Lifestyle

Museum MACAN Bisa Dikunjung Secara Virtual Dari Rumah!

  by: Kezia Calesta       4/4/2020
    • Museum MACAN mengundang pengunjung virtual untuk menjelajahi koleksi dan pamerannya lewat tur digital pameran ‘Melati Suryodarmo: Why Let the Chicken Run?’ dan ‘Julian Rosefeldt: Manifesto’.

    • Ada 7 program seru yang ditampilkan dalam inisiatif #MuseumFromHome, mulai dari tur pameran virtual hingga online shopping!




    Seperti museum internasional lainnya yang membuka gerbang virtual untuk pengunjung dari seluruh penjuru dunia, Museum MACAN telah mengumumkan inisiatif digital untuk edukasi seni lewat platform online dan memberikan akses untuk komunitas global. Dengan gerakan #MuseumFromHome, museum yang terletak di Kebun Jeruk, Jakarta Barat ini mengundang pengunjung virtual untuk menjelajahi koleksi dan pamerannya lewat tur digital pameran ‘Melati Suryodarmo: Why Let the Chicken Run?’ dan ‘Julian Rosefeldt: Manifesto’.


    “Program kami adalah respons positif terhadap situasi sosial yang sedang dihadapi dunia. Kami sadar bahwa Indonesia sangatlah luas dan beragam, dengan tingkat konektivitas yang berbeda di setiap area, provinsi dan pulau. Dengan mengingat kondisi tersebut, kami bekerja keras untuk menyajikan materi yang dapat diakses dan diunduh dengan mudah, selain memprioritaskan kreativitas dan inspirasi untuk orang tua, pengasuh dan profesional yang bekerja di rumah, serta anak-anak yang belajar dari rumah,” jelas direktur Aaron Seeto. Ingin tahu program-program yang akan ditampilkan dalam inisiatif #MuseumFromHome Museum MACAN? Berikut 7 program yang seru untuk kamu!


    1. Tur pameran virtual

    Kunjungi pameran ‘Melati Suryodarmo: Why Let the Chicken Run?’ dan ‘Julian Rosefeldt: Manifesto’ melalui kanal YouTube dan IGTV, di mana seri video akan ditemani juga dengan wawancara dan pembahasan karya. How exciting!


    2. Jelajahi koleksi MACAN

    Museum MACAN memiliki lebih dari 800 karya seni modern dan kontemporer Indonesia dan internasional. Seri mingguan yang dapat diakses di Instagram @museummacan ini akan membahas karya-karya pilihan dalam koleksi, dengan panduan audio dari tim kuratorial museum.




    3. Macan A to Z

    Program wicara khas Museum MACAN ini menampilkan profesional seni untuk mendiskusikan satu istilah kesenian dalam satu jam, di mana kamu bisa mengikutinya via Instagram, Twitter dan Facebook.




    4. Q&A bersama Melati Suryodarmo

    Perupa Melati Suryodarmo menjawab pertanyaan dari pengikut media sosial Museum MACAN yang disampaikan via Instagram Stories, tentang perjalanannya dalam bidang seni performans.




    5. Aktivitas #DirumahAja bersama Museum MACAN

    Do you have kids at home? Kunjungi situs museummacan.org untuk materi yang dapat diunduh dan dicetak untuk anak-anak, mulai dari cara membuat playdough sendiri hingga bio painting.


    6. Membuat Manifesto-mu

    Dalam aktivasi digital dari pojok aktivitas di pameran Julian Rosefeldt: Manifesto ini, audiens diajak untuk membuat manifesto mereka sendiri di Instagram Stories, menggunakan template yang dirancang oleh tim edukasi museum.


    7. Belanja dari rumah di Shop at MACAN

    Eager to shop? Sekarang, toko cenderamata museum menyediakan promo spesial termasuk gratis ongkos pengiriman! Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi museummacan.org.


    (Image: doc. courtesy of Museum MACAN)