Career

Ingin Mengirit Pengeluaran Setelah Gajian? Baca Tips Berikut

  by: Alvin Yoga       26/4/2019
  • Ah...hari gajian yang ditunggu-tunggu akhirnya datang juga. Inginnya sih menabung, tapi biasanya hanya menjadi wacana semata. Kamu termasuk yang malas menabung tapi ingin mengirit pengeluaran? Tak perlu khawatir. Cosmo punya tips untuk mengurangi pengeluaranmu. Here it is:


    1. Cek Internetmu



    Catat apa saja internet service provider yang tersedia di daerahmu, dan lihat mana yang termurah dengan layanan yang terbaik. Telepon providermu sekarang. “Katakan bahwa kamu ingin menutup layanan internet karena kamu menemukan layanan lain dengan harga yang lebih bersaing,” ujar ahli finansial sekaligus pengarang buku Broke Millennial, Erin Lowry. Biasanya, mereka akan berusaha agar kamu tetap berlangganan dengan menawarkan harga yang lebih menarik.


    2. Lihat Kembali Rencana Liburanmu

    Berencana untuk pelesir? Jangan malas untuk mengecek website yang menawarkan potongan harga, baik untuk hotel maupun pesawat. Sebut saja Nusa Trip, Agoda, Traveloka, Pegi Pegi, Tiket.com, Trivago, dan lainnya. Sedikit bocoran: jika tanggal pelesirmu fleksibel, last-minute bookings justru lebih menguntungkan, karena harganya akan jauh lebih murah. Ingat, tak ada pesawat atau hotel yang ingin fasilitasnya kosong begitu saja.


    3. Gym Memberships

    Kebanyakan orang akan mencatat satu persatu harga untuk berlangganan gym di berbagai lokasi, lalu membandingkan mana yang termurah. Ha! Ini sih cara lama. Here’s a pro tip: di akhir bulan, lewati gym yang memang sudah kamu incar (biasanya dekat dengan kantor atau rumah untuk menghemat biaya transportasi), dan biarkan sales-nya menawarkan kamu program membership. Katakan bahwa kamu tertarik jika mereka bisa memberikan harga yang lebih bersaing. Biasanya untuk mencapai target bulanan yang diinginkan, mereka akan memberikan harga yang lebih menarik. Psst, peluangnya akan lebih besar jika kamu membawa rekan.




    4. Biaya Lain yang Menyebalkan

    Semisal, biaya tahunan kartu kredit bisa kok dinegosiasikan. Telepon layanan kartu kreditmu dan katakan, “Saya ingin menutup kartu kredit saya, karena terhitung bulan depan akan ada tagihan tahunan,” saran Julian Mark Kheel, penulis senior di The Points Guy. “Seringnya, jika kamu ‘rajin’ menggunakan kartu kredit tersebut, pihak bank akan memberimy gratis biaya tahunan selama jangka waktu tertentu.”


    Jadi, sudah siap memangkas pengeluaranmu untuk menambah pundi-pundi uang bulan ini?


    (Alvin Yoga / FT / Image: Dok. Outnow.ch)