Beauty

Oh, no! Salah Pakai Face Mist Dapat Membuat Kulit Kering

  by: Kissy Aprilia       24/4/2019
  • Pertama-tama, informasi ini mungkin mengejutkan para penggemar face mist. Bagaimana tidak? Produk penyegar yang sangat praktis ini sudah menjadi andalan para beauty enthusiast, khususnya perempuan yang tinggal di negara tropis. Akan tetapi, seorang ahli estetika asal Amerika Serikat—Renee Rouleau—mengungkapkan bahwa face mist dapat menyerap kelembapan pada wajah dan artinya membuat kulit semakin kering. What?!


    via GIPHY




    Mengapa hal itu bisa terjadi?

    Saat menyemprotkan face mist ke wajah, kamu akan merasakan sensasi kulit yang lebih segar dan lembap. Tapi hal itu hanya terjadi beberapa saat, karena partikel air yang bekerja mengikat kelembapan ikut menguap di udara. Semakin kering udara di sekelilingmu, semakin cepat pula proses pengupannya. Satu fakta yang perlu kamu tahu: kelembapan bekerja seperti magnet pada area yang sangat kering.


    Bagaimana cara menggunakan face mist yang tepat?





    Tapi jangan terburu-buru menyingkirkan koleksi produk face mist-mu, girls! Rouleau memberikan tips menggunakan face mist agar kamu mendapatkan manfaat kelembapan yang optimal, yaitu dengan menyemprotkan setelah tahap mencuci wajah. Idealnya, cara terbaik untuk mengaplikasikan face mist adalah dengan menyemprotkannya pada kapas, lalu usapkan secara merata. Trik ini juga mengangkat klorin, garam, dan mineral pada kulit, yang membuat wajah semakin kering. 

    Setelah mengusapkan kapas pada kulit, semprotkan face mist pada wajah agar benar-benar terasa lembap. Lalu, lanjutkan pada tahap penggunaan skincare yang lainnya dan ditutup dengan moisturizer. Sebaiknya, kamu memilih produk moisturizer yang memiliki formula protective emollient atau oil, sehingga benar-benar melapisi kulit dengan sempurna. 

    Note: produk moisturizer berbahan dasar air tidak bekerja terlalu efektif


    So, apa kandungan face mist terbaik?

    Jika memiliki jenis kulit kering, Rouleau menyarankan untuk menggunakan produk essence yang bisa melapisi kulit dengan kelembapan lebih baik. Jika memiliki jenis kulit wajah normal atau cenderung berminyak, kamu dapat memilih produk face mist berbahan dasar black raspberry seed oil serta vitamin B3. Jangan sampai salah, ya!


    (Kissy Aprilia, Photo by Ishan @seefromthesky on Unsplash)