Celebrity

Buat Lelucon April Fools' Tentang Corona, Jaejoong Dikritik

  by: Shamira Priyanka Natanagara       1/4/2020
  • Ketika Kim Jaejoong dikabarkan mengidap virus corona atau COVID-19 yang sedang mewabah, tentu saja Cosmo langsung tekejut. Sejumlah petinggi dunia, atlet, dan seleb dari seluruh dunia telah mengonfirmasi bahwa mereka tertular virus tersebut, di antaranya Pangeran Charles, Idris Elba, Tom Hanks, dan aktris tanah air Andrea Dian

    Pada 1 April, aktor sekaligus personel boy group JYJ ini mengumumkan bahwa ia mengidap COVID-19 melalui akun Instagram pribadinya. Berdasarkan terjemahan oleh Soompi, ia mengatakan:

    "Saya telah terinfeksi COVID-19. Ini adalah hasil dari kelalaian saya, mengabaikan kata-kata peringatan yang dibagikan oleh pemerintah dan orang-orang di sekitar saya. 



    Tindakan seorang individu bisa memiliki pengaruh yang besar pada masyarakat secara keseluruhan. Saya minta maaf pada yang kemungkinan telah terinfeksi karena saya.

    Penilaian saya yang bodoh untuk hidup seakan-akan hal tersebut tidak bisa terjadi pada saya adalah mengapa saya seperti ini pada hari ini. Saya sedang dirawat di rumah sakit. Saya sedang sering merenungkan masa lalu saya dan merasa bersyukur dan menyesal. 

    Ada banyak yang ingin saya katakan. Ada banyak orang yang sangat ingin saya temui."


    Penggemar Jaejoong pun langsung menyuarakan kesedihan mereka melalui media sosial—sampai terungkap bahwa kabar buruk tersebut hanyalah sebuah candaan untuk merayakan April Fool's Day, yang jatuh pada 1 April setiap tahunnya, yang identik dengan tradisi membuat lelucon atau menipu orang-orang di sekitar. 

    Yup, tak lama setelah mengumumkan bahwa ia terjangkit COVID-19, Jaejoong mengubah caption postingan Instagram-nya, mengonfirmasi bahwa pengumuman tersebut hanyalah lelucon untuk merayakan April Fools'. Berikut pernyataannya:

    "Bagaimana jika orang-orang yang kita cintai, seseorang yang berharga bagi kita, mengidap virus tersebut?

    Itu adalah sebuah hal yang menyayat hati untuk dipikirkan.

    Meskipun begitu, banyak sekali orang berjalan-jalan dan menjalani hidup mereka tanpa menjaga diri, mengabaikannya... dan mengira itu tak akan terjadi pada mereka, dan itu membuat saya cemas bahwa keluarga dan teman-teman saya bisa menjadi sakit. Percaya bahwa kita dan orang-orang di sekitar kita akan tetap aman membuat kita dan semuanya yang ada di sekitar kita sakit.

    Kini, jumlah kenalan saya dan perwakilan industri dinyatakan positif. Ini bukanlah sesuatu yang jauh.



    Ketika kelalaian mengubah firasat sedih menjadi kenyataan, itu bukan sesuatu yang dengan mudah bisa diselesaikan dengan menyeka air mata.

    Tetaplah waspada saat ini.. Itulah yang saya katakan pada diri sendiri berulang kali.

    Meskipun ini telah menjadi terlalu berlebihan untuk April Fool's Day, banyak orang cemas akan diri saya dalam kurun waktu singkat.

    Oh... dan saya tidak merasa ini adalah sebuah lelucon April Fool's. Keluarga dan teman-teman saya sakit.. dan menderita.. Tak akan pernah!! hanya menjadi masalah orang lain. Saya inign memberi tahu bahwa menjaga diri saya adalah menjaga orang-orang yang berharga di sekitar kita.

    Saya akan menerima hukuman apa pun yang saya dapatkan dari postingan ini. Saya harap kalian semua sehat."

    Postingan tersebut telah dihapus dan, seperti yang bisa ditebak, Jaejoong langsung menjadi trending topic di Twitter dan para penggemar K-Pop pun mengkritik tindakannya. Sigh... Jaejoong, why?




    (Shamira Natanagara / Ed. / Opening image: Dok. Instagram/jj_1986_jj)