Lifestyle

Memiliki Kuku Panjang Lebih Berisiko Tertular Virus Corona

  by: Kissy Aprilia       4/4/2020
  • Pademi virus corona telah mengubah kehidupan di dunia secara dramatis. Pemerintah secara resmi menutup tempat publik di sejumlah kota, World Health Organization menghimbau semua orang untuk menerapkan social & physical distance, dan saat ini hampir semua warga di setiap negara sedang mengisolasi diri dirumah masing-masing, sebagai bentuk pengendalian penyebaran virus tersebut. 


    Para dokter juga mengungkapkan bahwa mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir adalah salah satu langkah perlindungan terbaik untuk membersihkan kuman dari tubuh. Apakah kamu sudah melakukannya? Well, kalau kukumu masih panjang, berarti masih ada kemungkinan bagi kuman untuk bersembunyi di celah-celahnya. BIG NO, NO!





    Institusi Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menjelaskan sebuah aturan untuk menjaga kebersihan kuku yaitu menjaganya tetap bersih, pendek, serta tidak menggunakan nail extensions. Awalnya, aturan ini menjadi pedoman untuk para ahli kesehatan (dokter atau perawat), namun sekarang berlaku dan sangat disarankan untuk semua orang. Menurut CDC, kuman dapat hidup di bawah kuku yang panjang (and yes, your nail extension) meski telah dicuci dengan sabun atau hand sanitizer berbahan dasar alkohol.


    Sementara itu, CDC menambahkan bahwa celah di antara ujung jari dengan kuku yang panjang dapat menjadi tempat berkembang biaknya kuman dan bakteri. Menurut CDC pula, sebaiknya kamu tidak memanjangkan kuku lebih dari ¼ inci (0,5 cm). Kamu juga tidak disarankan untuk menggunakan cincin secara terus-menerus, karena beberapa penelitian menunjukan bahwa kulit di bawah cincin menimbun lebih banyak kuman dibanding area jari lainnya. 





    Kuman juga dapat bersembunyi di celah gel nail yang sudah mulai retak dan terkelupas. Jadi, berikan perhatian khusus pada jari jemarimu: selalu mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menjaga kuku tetap pendek, membersihkan sisa nail art, serta jangan menggunakan aksesori. 


    (Kissy Aprilia, images: Allie Smith on Unsplash)