Lifestyle

Yuk, #BeraniBersuara di Women's March Jakarta 2019!

  by: Shamira Priyanka Natanagara       25/4/2019
  • Pada hari Sabtu (27/04) nanti, Women's March Jakarta akan kembali menggelar aksi pawai untuk menuntut keadilan dan pemenuhan hak asasi manusia (HAM). Melihat banyaknya isu berbasis gender di negara ini, para perempuan Jakarta berusaha untuk speak up demi hak mereka serta hak perempuan Indonesia lainnya. Girls, apakah kamu akan menjadi salah satu peserta pawai akbar ini? Jika belum tahu apa itu Women's March dan mengapa aksi ini patut diikuti, simak artikel berikut!


    Sejarah Women's March




    Women's March pertama kali diadakan pada Januari 21, 2017 di Washington DC, Amerika Serikat sebagai bentuk protes terhadap Presiden Donald Trump. Sebagian masyarakat Amerika Serikat tidak setuju dan marah akan pernyataan-pernyataan Trump yang diskriminatif, serta program kerjanya yang tidak mementingkan hak kaum minoritas. Untuk memperjuangkan hak mereka, ratusan ribu warga Amerika Serikat ramai-ramai turun ke jalan. 

    Women's March memang berpusat di Washington DC, tapi pada hari yang sama, pawai ini juga diselenggarakan di beberapa kota lainnya, termasuk New York City, Los Angeles, dan Chicago. Lebih dari 400.000 orang ikut serta dalam Women's March di Washington DC, dan total peserta Women's March dari seluruh kota di Amerika Serikat mencapai sekitar empat juta orang. Banyak sekali, ya!



    Tentang Women's March Jakarta 2019

    Ingin turut bersuara, warga Jakarta melaksanakan Women's March Jakarta pada 4 Maret, 2017, dan sejak itu pawai akbar ini telah menjadi acara tahunan. Tahun ini, Women's March Jakarta akan dilaksanakan pada 27 April mendatang. Perlu diketahui bahwa Women's March Jakarta ini bukan semata-mata aksi pawai saja, lho. Dengan bantuan 50 organisasi dan komunitas lokal, telah dirancang beberapa tuntutan yang akan diajukan kepada pemerintah. Berikut adalah sepuluh tuntutan Women's March Jakarta 2019.

    Tuntutan Women's March Jakarta 2019

    Women's March Jakarta 2019 mulai pada pukul tujuh pagi di Hotel Sari Pacific, Sarinah. Dari titik tersebut, para peserta akan berpawai hingga ke Taman Aspirasi, Menteng. Jarak tempuhnya cukup jauh, yakni 1.6 kilometer, jadi jika kamu berencana untuk ikut, jangan lupa untuk membawa air minum agar tidak dehidrasi. Acara ini juga gratis dan terbuka untuk umum. Laki-laki yang ingin ikut serta melawan ketidaksetaraan gender pun diperbolehkan untuk berpartisipasi.




    Mengapa Kamu Patut Berpartisipasi dalam Women's March Jakarta?



    Diskriminasi terhadap perempuan atau ketidaksetaraan gender adalah isu yang marak di Indonesia. Isu ini adalah akar dari berbagai kejahatan berbasis gender, termasuk pelecehan seksual, kekerasan seksual, dan marginalisasi. Bahkan stereotip terhadap perempuan Indonesia yang masih melekat di masyarakat juga termasuk ketidaksetaraan gender, lho.

    Apakah kamu pernah dianggap remeh karena kamu perempuan? Atau mungkin pernah di-catcall saat sedang berjalan-jalan? Nah, hal-hal tersebut juga termasuk diskriminasi terhadap perempuan. Kesehari-harian kita tentu akan menjadi lebih nyaman jika bebas dari gangguan tersebut, dan sudah sepatutnya para perempuan Indonesia menyuarakan keluh kesahnya agar negara ini bisa menjadi lebih baik.

    Dengan tagline #BeraniBersuara, Women's March Jakarta mengajak warga Jakarta, bukan hanya perempuan saja, untuk menjadi lebih proaktif terhadap ketidaksetaraan gender. Yuk, ikut bersuara pada hari Sabtu nanti! Kamu pun dapat menjadi bagian dari perubahan, girls. 

    Kalau tidak bisa ikut serta, jangan khawatir! Kamu bisa mendukung gerakan ini dengan membeli official merchandise Women's March Jakarta di Instagram Lapak Feminis Jakarta atau memberi donasi melalui halaman KitaBisa.


    (Shamira Natanagara / VA / Images: Dok. Women's March Jakarta)