Beauty

Cosmo Coba 5 Produk Cleansing Balm, Ini Reviewnya!

  by: Shamira Priyanka Natanagara       28/4/2019
  • Girls, apakah kamu sudah tahu tentang cleansing balm atau melting cleanser? Jenis pembersih wajah ini sedang ngetren di dunia kecantikan berkat macam-macam manfaatnya. Cosmo pun telah mencoba beberapa produk cleansing balm, lho, dan memang harus diakui pembersih ini nyaman pada wajah dan mampu menghilangkan makeup seketika. Ingin tahu lebih banyak tentang cleansing balm dan ragam produk yang telah Cosmo coba? Simak terus artikel ini! 


    Apa itu Cleansing Balm?

    Mungkin dari namanya sudah bisa ditebak kalau jenis pembersih wajah ini berupa balsam. Konsistensinya padat, tapi setelah digosokkan pada wajah pembersih ini akan langsung 'meleleh' dan berubah tekstur menjadi oil. Beberapa produk cleansing balm diklaim cocok untuk segala jenis kulit, tapi teksturnya yang lembut dan oily paling aman untuk kulit kering dan sensitif karena tidak menyebabkan iritasi. Para pemilik kulit berminyak juga tidak perlu takut! Cleansing balm mengandung minyak alami yang tidak akan meningkatkan produksi minyak pada wajah.




    Apa Saja Manfaat Cleansing Balm?

    Selain sebagai pembersih wajah, kandungan cleansing balm juga bisa melembapkan kulit. Ditambah lagi, pembersih ini juga bisa menjadi solusi membersihkan wajah tanpa ribet. Jika kamu lelah menghapus makeup menggunakan berlembar-lembar kapas atau tisu wajah, cleansing balm bisa membantu! Pembersih wajah ini dapat menghapus makeup dengan cepat. Hanya dengan mengusapkan secuil produk pada wajah, makeup akan langsung luntur. Setelah itu tinggal dibilas dengan air, deh. Easy!


    Cleansing Balms We've Tried

    Sekarang kamu sudah tahu, kan, kegunaan cleansing balm. Nah, Cosmo telah mencoba beberapa cleansing balm yang tersedia dipasaran. Penasaran? Berikut adalah review-nya!

    1. Banila Co - Clean It Zero Cleansing Balm Original, Rp280.000,-

    Banila Co: Cleansing Balm

    Pros: Teksturnya halus dan balsamnya pun dapat meleleh seketika. Setelah diusapkan pada wajah, cleansing balm ini akan berubah menjadi oil cleanser yang mampu membersihkan makeup waterproof.

    Cons: Cleansing balm ini mampu menghapus makeup secara efektif, tapi setelah pemakaian, rasanya masih ada sisa balm pada area mata yang cukup sulit untuk hilang.


    2. Red Earth - Nourish Cleansing Balm with Goat Milk

     Red Earth: Cleansing Balm

    Pros: Dengan tekstur yang halus, cleansing balm ini aman untuk dipakai dan tidak membuat kulit iritasi. Cleansing balm ini juga dapat meleleh dengan cepat, jadi tidak butuh banyak waktu dan tenaga untuk menghapus makeup. Kandungan ekstrak susu kambingnya juga bagus untuk melembapkan kulit.

    Cons: Untuk beberapa orang, terutama yang tidak menyukai aroma susu, wangi produk ini mungkin cukup overwhelming. Cleansing balm dari Red Earth ini juga kurang efektif untuk menghapus makeup mata yang waterproof


    3. Banila Co - Clean It Zero Cleansing Balm Revitalizing, Rp330.000,-

    Banila Co: Cleansing Balm

    Pros: Clean It Zero Revitalizing memiliki tekstur yang sedikit lebih halus daripada Clean It Zero Original. Formulanya pun mudah meleleh dan dapat membersihkan makeup yang waterproof. Clean It Zero Revitalizing mengandung resveratrol dan grape seed oil yang memiliki sifat anti-aging.



    Cons: Jika dibandingkan dengan Clean It Zero Original, Clean It Zero Revitalizing tidak memiliki perbedaan yang signifikan—terutama mengingat kedua tipe Clean It Zero ini memiliki jumlah produk yang sama (100ml), serta perbedaan harga yang lumayan jauh. Kalau kamu memiliki kulit super sensitif, mungkin perbedaannya akan lebih terasa.


    4. The Body Shop - Camomile Sumptuous Cleansing Butter, Rp199.000,-

    The Body Shop Cleansing Balm

    Pros: Cleansing balm dari The Body Shop ini akan berubah menjadi oil cleanser setelah diaplikasikan pada wajah. Efektif untuk menghapus berbagai jenis makeup, termasuk makeup waterproof

    Cons: Tidak disediakan spatula mini jadi kurang mudah untuk di-scoop. Karena ukurannya yang termasuk kecil (90ml), produk ini juga cepat habis. 


    5. Heimish - All Clean Balm, Rp290.000,-

    Heimish: Cleansing Balm

    Pros: Nyaman di kulit berkat teksturnya yang halus. Formulanya yang cepat meleleh juga dapat membersihkan makeup secara kilat. Jadi lebih hemat waktu, deh!

    Cons: Untuk maskara dan eyeliner yang waterproof, produk ini masih kurang mampu menghapusnya, jadi setelah penggunaan balm area mata harus dibersihkan lagi dengan eye makeup remover.


    6. Goodness - Break-Up Make-Up Balm

    Goodness: Cleansing Balm

    Pros: Cleansing balm ini memiliki butiran-butiran scrub untuk eksfoliasi kulit wajah. Butirannya pun halus, jadi tidak membuat kulit iritasi. Plus, this balm has a nice scent! Kalau kamu menyukai aroma herbal atau mint, kamu akan menyukai aroma balm ini.

    Cons: Teksturnya yang agak lengket mungkin bisa membuat kamu risih. Selain itu, kamu harus menggunakan waslap basah untuk menghilangkan balm pada muka karena formulanya tidak 100% melting. Membilas wajah dengan air saja tidak akan membersihkan produk dari wajah. 


    (Shamira Natanagara / VA / Images: Banila Co, Red Earth, The Body Shop, Heimish, Goodness / Layout: Maya Rahmawati Putri)