menjadi eksportir hasil perikanan – and here she is, menjadi Menteri yang berani meledakan kapal ilegal di perairan Indonesia. Well, Susi Pudjiastuti mengajarkan kita untuk berani bertindak, sudah enggak ada waktu lagi untuk berpikir secara bimbang.


    “Semangat Kartini adalah semangat kita, para wanita untuk bisa mencapai apa yang ingin kita lakukan. Setara sejajar, membebaskan dri kita dari keterbataskan.”


    Sebut Susi Pudjiastuti dalam akun Instagramnya – couldn’t agree more!


    Merry Riana





    Film Merry Riana seutuhnya menggambarkan perjalanan hidupnya di Singapura – yes, tetapi semua pengorbanannya tak pernah sia-sia – you can see her now, ia adalah motivator, penulis, dan tentunya business woman (such a multi-talented). Kunci keberanian dari Merry Riana adalah: berani melakukan apa saja, meski kelihatannya sulit untuk dikerjakan. Hmm... Kalau kamu masih mengeluh dengan pekerjaan yang berat, ingat-lah perjalanan hidup Merry Riana – all you need to do is keep up a good work.


    “Wanita sejati tidak diniali dari profesinya. Tapi bagaimana dia bisa menjadi veri terbaik dari dirinya.” – Merry Riana


    Tri Rismaharini



    Surabaya patut bangga memiliki Wali Kota yang tak kenal dengan rasa takut, yakni Tri Rismaharini. Kejujuran adalah pedomannya – dari awal ia menjabat sebagai Wali Kota, Tri Rismaharini selalu mendapat tekanan karena banyak pihak yang merasa dirugikan oleh kejujuran yang ia tegakan – tak heran kalau Tri Rismaharini berhasil menempati posisi ketiga sebagai Wali Kota terbaik di dunia oleh The City Mayor Foundation.


    Khofifah Indar Parawansa



    Menjadi Gubernur jawa Timur sejak Februari 2019 lalu, Khofifah langsung membuat pergerakan terkait isu pernikahan usia dini – sejak awal ia memang sangat concern terhadap permasalahan perempuan. Mantan Menteri Pemberdayaan Perempuan ini langsung mengundang Ketua Pengadilan Tinggi Agama Jawa Timur, untuk mendiskusikan angka pernikahan dini yang tinggi. Khofifah Indar Parawansa tak hanya sekadar mengatakan janji, tetapi bertindak cepat untuk menelurusi suatu isu, she’s our hero!


    Tokoh ‘penerus’ Kartini sesungguhnya tak harus bersinggungan dengan orang-orang hebat, namun usaha setiap perempuan dalam menjaga harga diri dan keberlangsungan hidupnya patut dikatakan sebagai perempuan penerus bangsa – tak jauh beda dengan sosok di atas ini. Kita semua bisa menjadi apa saja yang kita mau, asalkan selalu percaya dengan diri sendiri. Be fearless, cause you rock!


    (Image: Doc. Instagram @susipudjiastuti115)