Career

Ini Keuntungan Memiliki Kartu Kredit Bagi Milenial

  by: Alvin Yoga       27/4/2020
  • Sebagai milenial yang hidup di zaman serba digital seperti sekarang ini, memiliki kartu kredit merupakan suatu hal yang penting. Apalagi banyak transaksi online kini membutuhkan kartu kredit sebagai bentuk pembayaran. Semisal, untuk aktivitas belanja daring yang kini menjadi salah satu kegiatan favorit para milenial. Menurut survei Social Research dan Monitoring Social, Kadin, Kemkoninfo, Accenture pada tahun 2015, dari seluruh pengguna internet di Indonesia, 77 persen di antaranya menggunakan internet untuk belanja online.


    Kartu kredit di kalangan milenial

    Menurut data yang dikeluarkan oleh Bank UOB Indonesia pada 2018 lalu, belanja milenial saat ini berkontribusi sekitar 30 persen dari total transaksi kartu kredit UOB Indonesia. Di antara sekian banyak kategori, transaksi untuk belanja online menjadi salah satu kategori pengeluaran terbesar nasabah kartu kredit UOB Indonesia.



    Survei yang dilakukan oleh Strategi Nasional Keuangan Inklusif (SNKI) Indonesia membenarkan pernyataan tersebut. SNKI menyebutkan bahwa penggunaan uang elektronik pada tahun 2018 meningkat hingga 4 kali lipat dibanding dua tahun sebelumnya. Dan, berdasarkan studi Next Cashless Society oleh Ipsos Indonesia pada tahun 2019, jumlah transaksi nontunai bahkan kini mencapai 4,7 juta transaksi dengan total sebesar Rp128 triliun.

    Penasaran mengapa bisa bertumbuh sebesar itu? Berdasarkan studi mengenai kartu kredit yang dilakukan oleh Drazen Prelec, Guru Besar MIT, beban psikologis saat membayar lewat kartu kredit ternyata lebih ringan daripada uang tunai. Hal inilah yang membuat kaum milenial senang melakukan transaksi lewat kartu kredit. Bahkan, menurut data yang dikeluarkan oleh visa, dalam hal berbelanja, 70 persen dari generasi milenial bahkan kini sudah mulai meninggalkan pembayaran secara tunai dan beralih ke kartu kredit atau debit.


    Keuntungan memiliki kartu kredit

    Jujur saja, di zaman serba modern seperti ini, memang sulit jika kamu tidak memiliki setidaknya satu kartu kredit. Pasalnya, ada banyak manfaat yang bisa didapat dengan memiliki kartu kredit. Mulai dari mencicil gadget terbaru (tak mau, kan, FOMO dengan smartphone yang ketinggalan zaman?) sampai belanja online. Berdasarkan riset yang dilakukan oleh JakPat Mobile Survey bersama dengan Brilio.net, dibandingkan dengan kartu debit, kartu kredit merupakan salah satu bentuk pembayaran yang lebih favorit. Sebanyak 63% milenial bahkan mengakui kebutuhan mereka akan kartu kredit, baik untuk menikmati program diskon, cicilan, hingga cadangan untuk keadaan darurat.

    Meski begitu, 66% milenial mengaku masih kesulitan mengetahui kartu kredit mana yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Nah, untuk yang satu ini, tak perlu khawatir, ada satu kartu kredit yang bisa menjadi opsi pilihan kamu. PT Bank UOB Indonesia (UOB Indonesia) telah meluncurkan kartu kredit UOB YOLO Card (“You Only Live Once”), sebuah kartu kredit yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan segmen milenial Indonesia berusia 21 – 35 tahun yang mandiri secara keuangan dan menyenangi gaya hidup praktis serta modern.




    Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dari kartu kredit UOB YOLO Card:



    1. Free Annual Fee

    Iuran Tahunan Gratis? Pastinya, dong! Cukup belanja minimal 1 satu kali setiap bulan senilai Rp 100.000,- per transaksi sejak kartumu disetujui.

    2. Free Grab Rides

    Gratis voucher Grab Rp20 ribu (ke mana pun!) setiap melakukan 5 kali transaksi ritel per bulan dengan nilai minimal Rp100 ribu per transaksi, berlaku kelipatan.

    3. 0% Travel Installment

    Mau liburan seru tapi tabungan belum cukup? Kini liburanmu bisa terwujud dengan YOLO Card. Kamu bisa menggunakan cicilan 0% hingga 6 bulan untuk pemesanan hotel & travel di dalam maupun di luar negeri, baik online maupun travel agent. Fitur ini berlaku dengan transaksi minimum sebesar Rp 1.000.000,-.

    4. Contactless

    Cukup TAP YOLO Card, transaksimu akan lebih cepat. Psst, kamu bahkan cukup tap kartunya untuk digunakan di MRT dan bus di Singapura!

    5. Daily deals

    Penawaran menarik SETIAP HARINYA untuk kamu! Potongan harga untuk pembelian kopi di hari Senin, diskon untuk online shopping di hari Selasa (termasuk cicilan 0% hingga 12 bulan di berbagai situs jual beli online, oh yes!), potongan harga untuk pembelian tiket nonton di hari Rabu, diskon untuk beauty and wellness di hari Kamis, serta potongan harga di berbagai restoran untuk Jumat, Sabtu dan Minggu. Brb, we are making one now!


    By the way, UOB YOLO Card juga memiliki tampilan desain yang unik, lho! Dengan teknologi Quick Read, yaitu penyusunan 16 digit nomor kartu secara vertikal, memudahkan kamu untuk membacanya saat melakukan transaksi online. Kini meski #dirumahaja, transaksi online jadi lebih mudah dengan UOB YOLO Card. Belum punya UOB YOLO Card? Tunggu apalagi! Apply sekarang di www.uob.co.id dan nikmati berbagai kesitimewaanya. YOLO Card, kartu kredit cool untuk kamu para milenial yang smart, confident, dynamic dan fun. Selamat membuat kartu kreditmu, dear!


    (Alvin Yoga / FT / Image: Dok. Leisarà on Unsplash, UOB Indonesia )