Lifestyle

Lakukan 9 Hal Ini Setelah Pergi Keluar Saat Pandemi Corona!

  by: Giovani Untari       1/4/2020
    • Mari lakukan 9 kebiasaan ini setelah berpergian dan pulang ke rumah di musim pandemi virus Corona.
    • Cara ini bermanfaat untuk mencegah penularan virus Corona ke anggota keluargamu!


    Di tengah merebaknya pandemi virus corona, rasanya tak ada tempat yang lebih aman dibandingkan rumah bukan, dear? Maka pemerintah Indonesia juga ikut menghimbau agar masyarakat lebih baik berada #DiRumahAja demi menekan tingginya angka penyebaran virus Corona.

    Hanya saja tak sedikit dari kita yang masih harus keluar rumah untuk bekerja, pergi ke rumah sakit untuk mendapat pelayanan kesehatan, atau harus membeli kebutuhan pokok yang semakin menipis di rumah selama social distancing. Untuk itu Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkoinfo) pun merilis sejumlah langkah-langkah yang bisa kamu tempuh setelah berpergian dan pulang ke rumah di musim pandemi Corona. Langkah baik ini semoga membantu penyebaran virus Corona di sekitar kita. 





    Ini dia 9 hal yang wajib kamu lakukan saat pulang ke rumah setelah berpergian di musim virus Corona:


    1. Lepas Alas Kaki Sebelum Masuk ke Rumah

    Seperti yang kita semua ketahui virus corona menular dari percikan dari batuk, bersin, dan ludah dari penderita COVID-19. Meski tidak menular melalui udara terbuka, hanya saja menurut penelitian dari The Journal of Hospital Infection virus Corona bisa menempel dan bertahan hidup di sejumlah tempat seperti: logam, kaca, kertas, kayu, plastik selama 2 jam - 9 hari. Dan kita tidak pernah tahu bukan apa yang kita sentuh atau injak benar-benar bersih atau sebaliknya? Untuk menghindari virus masuk dan menempel ke rumah, sebaiknya setelah berpergian kamu sebaiknya melepas alas kaki sebelum masuk ke rumah.


    2. Buang Tanda Terima Pembelian serta Kertas yang Sudah Tak Terpakai

    Struk kertas yang dihasilkan setelah berbelanja atau lainnya, sebaiknya pun segera kamu buang jika sudah tidak terpakai. Ini lagi-lagi untuk mencegah agar kertas dan tanda terima pembelian tersebut tidak menjadi media bagi virus Corona menempel dan hidup di sana.


    3. Hancurkan Masker Sekali Pakai dan Buang dengan Benar ke Tempat Sampah

    Badan Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO menganjurkan agar masyarakat menggunakan masker saat hendak batuk atau bersin. WHO juga menginformasikan masker sebaiknya digunakan bagi kamu yang sehat namun sedang merawat pasien yang mungkin terinfeksi COVID-19. Segera buang masker sekali pakai yang digunakan dan jangan memakainya hingga berulang kali!

    Hancurkan masker dengan cara mengguntingnya lalu beri lapisan tisu sebelum dibuang. Buang masker sekali pakai ke dalam tempat sampah tertutup dan cuci tanganmu setelahnya untuk mencegah penyebaran virus Corona.


    Baca Juga: Ini Beberapa Alternatif Jika Kamu Tidak Memiliki Masker N95


    4. Semprotkan Alkohol dan Disinfektan pada Smartphone, Pakaian, Tas, Kacamata, Kunci, dll


    Centers for Disease Control and Prevention menyebut bahwa selain mencuci tangan, Anda juga bisa membersihkan benda di sekitar Anda menggunakan alkohol (terutama yang mengandung kadar 60% ke atas) atau menyemprotkan cairan disinfektan untuk mencegah virus Corona hidup dan menempel pada benda-benda di sekitar Anda. Untuk itu sebaiknya saat pulang, Anda pun menyemprotkan alkohol atau disinfektan ke permukaan benda-benda yang Anda bawa selama berpergian.

    Meski begitu, berdasarkan informasi dari WHO Anda dilarang menyemprotkan cairan disinfektan ke seluruh tubuh dengan tujuan membunuh virus!Menyemprot bahan kimia seperti alkohol atau klorin dapat berbahaya bila terkena selaput lendir (seperti mata, hidung, dan mulut). Jadi pastikan menyemprotnya pada permukaan benda saja dan sesuai petunjukmya.




    Baca Juga: Amankah Penyemprotan Disinfektan untuk Basmi Corona?


    5. Masuk ke Rumah Tanpa Memakai Alas Kaki

    Setelah melepas alas kaki ini saatnya Anda masuk ke rumah. Tak ada salahnya juga untuk ikut mencuci kaki agar memastikan kondisi Anda lebih bersih.


    6. Cuci Tangan Menggunakan Sabun dan Air


    Salah satu cara terbaik untuk mencegah penularan virus Corona adalah dengan cara rajin mencuci tangan. Cucilah tangan menggunakan sabun dan juga air mengalir selama 20 detik dan bersihkan tangan hingga ke sela-sela jari dan kuku.


    Baca Juga: Ini Alasan Cuci Tangan Lebih Efektif dari Hand Sanitizer


    7. Jangan Rebahan Sebelum Mandi

    Sure, kita pasti senang bukan bersantai sejenak (dan rebahan!) saat tiba di rumah untuk melepas lelah. Hanya saja di musim pandemi Corona seperti saat ini, kegiatan tersebut sebut harus kita tunda sejenak. Hindari berbaring atau rebahan sebelum mandi, sebab bisa saja virus Corona ternyata menempel pada permukaan pakaianmu dan berakhir dengan menempelkannya ke permukaan benda lain yang berisiko menularkannya ke anggota keluargamu jika terkena hidung, mulut, atau mata mereka. Hell no!


    8. Lepaskan Pakaian Kotor dan Segera Cuci dengan Dipisahkan dari Baju Lainnya

    Another prevention for COVID-19! Segera lepaskan pakaian yang kamu gunakan setelah berpergian hari itu, rendam lalu cuci dengan menggunakan deterjen agar membuatnya bersih. Pisahkan pula pakaian kotor tersebut ke wadah yang berbeda saat pencucian agar tak bercampur dengan pakaian anggota keluarga lainnya. 


    9. Mandi dengan Bersih


    Setelah membersihkan segala benda yang menempel di tubuhmu saat berpergian, ini saatnya kamu membersihkan tubuh dengan cara mandi. Mandi menggunakan air dan sabun juga menjadi cara terbaik untuk menghilangkan bakteri, kotoran, dan virus yang menempel pada kulitmu. Jangan lupa untuk melakukan keramas juga ya, agar rambutmu juga terjaga kebersihannya.

    Stay healthy everyone!


    (Giovani Untari / Images: Tenor.com, Unsplash.com)