Beauty

Girls, Ini 7 Perawatan Tubuh yang Bisa Dilakukan di Rumah!

  by: Alexander Kusumapradja       4/4/2020
  • Di masa physical distancing dan karantina mandiri akibat pandemi virus Corona saat ini, salah satu rutinitas yang mungkin paling kita rindukan adalah merawat tubuh di spa atau salon kesayangan kita, ya kan? Rasanya kita tak sabar menunggu agar krisis ini segera berlalu dan mewujudkan daftar perawatan tubuh yang sudah kita tulis di bucket list masing-masing. Tetapi, kenapa harus menunggu kalau kita bisa melakukannya sekarang juga? Sembari berharap yang terbaik, beberapa macam perawatan tubuh ternyata bisa lho kita lakukan sendiri di rumah. Meskipun hasilnya mungkin tidak sememuaskan salon langganan, tapi patut dicoba. Berikut adalah beberapa perawatan tubuh yang bisa kita lakukan sendiri di rumah:




    1. Steam Wajah

    Steam alias menguapi kulit wajah punya manfaat membuka pori-pori dengan cara natural sehingga mampu menghilangkan tumpukan kotoran, minyak, dan sel kulit mati penyebab jerawat dan komedo yang tertimbun di lapisan kulit wajah. Uap hangat tersebut juga membantu meningkatkan sirkulasi aliran darah ke kulit wajah, menghidrasi, dan meningkatkan produksi kolagen yang membuat kulit wajah kita tetap tampak bersinar dan awet muda.

    Untuk melakukan perawatan ini di rumah, kita tinggal menyiapkan air hangat secukupnya (sekitar 4 sampai 6 gelas) ke dalam wadah seperti mangkuk besar lalu teteskan minyak aromaterapi, kemudian hadapkan wajah kita di atasnya selama beberapa menit. Agar uapnya lebih terkonsentrasi, kita bisa menutup kepala kita dengan handuk. Cara lainnya adalah mencelupkan handuk bersih ke air hangat tersebut hingga cukup menyerap lalu tempelkan di wajah kita sambil berbaring. Selain air jernih, kamu bisa mencoba menggunakan air teh yang kaya antioksidan dan memilih berbagai minyak aromaterapi seperti chamomile, lavender, eucalyptus, hingga jeruk.


    2. Masker Wajah

    Masker wajah baik yang berbentuk krim ataupun facial mask mungkin sudah menjadi bagian dari rutinitas perawatan kita di rumah sebelumnya. Namun, bagaimana bila persediaan kita habis dan mungkin kita ingin sedikit berhemat? Well, kita bisa memanfaatkan bahan yang ada di rumah. Beberapa resep masker wajah yang direkomendasikan antara lain: 

    Masker Oatmeal: Campur dua sendok teh oatmeal, satu sendok baking soda, dan air secukupnya hingga menjadi krim. Setelah itu kita tinggal bilas wajah sampai bersih dan rasakan sendiri efeknya yang membuat kulit wajah terasa kenyal tapi juga kencang.

    Masker Mentimun: Blender satu mentimun kecil dengan satu cangkir oatmeal hingga menjadi krim. Campurkan setiap satu sendok teh krim tersebut dengan satu sendok teh yogurt.

    Masker Madu: Cuci muka dengan air hangat terlebih dahulu untuk membuka pori-pori, lalu usapkan madu secara merata di wajah, diamkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air dingin untuk menutup pori-pori.

    Masker Lemon & Telur: Peras setengah bagian buah lemon dan campurkan air perasannya dengan satu putih telur yang sudah dikocok. Usapkan merata ke wajah lalu ditinggal tidur. Besok paginya, cuci muka dengan air hangat.


    3. Lulur Badan

    Lulur juga termasuk perawatan yang mudah dilakukan di rumah karena sudah banyak sekali produk lulur rumahan alias body scrub yang beredar di pasaran. Tapi lagi-lagi, kalau tidak mau boros, kita bisa manfaatkan beberapa bahan yang ada di dapur, mulai dari gula pasir, garam, bubuk kopi, dan bahan lainnya yang dicampurkan merata hingga berbentuk scrub. Salah satu resep yang bisa kamu coba adalah lulur lemon dan gula yang membuat kulit terasa fresh. Yang kamu butuhkan adalah minyak pilihanmu seperti minyak kelapa atau minyak zaitun, gula pasir, air perasan lemon (boleh yang dari buahnya langsung atau yang sudah berbentuk konsentrat) yang dicampur sesuai takaran yang pas agar berbentuk seperti scrub yang biasa kamu pakai. Kenapa lemon? Selain aromanya yang fresh, lemon juga punya khasiat antibakteri dan mencerahkan kulit. Namun, kamu pun bisa bereksperimen dengan bahan-bahan alami lainnya sesuai selera.




    4. Masker Mata

    Di masa Work From Home ini, menatap layar laptop seharian bahkan sampai larut malam bisa membuatmu jadi punya mata panda atau kantung mata kehitaman yang membuat wajah kita terlihat tidak segar dan terkesan lebih tua. Perawatan sederhana yang bisa kita lakukan di rumah adalah mengompres area mata dengan dua kantung teh yang sudah didinginkan di lemari es selama sekitar 10 sampai 20 menit. Selain membuat mata kita relaks, kandungan antioksidan pada teh juga mampu melawan iritasi, lingkar gelap, bengkak, dan mata merah.


    5. Masker Rambut

    Bila shampoo dan conditioner saja masih terasa kurang maksimal, ada beberapa resep masker rambut yang bisa kamu buat sendiri dan disesuaikan dengan masalah rambutmu.

    Rambut kering: Campurkan satu sendok teh madu, satu telur, satu sendok makan cuka apel ke mangkuk kecil hingga merata lalu usapkan merata ke rambut dan diamkan selama 30 sampai 40 menit sebelum dibilas bersih.

    Rambut berketombe: Campurkan dua sendok makan minyak kelapa, empat sendok teh gula pasir, lima tetes minyak aromaterapi, dua tetes minyak teh secara merata. Gunakan jari dan pijat lembut ke kulit kepala yang sudah dibasahi selama 1 sampai 3 menit. Ikat rambutmu atau pakai shower cap, lalu baru bilas bersih di akhir mandimu.

    Rambut beminyak: Campur satu putih telur dengan air perasan setengah buah lemon, usap merata ke rambut dari akar hingga ujung dan diamkan selama 30 menit hingga satu jam, lalu bilas dengan air hangat.


    6. Spa Kaki

    Tidak harus ke salon untuk melakukan foot spa, kamu bisa menyiapkannya sendiri dengan sesederhana merendam kaki dengan air hangat yang sudah dicampur garam selama 10 menit. Tapi kalau kamu mau yang lebih ekstra dan bikin kamu ingat dengan salon kesayanganmu, kamu bisa tambahkan beberapa batu kerikil bersih ke dalam mangkuk sebagai alat refleksiologi untuk memijat telapak kaki, campurkan beberapa tetes minyak aromaterapi favorit atau bunga-bunga segar seperti mawar dan melati. Rendam kakimu sekitar 15 sampai 20 menit sambil bersantai. Oh ya, penting juga untuk membangun mood yang relaks seperti di spa dengan mendengarkan lagu-lagu menenangkan dan lilin aromaterapi. Wah dijamin kamu bakal relaks banget dan merasa segar setelahnya.


    7. Eksfoliasi Bibir

    Bibir pecah-pecah memang mengganggu penampilan dan jangan karena kamu di rumah saja maka kamu tak memerhatikan hal ini ya, babes! Eskfoliasi bibir sekitar satu atau dua kali seminggu menjaga bibir kita kenyal, lembut, dan tentunya sehat. Resep eksfoliasi bibir yang bisa kamu lakukan di rumah adalah campuran satu sendok teh madu dengan dua sendok teh gula pasir yang dipijat lembut dan usap merata di bibir dan didiamkan selama sekitar 10 menit lalu dibilas bersih. Cara lainnya adalah mengoleskan lip balm favoritmu ke bibir dengan cukup tebal lalu dengan sikat gigi yang bersih pijat lembut dengan gerakan melingkar.


    (Alex.K/Image: Hanna Postova on Unsplash)