Lifestyle

8 Rekomendasi Drama Korea Bertema Medis yang Harus Ditonton

  by: Alexander Kusumapradja       6/4/2020
  • Babes, kalau mendengar kata dokter kamu mungkin langsung terbayang sosok berpakaian jas putih dengan stetoskop dalam ruangan serba putih yang khas bau rumah sakit atau klinik. Tapi, dunia kedokteran ternyata tidak semembosankan itu lho, well, setidaknya di serial televisi. Dunia kedokteran dan segala intrik di dalamnya kerap menjadi tema cerita yang menarik disimak, tak terkecuali di jagat serial drama Korea.

    Bila televisi Barat punya serial medis populer seperti ER, Grey’s Anatomy, Private Practice, dan semacamnya, Korea juga punya banyak judul serial bertema medis yang seru ditonton karena jalan cerita yang apik serta para aktor-aktris yang menjadi eye candy dan membuat kita betah binge watching sampai tamat. Tak jarang, serial bertema medis juga punya banyak informasi dan tips kesehatan yang bisa bermanfaat dan mudah dimengerti bagi penontonnya. Berikut ini adalah 10 rekomendasi drama Korea bertema medis wajib tonton versi Cosmo, ada yang sudah pernah kamu tonton?  




    1. Hospital Playlist (2020)

    Kita mulai daftar ini dengan judul serial drama medis terbaru yang episode pertamanya tayang 12 Maret lalu dan masih ongoing sampai sekarang. Drama garapan sutradara Shin Won-ho ini menampilkan Jo Jung-suk, Yoo Yeon-suk, Jung Kyung-ho, Kim Dae-myung, dan Jeon Mi-do sebagai lima orang dokter yang telah bersahabat sejak mereka menempuh ilmu kedokteran di tahun 1999. Kelimanya memiliki kepribadian dan spesialisasi masing-masing namun mereka semua bekerja di rumah sakit yang sama. Bagaimana cara mereka menavigasi hidup mereka secara profesional dan masalah personal membuat serial ini mendapat rating bagus menurut Nielsen Korea yang terus naik di setiap episodenya. Tayang di tvN setiap Kamis, serial ini juga bisa diikuti di Netflix setiap Jumat.


    2. Hospital Ship (2017)

    Serial MBC ini bercerita tentang sekelompok dokter muda yang mendedikasikan tenaga mereka membantu para penduduk di daerah terpencil dengan sebuah rumah sakit di atas kapal yang berlayar di sekitar pulau-pulau kecil yang kesulitan akses kesehatan. Ha Ji-won, Kang Min-hyuk, Lee Seo-won beradu akting sebagai tiga dokter muda yang harus mengesampingkan ego dan kepribadian mereka yang bertolak belakang demi para pasien sambil mereka pelan-pelan menyadari bahwa membantu orang lain punya caranya sendiri untuk menyatukan perbedaan.


    3. Doctor Stranger (2014)

    Tayang di SBS dengan 20 episode, serial ini menggabungkan konflik Korea Utara-Korea Selatan dengan dunia kedokteran. Lee Jong Suk berperan sebagai Park Hoon yang waktu kecil ia dan ayahnya yang merupakan dokter terkenal dijebak untuk pergi ke Korea Utara dan tak bisa kembali ke Korea Selatan. Di Korut, Park Hoon berlatih keras untuk menjadi seorang dokter di bawah bimbingan ayahnya dan lulus sekolah kedokteran Korut sebagai lulusan terbaik. Di sana, ia jatuh cinta dengan wanita bernama Song Jae-hee (Jin Se-yeon) dan berencana kabur ke Korsel setelah ayahnya meninggal. Rencana mereka terhambat hingga akhirnya hanya Park Hoon yang berhasil masuk ke Korsel dan mulai meniti karier sebagai dokter di rumah sakit terkenal di mana ia bertemu seorang wanita yang sangat mirip dengan Jae-hee namun mengaku tak mengenal Park Hoon.


    4. Emergency Couple (2014)

    Dibintangi oleh Song Ji Hyo (Running Man dan Princess Hour) sebagai seorang wanita yang bercerai dari pernikahan yang tak direstui keluarga dan siap melanjutkan hidup dengan mengejar impiannya bekerja sebagai dokter dengan menjadi intern di sebuah rumah sakit. Tanpa ia duga, mantan suaminya yang diperankan oleh Choi Jin Hyuk ternyata juga menjadi intern di rumah sakit yang sama. Seperti takdir, mereka dipertemukan kembali dan memberikan arti yang baru bagi hubungan yang telah kandas tersebut. Saking populernya drama ini, tvN sampai menambah satu episode dari yang awalnya direncanakan 20 episode.




    5. Romantic Doctor, Teacher Kim (2016)

    Han Suk-kyu berperan sebagai Boo Yong-joo, seorang dokter bedah genius yang membangun karier di rumah sakit terbaik di Seoul. Namun setelah sebuah insiden yang traumatis, ia menghilang dan mengubah namanya menjadi Kim Sa-bu dan bekerja di sebuah rumah sakit kecil di Provinsi Gangwon di mana ia menjadi teladan dua orang dokter muda (diperankan Yoo Yeon-seok dan Seo Hyun-jin) untuk menjadi dokter yang andal sekaligus menomorsatukan menolong orang sakit dibanding tergiur harta dan kekuasaan. Serial ini masih populer sampai sekarang karena SBS juga telah menayangkan season kedua serial ini pada bulan Januari tahun ini.


    6. The Doctors (2016)

    Semua orang bisa berubah menjadi lebih baik asalkan ada kemauan. Pesan tersebut coba diangkat serial SBS ini yang menampilkan Park Shin Hye sebagai seorang wanita yang sebelumnya dikenal sebagai anak bermasalah di masa remajanya dan menutup hatinya untuk orang lain karena kepedihan yang ia hadapi sejak kecil. Sosok dokter yang diperankan oleh Kim Rae-won menjadi mentor yang mengubah hidupnya dan membuatnya tumbuh menjadi dokter yang penuh ketulusan, namun juga berani bertindak dan tak ragu mengeluarkan kalimat yang tajam. Keduanya bertemu kembali 13 tahun berikutnya dan timbul percikan asmara.


    7. Life (2018)

    Bila di Goblin, Lee Dong Wook berperan sebagai seorang malaikat kematian, di serial ini ia justru berperan sebagai seorang dokter ideal di sebuah ruang darurat rumah sakit terkenal yang memprioritaskan nyawa para pasien di atas segalanya. Sayangnya, pada kenyataannya dunia kedokteran dan rumah sakit tak sebersih yang disangka banyak orang. Ada banyak konfilk dan intrik antara orang dengan kepentingan masing-masing. Dokter yang memegang teguh sumpah kedokteran tersebut harus berhadapan dengan presiden baru rumah sakit tersebut yang hanya mengejar profit. Serial produksi JTBC ini juga bisa ditonton di Netflix, lho.


    8. Blood (2015)

    Kalau kamu ingin cerita medis yang dibumbui dengan supranatural dan thriller, serial yang tayang di KBS2 ini bakal cocok karena bercerita tentang seorang dokter (diperankan Ahn Jae-hyun) yang ternyata juga seorang vampire. Meskipun bukan manusia pada umumnya, namun ia percaya nyawa manusia adalah hal berharga dan berusaha meredam nafsu menghisap darah. Dalam kisahnya, ia pun jatuh cinta dengan seorang kolega wanita (Ku Hye-sun) dan harus menghadapi pihak-pihak jahat yang haus darah dan kekuasaan.


    (Alex.K/Image: Netflix)