Lifestyle

Ini Cara Memakai, Melepas & Membuang Masker Sekali Pakai!

  by: Giovani Untari       6/4/2020
    • Inilah sejumlah cara saat memakai, melepas, dan membuang masker sekali pakai yang kerap dipilih untuk mencegah penularan Coronavirus.
    • Sejumlah cara ini akan membantu kamu menggunakan masker sekali pakai secara lebih benar.


    Menggunakan masker saat keluar rumah nampaknya telah menjadi bagian dari lifestyle masyarakat sejak pandemi virus Corona yang “menyerang” dunia. Dan yang seperti yang kita semua ketahui pula, virus corona menular lewat percikan dari batuk, bersin, dan ludah dari penderita COVID-19. Sehingga menggunakan masker sekali pakai pun menjadi opsi masyarakat demi meminimalisir penyebaran COVID-19 melalui percikan tersebut.

    Tak sampai di sana, Badan Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO menganjurkan agar masyarakat menggunakan masker saat hendak batuk atau bersin. WHO juga menginformasikan masker sebaiknya digunakan bagi kamu yang sehat namun sedang merawat pasien yang mungkin terinfeksi COVID-19.





    Tapi sudahkah kamu tahu seperti apa cara yang benar saat menggunakan, melepas, dan membuang masker sekali pakai tersebut? Inilah sejumlah cara menggunakan, melepas, dan membuang masker menurut WHO Indonesia:


    SEBELUM MENGGUNAKAN MASKER SEKALI PAKAI

    Cuci Tangan dengan Air dan Sabun atau Cairan Antiseptik Berbahan Alkohol

    Rasanya kamu pasti sudah paham bukan mengapa cuci tangan menjadi sangat krusial di kala pandemi Corona seperti saat ini. True, itu karena cara terbaik untuk mencegah penularan virus Corona adalah dengan rajin mencuci tangan. Tujuan utamanya: agar virus COVID-19 tersebut tidak menempel dan mengenai area tubuh yang krusial sebagai “pintu masuk” Coronavirus seperti mata, hidung, dan mulut saat kamu tanpa sengaja menyentuhnya. Centers for Disease Control and Prevention bahkan menyarankan setiap orang untuk mencuci tangan menggunakan sabun atau cairan antiseptik dengan minimal 60% kadar alkohol. Jadi lakukan pula kebiasaan baik ini sebelum kamu menggunakan masker sekali pakai dan masker kainmu. 


    SAAT MENGGUNAKAN MASKER SEKALI PAKAI

    Tutup Area Mulut dan Hidung pada Masker Secara Benar

    Gunakan masker sekali pakai sesuai dengan petunjuknya, girls! Di mana gunakan bagian yang memiliki kawat putih di atasnya pada area luar. Pastikan saat memakainya, masker tersebut benar-benar menutupi area mulut dan hidung secara benar (tidak ada jarak di antara masker dan wajah). Sehingga droplets yang kamu hasilkan saat batuk dan bersin, tidak keluar dari area masker tersebut.


    Hindari Menyentuh Masker yang Kamu Gunakan

    Sering kali tanpa disadari kita kerap menyentuh area luar masker sekali pakai yang digunakan. Atau.. kita bahkan sering menaik-turunkan masker sekali pakai tersebut hingga ke area bibir agar lebih leluasa bernapas bukan? Menurut anjuran WHO, kita sebaiknya jangan menyentuh masker yang sedang digunakan. Terlebih jika kamu menyentuhnya dalam kondisi tangan yang kotor. Apabila terlanjur menyentuh masker sekali pakai tersebut, segera cuci tangan menggunakan sabun atau cairan antiseptik berbahan dasar alkohol. 


    Segera Ganti Saat Masker Terasa Lembap & Jangan Gunakan Masker Berulang Kali!

    Masker sekali pakai dan masker kain berfungsi untuk menghalangi percikan yang kamu hasilkan saat batuk, bersih, dan juga berbicara. Itu mengapa mereka pun bisa cepat terasa basah dan lembap di area dalamnya. Segera ganti masker sekali pakai dan masker kainmu jika sudah terasa lembap, agar masker tetap dapat menjalankan fungsinya sebagai filter dengan baik. Jangan gunakan masker sekali pakai berulang-ulang kali.





    SAAT MELEPASKAN MASKER SEKALI PAKAI

    Lepaskan dari Area Belakang Masker

    Hindari menyentuh bagian depan masker sekali pakai. Cara terbaik untuk melepaskan masker sekali pakai adalah dengan melepasnya dari area belakang. Bukan sebaliknya dari area depan ke belakang. Well noted!


    TIPS MEMBUANG MASKER SEKALI PAKAI

    Segera Buang ke Dalam Tempat Sampah Tertutup

    Ingat girls, segera buang masker sekali pakaimu dan jangan gunakan secara berulang kali. Apalagi sampai mencuci masker sekali pakai agar bisa digunakan lagi. Buang masker sekali pakai ke dalam tempat sampah tertutup. Atau kamu juga bisa membungkusnya dengan plastik atau tisu sebelum dibuang ke tempat sampah tersebut. Langkah ini bertujuan untuk mencegah virus tidak menempel ke tempat lainnya. 


    Next, Cuci Tangan dengan Sabun atau Cairan Antiseptik Berbahan Alkohol



    Kita tak pernah tahu ada virus, kotoran, atau bakteri apa yang telah menempel dalam masker yang telah kita gunakan tersebut. So, pastikan selalu tanganmu dalam keadaan bersih saat sebelum memakai masker sekali pakai dan setelah membuangnya ya. Keep it clean!


    (Giovani Untari / Images: Freepik.com, Tenor.com)