Lifestyle

7 Rekomendasi Podcast Lokal Anti Bosan di Rumah

  by: Alexander Kusumapradja       2/4/2020
  • Cosmo babes, di masa social distancing dan karantina akibat pandemi virus Corona ini, kamu kangen tidak sih rutinitas mendengarkan siaran radio ketika di jalan atau terjebak macet? Well, kalau jawaban kamu adalah iya, salah satu solusi pengobat kerinduan itu adalah mendengarkan podcast di platform streaming yang sudah banyak tersedia.

    Bila bosan mendengarkan musik atau menatap layar, mendengarkan podcast juga seru karena bisa didengarkan sambil mengerjakan yang lain selayaknya memasang radio. Tak sekadar asal cuap-cuap, banyak podcast yang berisi obrolan atau topik inspiratif yang menambah wawasan atau memperluas pikiran kita. Tak terkecuali podcast dari dalam negeri sendiri, lho. Berikut adalah beberapa rekomendasi podcast lokal yang bisa menghilangkan rasa bosan kamu berdiam di rumah. Happy listening, girls!




    1. Rapot

    Suara-suara di balik podcast ini rasanya sudah tak asing lagi di telinga karena semuanya pernah menjadi penyiar dan produser radio profesional, yaitu Reza Chandika, Ankatama, Radhini Aprilya, dan Nastasha Abigail dan karena itu juga flow obrolan mereka terasa mengalir dan seru selayaknya mendengarkan acara radio. Lebih dari 10 tahun berteman dan sempat sibuk karena aktivitas masing-masing, keempatnya memutuskan untuk meluncurkan RAPOT agar dapat berkumpul kembali dan memiliki waktu berkualitas bersama. Topik obrolan podcast ini sendiri cukup random dan dekat dengan kehidupan sehari-hari seperti membicarakan soal tetangga yang suka judge (haha!), curhat soal asmara, pengalaman-pengalaman masa kecil, hingga soal kuliner favorit. Saat artikel ini ditulis, RAPOT sudah punya 55 episode yang selalu diunggah setiap hari Kamis.


    Baca Juga: Lakukan Aktivitas Seru Ini Saat Physical Distancing



    2. Suara Puan

    Podcast ini merupakan hasil pemikiran Stefany Chandra, seorang penulis dari Jakarta yang sebelumnya lebih dulu populer sebagai founder akun @Kata.Puan di Instagram yang berisi tulisan-tulisan penggugah pikiran dan motivasi. Akun Kata Puan telah memiliki lebih dari 300 ribu pengikut dan setelah ia diundang sebagai pembicara dalam podcast temannya, Stefany pun memutuskan untuk memulai podcast-nya sendiri dengan nama Suara Puan yang menggabungkan tulisan, narasi, dan efek suara untuk menciptakan apa yang ia sebut sebagai pengalaman perasaan. Podcast ini pun rutin di-update setiap hari ganjil jadi kita tak akan bosan menunggu konten baru dan Stefany juga menerima submisi tulisan atau audio puisi dari pendengar. Cocok didengarkan saat kita sedang down atau sedang ingin merenung.



    Baca Juga: Yuk, Dengarkan Podcast Terbaru Cosmo: Single, Swipe, Repeat!

    3. PODKESMAS

    Hampir mirip seperti RAPOT, empat orang di balik PODKESMAS (Podcast Kesehatan Masyarakat) ini juga punya latar sebagai penyiar TV dan radio, bedanya mereka semua adalah laki-laki yaitu Ananda Omesh, Imam Darto, Surya ‘Insomnia’, dan Angga Nggok yang secara ceplas-ceplos bicara tentang aspek kehidupan apa saja. Dengan chemistry yang mengalir dan apa adanya, mendengarkan podcast ini seperti mendengarkan sebuah geng cowok lagi nongkrong dan becanda dengan bahasa yang bebas dan mengocok perut. Psst… Kita juga jadi bisa tahu sudut pandang para pria tentang berbagai hai, termasuk soal fantasi seksual mereka.




    4. Kejar Paket Pintar

    Nah, kalau kamu mau mendengarkan beragam topik dari sudut pandang perempuan, podcast Kejar Paket Pintar yang digawangi oleh Laila Achmad dan Dara Hanafi ini bisa menjadi pilhan yang oke. Keduanya mengangkat topik-topik relatable bagi para perempuan yang banyak berhubungan dengan gender dan feminisme seperti kekerasan seksual dan hak-hak perempuan. Namun tak melulu soal yang serius, mereka juga sering bicara tentang fenomena pop culture, entertainment, dan mengundang bintang tamu yang menarik.


    5. Podcast Raditya Dika (PORD)

    Sosok Raditya Dika tentu tidak asing lagi di dunia kreatif. Apapun mediumnya, entah itu vlog YouTube, tulisan, film, atau stand up comedy, hingga sekarang podcast, Raditya Dika memang seperti memiliki sentuhan emas dan kreatif dalam semua hal yang ia kerjakan. Sepanjang perjalanan kariernya, Raditya pun berkenalan dengan sosok-sosok inspiratif dari berbagai latar belakang dan industri. Melalui PORD ini, ia menghidupkan kisah dan komentar mereka tentang isu terkini yang dibalut dalam gaya komedi khas Raditya Dika. Di episode terbaru saat artikel ini ditulis, Raditya Dika mengundang financial trainer terkenal Ligwina Hananto untuk bicara soal mengatur keuangan di tengah wabah Corona. Isu penting nih!


    6. Do You See What I See? (DYSWIS)

    Untuk penggemar cerita horor, pilihan podcast bertema horor sudah semakin banyak dan bisa dipilih sesuka kamu. Salah satu pelopor podcast horor lokal adalah Rizky Ardi Nugroho yang sebelumnya adalah seorang pengusaha kuliner dan beras organik yang kini beralih menjadi podcaster. Sempat viral di media sosial ketika membagikan pengalaman mistis yang ia alami dengan nama alias Mizter Popo, Rizky pun membuat podcast DYSWIS ini untuk memuaskan dahaga para pecinta horor. Ia aktif mengurasi, merekam, menambahkan efek suara, dan menghidupkan kisah-kisah tersebut dengan keahliannya sebagai storyteller sehingga cerita yang kamu dengarkan terasa lebih hidup dan membuat bulu kuduk bergidik. Yakin kamu berani mendengarkannya sendirian?


    Baca Juga: 5 Rekomendasi Podcast Horror Lokal yang Bikin Merinding!


    7. Menjadi Manusia

    Podcast ini bermula dari rasa frustrasi ketiga sahabat yaitu Rhaka Ghanisatria, Adam A. Abednego, dan Levina Purnamadewi terhadap hal-hal negatif yang mereka temui di dunia digital. Mereka pun membuat podcast Menjadi Manusia dengan maksud sebagai ‘ruang bernaung’, di mana siapa pun bisa menunjukkan kerapuhan mereka dan berbagi perspektif tentang bagaimana mereka melaluinya. Semangat dan motivasi positif yang termuat di setiap episodenya disajikan dengan cukup singkat namun lebih dari cukup untuk membuatmu semangat kembali dalam menjalani hidup.


    (Alex.K/Image: Juja Han on Unsplash)