Beauty

Ini Cara Eksfoliasi Wajah Tanpa Membuat Kulit Kering

  by: Astriana Gemiati       4/4/2020
    • Eksfoliasi wajah sebaiknya dilakukan secara rutin agar sel kulit mati yang tidak sepenuhnya terangkat dapat turut dibersihkan sehingga wajah bersih maksimal.
    • Cosmo memberikan beberapa rekomendasi untuk produk eksfoliasi wajah yang bisa kamu coba.


    Pada dasarnya setiap orang tahu bagaimana cara membersihkan kulit wajah dengan menggunakan pembersih wajah, namun tahukah kamu bahwa selain itu kamu juga perlu melakukan eksfoliasi secara teratur? Selain membantu menghilangkan kulit mati, komedo, dan whiteheads, dengan eksfoliasi kamu juga akan mendapatkan tekstur kulit yang lebih halus dan bercahaya. Yuk, cari tahu selengkapnya perihal exfoliasi atau pengelupasan kulit di sini.




    Apa itu eksfoliasi?

    Eksfoliasi atau pengelupasan kulit adalah proses menghilangkan sel-sel kulit tua atau mati pada lapisan terluar kulit. Psst, tahukah kamu bahwa kulit kita secara teratur akan melepaskan sel-sel kulit mati setiap 30 hari atau lebih, namun ada beberapa sel kulit mati yang tidak sepenuhnya terangkat atau hilang. Inilah yang kemudian menyebabkan kulit menjadi "tersumbat" dan kurang merata ketika dibersihkan. Untuk mengatasi hal tersebut, diperlukan eksfoliasi secara teratur untuk bantu mencegah hal ini terjadi.



    Seberapa sering kamu harus mengeksfoliasi kulit wajah?

    Para ahli sepakat bahwa tiga kali seminggu seharusnya lebih dari cukup. Individu dengan kulit sangat sensitif dapat memilih sekali atau dua kali setiap tujuh hari. Sebelum kamu tergoda untuk eksfoliasi lebih sering, ketahuilah bahwa pengelupasan kulit berlebih juga dapat merusak penghalang kulit, dengan menciptakan retakan kecil yang pada akhirnya mudah menyebabkan peradangan atau dehidrasi kulit.


    Bagaimana cara yang tepat untuk mengeksfoliasi kulit wajah?

    Ada dua cara untuk eksfoliasi kulit, yaitu teknik fisik (alias mekanis) dan pengelupasan kimia. Saat melakukan eksfoliasi secara mekanis, kamu bisa membuat gerakan melingkar kecil dengan scrub yang lembut atau dengan alat eksfoliasi. Sedangkan untuk pengelupasan kimia, di sisi lain, hanya dilakukan dengan kapas yang bagus dan produk perawatan kulit yang penuh dengan bahan aktif.


    Eksfoliasi fisik seperti apa yang dapat digunakan untuk wajah?

    Produk dan alat yang dapat kamu gunakan untuk mengelupas wajah secara mekanis biasanya dirancang secara khusus, dan memiliki kandungan seperti beads, shells, dan kompenen abrasif lainnya yang dimaksudkan untuk membantu mengelupas lapisan teratas dermis.


    Berikut beberapa rekomendasi Cosmo yang bisa kamu coba:


    Mario Badescu Botanical Exfoliating Scrub, Rp510.000,-.

    Bertujuan untuk bantu memperbaiki kulit yang kusam, meminimalisir penumpukan kotoran, serta berikan hasil kulit tampak lebih muda. Formula kombinasi unik biji Ecuadorian Ivory Palm yang ditumbuk halus serta tumbuh-tumbuhan bergizi; termasuk jahe, gingko, teh hijau, lidah buaya, dan kelapa membantu menghaluskan dan menyempurnakan kulit. Formula lembutnya yang berbasis gel membantu mengelupas sel-sel kulit mati yang kusam untuk bantu mencegah jerawat dan tanda-tanda penuaan yang terlihat.


    Pond’s White Beauty Pearl Cleansing Gel

    Bersihkan sel kulit mati dan kotoran hingga ke pori-pori berkat kandungan pearl essence dan oxy-gel di dalamnya yang bantu buat kulit wajah tidak tampak kering dan kembali cerah, serta segar.




    Shiseido Waso Soft + Cushy Polisher, Rp485.000,-.

    Dear beauty junkies, produk eksfoliasi ini hadir dalam formula bahan kedelai yang bantu membersihkan kulit dan menjaga tampilan kulit sehingga tampak lebih halus dan lembut.







    FOREO Luna Mini 2, Rp2.370.000,-.

    Ucapkan selamat tinggal pada 99,5% kotoran berkat sikat silikon kecil namun perkasa yang secara lembut bantu mengelupas kulit kamu setiap kali mencuci wajah.


    Lalu, produk eksfoliasi kimia apa yang bisa digunakan?

    Tidak seperti eksfoliasi fisik, eksfoliasi kimia bekerja di luar lapisan atas. Bahan kimia seperti AHA, BHA, dan asam masuk ke dalam sel-sel kulit, dan pada prosesnya akan membantu mengeluarkan lapisan baru.

    Berikut beberapa produk rekomendasi Cosmo yang bisa kamu coba:

    Untuk kulit berminyak


    COSRX One Step Original Clear Pads, Rp213.750,-.

    Toner harian dalam bentuk bantalan kapas ini dapat membantu mengatur produksi sebum sambil memberikan eksfoliasi kulit wajah secara lembut berkat kandungan air kulit pohon willow dan betaine salicylate (sejenis BHA) yang sudah direndam sebelumnya.


    Untuk kulit berjerawat


    The Body Shop Tea Tree Squeaky Clean Scrub, Rp152.900,-.

    Kandungan tea tree di dalamnya mampu mengangkat kotoran dan membersihkan kulit tanpa menjadikannya kulit terasa kering. 


    Untuk kulit kering atau sensitif


    The Ordinary Lactic Acid 10% + Ha

    Kandungan Alpha hydroxy acid di dalamnya dapat membantu mengeksfoliasi kulit wajah. Formulasi 10% bantu memberikan eksfoliasi ringan yang cocok untuk kulit kering atau sensitif. Produk ini juga cruelty-free dan vegan-friendly.


    Untuk kulit normal


    L’Occitane, Reine Blanche Illuminating Scrub, Rp610.000,-.

    Memiliki tekstur yang lembut dan mampu bantu membersihkan kulit dari kotoran berkat formulasi reine blanche complex. Selain itu, produk ini juga membantu wajah terlihat lebih cerah, dan tekstur kulit wajah lebih tampak merata, lebih lembut, dan halus.


    (Astriana Gemiati, Image: sonjachnyj©123RF.com, Dok. Cosmo)