Better You

10 Video Yoga yang Bisa Ditonton di YouTube

  by: Givania Diwiya Citta       1/4/2020
    • Mulai dari 15 Maret 2020, pemerintah Indonesia mengimbau masyarakat untuk belajar, bekerja, beribadah di rumah untuk menekan penyebaran virus Corona.
    • Selama #dirumahaja, kamu bisa menonton video yoga berikut untuk olahraga di rumah. 

    Meski sedang mengkarantina diri di rumah, bukan berarti kamu jadi tak melakukan apa-apa, ya, girls. Apalagi perihal olahraga, tak perlu yang maksudnya intense body workout, yang penting kamu tak kehilangan momentum untuk bergerak. Salah satunya lewat yoga. Cosmo pun merangkum daftar 10 video yoga yang bisa ditonton di YouTube, dan bisa kamu praktikkan di rumah. Hei, bahkan ada yang tak menuntut kamu untuk turun dari kasur, lho. Check ‘em out!


    1. Untuk kamu yang baru akan menjajal yoga





    Halo calon yogi, coba ikuti kelas virtual yoga for beginner dari YogiApproved.com dan dipimpin oleh Ashton August sebagai instrukturnya. Kamu akan memelajari berbagai pose dasar yang biasanya sering ditemui dalam kelas yoga tipikal. Hingga kamu bisa melatihnya secara aman dan efektif cukup dalam 30 menit saja.


    Baca Juga: 10 Keuntungan Kesehatan lewat Latihan Yoga Setiap Hari


    2. Untuk kamu yang ingin olahraga keras



    Jika kamu sudah terbiasa berlatih yoga dan rindu mengucurkan keringat deras karena harus melakukan self-quarantined, maka coba tonton sesi sepanjang satu jam ini yang akan menguatkan core kamu. Mulai dari boat pose, single-leg balance, planks, say hello to the sweet sweats!


    3. Untuk kamu pencinta chakra



    Dalam yoga, chakra adalah energi yang bertitik sepanjang tulang punggung hingga mahkota kepala, seperti mengutip dari Chopra Center. Dalam tradisi Hindu, setiap poin diasosiasikan terhadap organ bahkan emosi tertentu. Dan sesi workout 40 menit ini akan berfokus pada root chakra, yang terhubung dengan stablilitas dan rasa aman. 


    Baca Juga:  4 Persiapan Sebelum Melakukan Yoga


    4. Untuk kamu yang ingin meningkatkan vitalitas, ehm, seksual



    Yes, bb, yoga is offering more than we basically asked for. Sesi olahraga lembut selama 30 menit yang bisa dilakukan di rumah ini akan berfokus membuat pinggang yang kaku menjadi relaks. Latihan pernapasannya pun akan membantu kamu lebih tenang, dan mengalirkan kembali aliran darah pada semua organ penting yang mempengaruhi seksualitas. Hei, jika kamu takut dilabeli awkward oleh orang lain, lakukan saja privat di dalam kamar, karena komputer kamu tidak akan menghakimi kamu, kok.


    5. Untuk leher dan bahu yang pegal saat bekerja



    Ambil jeda istirahat selama sembilan menit saja untuk menonton dan mempraktikkan latihan yoga dari Candace, yang akan berfokus membuat leher dan bahu kamu relaks kembali. Karena, akui saja, saat kamu bekerja dari rumah, rute mobilitas kamu semakin pendek (alias dari kamar, menuju kamar mandi, menuju kulkas, menuju kamar lagi). Maka dari itu stretching pun dibutuhkan, bahkan bagian terbaiknya, kamu tetap bisa melakukannya sambil duduk di kursi kerja kamu.


    Baca Juga: Ini 10 Aktris Indonesia yang Jago Yoga




    6. Untuk kamu yang sama sekali tak mau beranjak dari kasur



    Oke, oke, Cosmo mengerti betapa kuatnya magnet kasur itu pada tubuh. Maka dari itu, coba ikuti sesi gentle yoga in bed selama 20 menit ini. Hampir semua posenya adalah berbaring atau duduk di kasur, namun kamu tetap akan dapat stretching maksimal dari semua posenya. Bonusnya, suara instruktur ini mirip dengan Shailene Woodley. Wake up after this, you sexy sleepyhead!


    7. Untuk kamu yang berambisi membentuk otot



    Bersiap untuk melakukan semua jenis plank! Meski durasinya hanya selama delapan menit, tapi sesi cardio abs yoga workout ini akan membakar otot dan menguatkan core kamu. Coba praktikkan kelas ini rutin sekali seminggu, and you’ll be toned up!


    8. Untuk kamu yang rindu kardio menari



    Siapa bilang yoga tak bisa funky? Coba ikuti sesi hibrida dari dance yoga yang dikombinasikan dengan gerakan fitness ini. Selama 30 menit, kamu akan berlatih nafas, teknik, dan penguatan terhadap organ pelvic. Dance and workout to the rhythm!


    Baca Juga: Lakukan 5 Hal Ini Sebelum Anda Coba Yoga


    9. Untuk kamu yang berulang tahun



    Jika kamu bertanya-tanya, apa hubungannya ulang tahun saya dengan yoga?! Maka kamu perlu tahu bahwa birthday yoga ternyata adalah permintaan yang banyaaak diterima oleh Adriene dalam channel YouTube miliknya, Yoga with Adriene. Siapa yang menyangka yoga jadi hadiah ulang tahun hebat? Apalagi jika kamu, hei, birthday gal yang masih harus menjalani karantina diri, coba ikuti sesi yoga mudah selama 27 menit ini. Dengan pose seperti cat and cow, pigeon, dan beberapa warrior, selamat merasa cantik dan terlahir kembali, bday queen!


    10. Untuk kamu yang ingin mengakhiri hari panjang dan berat



    Jika kamu mengalami hari dan pekerjaan yang cukup membuat level stres dan kegelisahan naik, coba berlatih yoga sebelum tidur dengan panduan dari video ini. Selama 30 menit, kamu akan diajak stretching untuk melepaskan semua rasa stres dan resah hari ini lewat pose menenangkan seperti happy baby pose, spinal twist, dan tentunya, Savasana yang pamungkas.


    (Artikel ini diadaptasi dari cosmopolitan.com / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Givania Diwiya / Image: Elly Fairytale from Pexels)